Perbedaan Bahan Diamond dan Hycon

Perbedaan Bahan Diamond dan Hycon

Bahankain.com - Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan bahan diamond dan bahan hycon. Secara sekilas kain diamond dan hycon memiliki kemiripan, nah hal ini yang membuat beberapa orang awam masih kesulitan untuk membedakan kedua jenis bahan tersebut. Kedua jenis bahan ini sering digunakan untuk material pembuatan jilbab.  Namun pada kenyataannya kedua jenis bahan kain ini memiliki karakteristik yang berbeda. Nah kali ini akan mengulas perbedaan antara bahan diamond dan bahan hycon.

Bahan Diamond

Bahan kain diamond memiliki tekstur yang unik dan beda dari yang lainnya. Jenis kain yang satu ini mempunyai tekstur kasar seperti pasir dan sekilas menyerupai kulit jeruk.  Bahan yang satu ini jika ditarik akan melar tetapi bisa kembali ke bentuk semula. Serat pada bahan diamond tidak begitu terlihat karena jenis kain ini memang menunjukkan ciri khasnya, yaitu tekstur yang mirip seperti pasir tersebut.

Sampai saat ini bahan diamond masih menjadi favorit para desainer untuk material bahan jilbab dan busana muslim, terutama bahan gamis. Jenis bahan ini memiliki beberapa karakter diantaranya yaitu:

teksturnya yang unik

salah satu alasan bahan ini menjadi favorit karena memang bahan diamond ini memiliki karakter yang unik. Karakter bahan ini salah satunya memiliki permukaan yang menyerupai kulit jeruk, sehingga tanpa motif pun tetap terlihat cantik, dalam pemakai dapat dipadu padankan dengan warna yang cocok.

adem, lentur dan empuk

meski terlihat kasar seperti pasir, namun jenis bahan ini lentur dan terasa empuk sehingga nyaman saat digunakan dan tidak panas.

kain tidak licin

bahan kain diamond memiliki sifat yang tidak licin karena bahan dasar jenis kain ini terbuat dari serat sintetis dan campuran sedikit rubbber.

memiliki warna soft

Jenis kain diamond memiliki warna warna yang kalem, sehingga cocok untuk warna kulit orang Indonesia yang ciri khas kulitnya berwarna coklat sawo matang. Dengan hal tersebut, bahan kain jenis diamond menjadi salah satu daya tarik bagi penggunanya.

tidak transparan

kain diamond ini tergolomg jenis kain yang tipis, tetapi kain ini tidak transparan karena serat kain ini tersusun dengan rapat. Jadi tidak perlu khawatir jika menggunakan bahan jenis ini untuk menunjang outfit kalian.

Bahan diamond memiliki harga sekitar 30.000 sampai dengan 35.000, namun harga tersebut tidak bisa menjadi patokan karena memang lokasi dan kualitas dari bahan tersebut berbeda-beda.

Bahan Hycon

Jenis bahan kain hycon merupakan jenis kain yang tipis namun jika dipegang hycon ini terasa lembut. Biasanya bahan hycon digunakan sebagai bahan utama pembuatan jilbab karena kain hycon cenderung mudah dibentuk dan dibuat model-model yang unik. Tetapi untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik, penggunaan busana atau jilbab dengan bahan ini perlu menggunakan inner agar tidak terawang.

Namun dengan hal tersebut, beberapa para desainer sering memadukan kain ini sebagai bahan busana muslim serta pelengkap busana wanita lainnya. Bahan hycon ini memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah:

kain licin dan halus

Bahan haycon memiliki ciri kain yang licin namun tetap halus. Hal ini dikarenakan kain hycon tebuat dari campuran polyester dan sutera. Jika digunakan sebagai bahan utama jilbab, menimbulkan kenyamanan saat dipakai membuat kepala tidak terasa mengembang.

kain transparan

Kain hycon termasuk kain yang tipis karena seratnya yang kurang rapat jika dibandingkan dengan bahan diamond. Apabila ingin membuat gamis dengan bahan hycon, maka perlu lapisan untuk bagian dalam atau furing.

adem dan bersifat jatuh

Dengan adanya bahan hycon yang memiliki ciri adem jika digunakan dan bahannya bersifat jatuh, bahan kain hycon ini cenderung banyak diminati para wanita muslim untuk pembuatan gamis dan jilbab.

memiliki warna soft

Tidak kalah dengan bahan diamond, bahan hycon ini juga memiliki variasi warna kain yang kalem. Dan terbukti bahan haycon langsung meledak di pasaran karena memang bahannya sangat recommended.

Harga bahan Hycon sekitar 14.000 sampai dengan 25.000. Harga yang cukup murah ini tentu dengan kualitas bahan yang berbeda-beda.

Itu dia perbedaan bahan diamond dengan bahan hycon, tidak hanya perbedaan dari karakteristiknya saja namun dari segi harga juga berbeda. Jadi tentukan pilihan bahan yang sesuai dengan kenyamanan dan kesenangan kalian.

Temukan beragam bahan kain busana muslim hanya di bahankain.com


Baca Juga

Bahan Kain Paragon
 
Meraup Keuntungan Dengan Kain Kanvas
 
Ciri Kain Sutera / Sutra dan Karakternya