Stylexpo

Mengenal Kain Fancy

Kain Fancy - macam dan jenis bahan kain saat ini semakin bertambah ragam. Hal ini bisa dilihat dari beberapa toko online maupun offline yang menawarkan bahan kain dengan karakteristiknya masing-masing. Banyak brand yang dikeluarkan dengan nama-nama yang berbeda-beda. Salah satu jenis kain yang sedang ramai diperbincangkan adalah kain fancy. 

Tahukah Sahabat BahanKain apakah kain fancy itu? Mari kita bersama-sama bedah apa itu kain fancy.

Apa itu kain fancy?

Kain fancy merupakan kain yang mempunyai warna berasal dari hasil tenun benang pembentuknya, artinya kain fancy mempunyai warna tidak melalui proses pewarnaan seperti kain pada umumnya. Sehingga warna yang dimunculkan bukan merupakan warna yang solid, dan inilah menjadikan kain fancy mempunyai warna yang unik. Kain fancy bisa dibuat dengan menggunakan macam-macam bahan yang berbeda, dan disinilah keragaman kain fancy terbentuk. Tiap jenis kain fancy mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. 

Berikut merupakan jenis dari kain fancy. 

1. CVC Twotone/Threetone

Kain fancy jenis ini berasal dari perpaduan bahan Cotton dengan Polyester.  Warna yang muncul untuk CVC Twotone berasal dari warna dasar dan warna putih. Sedangkan untuk CVC Threetone warna yang akan muncul berasal dari perpaduan tiga warna, yaitu warna dasar, warna putih dan warna hitam. Dan perpaduan warna inilah yang akan membentuk corak yang unik.

2. Sands

Kain Fancy jenis sands ini mempunyai bahan yang sama dengan CV Twotone maupun CVC Threetone, yaitu berasal dari perpaduan Cotton dan Polyester. Dinamakan sands karena corak atau warna yang muncul pada kain fancy jenis ini mirip dengan butiran pasir, dengan perpaduan warna dasar kain dengan corak hitam pada permukannya. Corak seperti ini menjadi unik karena tidak terbentuk dari proses pewarnaan, melainkan dari penggabungan benang-benang yang saling berhubungan.

3. Misty

Jenis kain fancy ini mempunyai warna dasar abu-abu yang berasal dari benang pembentuknya. Penggabungan atau kombinasi warna yang muncu berasal dari warna muda ke warna tua. Biasanya kain fancu jenis ini mempunyai kode berdasarkan kepekatan warnanya. Semakin tinggi kodenya, makan semakin pekat warna yang ada pada kin fancy tersebut. 

Jenis fancy diatas merupakan beberapa jenis fancy yang biasa berada dipasaran. Beberapa produsen atau pabrik tekstil menciptakan fancy jenis tersendiri dengan nama yang mereka ciptakan sendiri.  Kain fancy sekarag tidak hanya dipilih untuk diaplikasikan sebagai bahan kaos, tapi penggunaannya lebih luas lagi untuk berbagai jenis fashion. Kain fancy memang kain yang mempunyai keunikan tersendiri, sehingga banyak para pelaku bisnis konveksi atau designer mulai melirik penggunaan kain ini. Dengan warna-warna yang tidak membosankan, kain fancy dianggap akan mampu memberi warna tersendiri pada dunia tekstil. 

Untuk mendapatkan beberapa kain fancy, silahkan kunjungi website kami di www.bahankain.com dan Instagram kami @bahankaincom atau bisa langsung menghubungi customer service kami. 


WhatsApp Kami