Stylexpo

Mengenal Macam dan Jenis Kerah pada Pakaian

BahanKain.com - Model pakaian akan ­­­­­terus berkembang dari waktu ke waktu. Pasar fashion akan dipenuhi dengan model yang selalu berubah. Model yang diciptakan mampu memberi keuntungan kepada pemakainya untuk menyamarkan bentuk tubuh ataupun wajah yang ada. Dalam hal ini, salah satu bagian pakaian yang mampu menyamarkan bentuk tubuh dan wajah kita adalah pada bagian kerah baju, atau neckline. Neckline merupakan garis leher yang berada pada baju. Banyak yang mengabaikan model neckline pada pakaian yang digunakan, padahal ketepatan memilih model neckline mampu menyembunyikan bentuk tubuh tertentu atau bahkan menonjolkan bentuk tubuh dan wajah yang ingin diperlihatkan. Bentuk tubuh dan wajah pada seorang wanita maupun pria mempunyai andil yang besar dalam pemilihan bentuk neckline pada sebuah pakaian yang akan digunakan.

Berikut merupakan jenis neckline yang perlu kita ketahui supaya kita bisa memilih bentuk yang sesuai dengan diri kita.

  1. Crew Neck

Crew neck biasa disebut round neck. Kerah yang satu ini merupakan model kerah paling simple  dengan bentuk garis leher melingkar di sekitar leher. Kerah model ini cocok digunakan untuk membuat leher menjadi terlihat lebih pendek. Pilihlah pakaian dengan potongan yang pas di badan, jangan terlalu naik atau kedodoran. Jenis kerah ini mampu memberikan kesan payudara terlihat lebih besar.

  1. Jewel Neck

Neckline dengan nama Jewel Neck  merupakan jenis kerah yang cocok untuk pemilik jenis leher kecil. Jenis kerah ini mirip dengan potongan crew neck, hanya lebih turun hingga pangkal bahu. Untuk menambah kesan manis pada area leher dan dada, bisa ditambahkan aksesoris kalung berbentuk V. Kerah ini banyak kita jumpai di hampir semua kaos.

  1. V-Neck

V-Neck, jenis neckline dengan bentuk sesuai dengan namanya. Garis leher ini merupakan bentuk kerah yang banyak diburu, terutama bagi pemilik tubuh yang sedikit besar dan pendek. Yap benar…kerah jenis ini mampu membuat leher kita terlihat jenjang dan tinggi. V-Neck mempunyai garis leher yang terbuka dan membuat pandangan focus pada bagian bawah, sehingga perhatian tidak tertuju pada wajah yang bulat atau leher yang terlalu berisi. Untuk yang memiliki dada kecil, gunakan V-neck dengan potongan yang tidak terlalu rendah. Sedangkan untuk yang berisi, bisa mencoba model yang lebih rendah supaya leher terlihat lebih panjang.

  1. Square Neck

Potongan leher pada Square Neck berbentuk persegi. Model ini cocok digunakan untuk orang yang bertubuh mungil dan sangat tepat digunakan bagi pemilik leher pendek dan wajah bulat. Square neck mampu menonjolkan tulang leher yang kuat dan melebarkan area dada dan bahu agar terkesan sedikit melebar. Potongan ini juga cocok untuk kalian yang mempunyai jenis tubuh berbentuk segitiga.

  1. Sweetheart Neck

Sweetheart Neck mempunyai bentuk melengkung seperti hati terbalik dan potongan kerah ini cocok untuk yang mempunyai dada besar. Lengkungan yang ada pada Sweetheart Neck secara simetris membagi area dada menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bentuknya mampu mengikuti bentuk payudara wanita. Jenis kerah ini banyak dijumpai dalam busana pesta yang anggun.

  1. Boat Neck/Sabrina

Jenis kerah ini mengingatkan kita pada pakaian-pakaian bertemakan boho. Kerah ini melebar secara horizontal dari bahu ke bahu. Bagi yang mempunyai leher panjang dan dada mungil sangat cocok mengenakan pakaian dengan jenis kerah ini, karena kerah ini mampu mengekspos bentuk jenjang leher kamu dan menyamarkan dada yang kecil agar terlihat berisi. Untuk wajah berbentuk hatipun cocok mengenakan kerah ini karena panjangnya kerah mampu menyeimbangan bentu dagu yang runcing.

  1. Plunging Neck

Model kerah ini biasa disebut deep V-Neck. Potongan leher mirip dengan V-Neck namun dengan potongan kebawah yang sangat rendah. Potongan jenis ini banyak dijumpai di dress atau atasan yang ingin menampilkan kesan anggun namun seksi.

  1. Draped Neck

Potongan yang satu ini mampu memberikan kesan penuh pada bagian leher dan dada. Lipatan-lipatan yang dihasilkan mampu memberikan akses tersendiri terlebih-terlebih sebagai aksesoris. Ketika menggunakan potongan baju ini, hindari penggunakan aksesoris leher terlalu ramai. Bagi yang memiliki bentuk wajah bulat, disarankan memilih kerah ini dengan potongan yang lebih rendah.

  1. Turtle Neck

Jenis potongan ini mengingatkan kita pada kura-kura. Memang benar, nama dari jenis kerah ini terispirasi pada nama hewan tersebut. Mempunyai bentuk tinggi sehingga menutup sebagian banyak leher. Turtle neck cocok bagi yang memiliki jenis leher kecil dan panjang, sehingga mampu menyamarkan bentuk leher dan wajah yang terlampau panjang.

  1. Halter Neck

Halter neck merupakan jenis potongan leher pada pakaian tanpa lengan denga tali atau pita dari dada dan melilih leher. Potongan ini mampu menarik perhatian ke pusat tubuh dan cocok digunakan yang memiliki bahu lebar dan menonjolkan lekuk tubuh.

  1. Cowl Neck

Jenis neckline ini hamper mirip dengan Turtle Neck, hanya saja mempnyai desain lebih lebar dan tidak menempel ketat pada leher. Jenis kerah ini cocok digunakan untuk yang bertubuh lurus atau tinggi kurus. Kerah ini juga mampu menambah volume dada dengan lipatannya yang tebal.

Nah….sudah ada bayangan kan mau menggunakan jenis pakaian dengan neckline yang seperti apa untuk tubuh kalian? Memperhatikan penampilan sih sangat perlu ya, namun tetap kembali pada diri sendiri. Karena apapun yang kalian kenakan, pastikan tetap nyaman dan sesuai dengan kepribadian kalian.


WhatsApp Kami