Bagaimana Kanvas Diproduksi?

Bagaimana Kanvas Diproduksi?

Kain kanvas adalah bahan yang telah digunakan dan diminati sejak 3.000 SM di mana ia digunakan untuk membuat layar, kanopi, tenda dan properti outdoor karena kelebihan kainnya yang kokoh, kuat, dan tahan lama yang dianyam dengan tenunan polos atau variasi tenunan polos.

Macam atau jenis kanvas dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, mulai dari fungsi, ketebalan dan material pembuatnya (serat). 

Kanvas dapat dibuat dari beberapa serat, seperti:

  1. Kain kanvas katun

kain kanvas katun

Kain kanvas katun merupakan salah satu jenis kanvas yang paling umum. Kekuatan kain kanvas jenis ini adalah  antara 10 dan 20 kali lebih kuat saat basah dibandingkan kering.

  1. Kain kanvas linen

Kain kanvas linen adalah kain kanvas dengan serat alami jenis yang lain selain katun. Untuk kekuatan dari kain kanvas linen berkisar hingga  2 bahkan 3 kali lebih kuat dari katun dan sangat  kuat.

  1. Kain kanvas serat sintetis

Kain kanvas dapat dibuat dari serat sintetis, atau campuran, dengan memadukannya dengan serat alami. dalam hal camuran antara sintetis dam alami Anda dapat mempertahankan kemampuan alami dan menggabungkannya dengan daya tahan yang lebih kuat dari serat sintetis itu sendiri. Beberapa contoh kain kanvas serat sintetis dan campuran adalah kanvas polyester, kanwas TR (tetron cotton) dll.

  1. Kain kanvas rami

Untuk kain kanvas yang menggunakan serat alami yang satu ini  mempunyai  kelebihan tahan terhadap jamur, busuk, dan sinar matahari. Kanvas rami secara alami menolak serangga dan lebih elastis dari katun ataupun linen.

Bagaimana cara memproduksi kain kanvas?

Kain kanvas pada umumnya  terbuat dari katun atau linen. Namun, serat lain, seperti rami, rami, poliester, nilon, dan campuran juga kadang-kadang digunakan untuk membuat kain kanvas.

Kanvas dibuat secara sederhana yaitu dengan menyatukan benang secara rapat dalam tenunan polos, yang merupakan tenun yang sangat mendasar dalam industri tekstil. Benang lungsin secara  vertikal sedangkan benang pakan melintang di bawah setiap lungsin. Serat yang digunakan dalam kanvas tebal, biasanya benang sedang sampai berat. Berat benang dan teknik tenunan polos membedakan  kanvas dari kain katun lainnya.

Sebagian besar kain kanvas dibuat dengan benang dua lapis, atau dua benang tunggal yang dipilin menjadi satu, yang menambah bobot, tekstur, dan menciptakan ketebalan yang merata di seluruh kain.

Kanvas yang digunakan untuk seni adalah kanvas warp tunggal, yang menggunakan benang single-ply.

Kegunaan Kain Kanvas

Kain kanvas mempunyai kegunaan yang sangat  luas dan beragam, dari seni  hingga furnitur. Alas lukis, layar, tenda, perabotan, dan pakaian masih menjadi pilihan popular dalam mengaplikasikan kain kanvas.. Beberapa diberi sentuhan kontemporer selain melihat dari sisi  kekuatan, daya tahan, dan ketahanannya terhadap air.

Karena kekuatannya yang baik, para pemain  bisnis  kanvas memberikan sentuhan terkahir  yang mampu memperlihatkan sisi kokohnya namun tetap terlihat alami dan tradisional. Dan hal inilah yang membuat pasar kain kanvas tak pernah mati. Bahnkan makin melimpah. Sebut saja produk seperti tas, tas ransel, sepatu, tas jinjing (totebag), trampolin, dan mantel yang lebih tahan lama semuanya mendapat manfaat dari kain kanvas.

Beberapa sifat kain kanvas:

  • Kuat
  • Tahan lama
  • Kokoh
  • Tebal
  • Relatif kaku
  • Terbuat dari anyaman sederhana
  • Tenunan rapat
  • Dapat dibuat dari serat yang berbeda
  • Tahan angin
  • Tahan serangga
  • Beberapa konstruksi memiliki tingkat peregangan yang berbeda
  • Dapat dicampur dengan serat sintetis dan alami

Keuntungan dari kain kanvas inilah yang menjadikannya pilihan bagus untuk banyak penggunaan. Anda dapat membeli kain kanvas grosir dan online, dalam berbagai ukuran, bobot, dan komposisi serat. Salah satu keunggulan utama kanvas adalah kanvas siap menerima berbagai perawatan kimia untuk meningkatkan kualitas alaminya.Dengan menggabungkan bahan sintetis dengan serat alami, Anda dapat membuat kanvas yang ringan namun kuat, dan benar-benar tahan cuaca.


Baca Juga

Kelebihan Bahan Wolly Crepe
 
Mengenal Jenis Jarum Jahit dan Jarum Tangan
 
Mengenal Model dan Jenis Kaos (T-Shirt)