Stylexpo

Tips Memilih Bahan Gorden

Bahankain.com - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghias rumah salah satunya melalui pemilihan gaya dan bahan kain untuk gorden. Setiap gaya dan bahan kain yang kita pilih tentu akan memberikan desain tersendiri bagi gaya ruangan tamu atau ruangan yang menggunakan aplikasi gorden.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bahan kain yang biasa digunakan untuk bahan gorden.

8 Jenis Bahan Kain Gorden

  1. Kain Katun

Kain katun memang kain serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, dan kain ini juga mempunyai kecocokan ketika digunakan dalam pembuatan gorden. Tak perlu melihat tema ruangan, baik itu konsep modern maupun tradisional, bahan korden yang satu ini cocok dipadu padankan dalam segala jenis tema ruangan. Kain katun sendiri mempunyai banyak jenis seperti katun jepang, katun cina, katun rayon katun Bangkok dan bahkan katun sutera.

Kain katun mempunyai sifat yang lebih ringan dan tidak terlalu tebal, jadi dalam pemilihan kain ini untuk digunakan sebagai gorden harus melapisinya kembali dengan kain lain supaya sinar matahari tidak tembus masuk kedalam rumah.

  1. Kain Linen

Kain linen merupakan kain yang terbuat dari serat alami sehingga kain ini mempunyai tampilan lebih wavy dibandingkan kain lainnya. Karakter dari kain ini adalah ringan dan jatuh ke lantai dengan sempurna.

Gorden dari kain linen biasanya banyak digunakan untuk rumah yang akan menghadirkan konsep minimalis. Mau tau apa karakteristik kain linen, bisa dibaca di artikel Mengenal Kain linen.

  1. Kain Satin

Untuk kain yang satu, banyak digunakan sebagai bahan pembuatan gorden.  Penggunaan kain ini dipilih karena memberikan klasik pada ruangan yang mendapat sentuhan gorden satin.

Kain satin sendiri mempunyai karakter mengkilap dan memancarkan cahaya, lembut, serta bahan yang jatuh. Selain itu, kain ini mempunyai banyak variasi motif dan warna, sehingga sangat mudah untuk memadu madankan dengan ruangan rumah kita.

  1. Kain Lace (Renda)

Kain lace atau renda hadir untuk mempercantik jendela ruangan terutama ketika tirai atau gorden dibuka atau tanpa dilengakapi dengan kain lapisan yang lebih tebal.

Jenis motif yang terdapat kain lace juga sangat beragam, dan tentunya hal ni mempengaruhi harga dari kain lace. Semakin rumit desain dari kain lace maka jatuhnya akan semakin mahal harga yang ditawarkan.

Kain lace ini mempunyai karakter transparan, ringan, dan memberikan kesan mewah. Namun kain ini mempunyai kelemahan yaitu mudah sobek, sehingga perlu perawatan khusus dalam merawatnya.

  1. Kain Blacu

Kain blacu merupakan kain katun yang masih dalam bentuk greige atau mentah. Kain ini mempunyai warna alami karena belum mengalami proses pewarnaan. Namun karena masih bentuk mentah inilah, kain blacu memberikan ciri khusus yang menarik dibandingkan kain jenis lainnya, yaitu memberikan tema etnik dengan kesan natural dan kasual.

Karakter dari kain ini adalah sedikit kaku, sedikit tebal, tidak menerawang dan tentunya adem.

Tips yang ingin menggunakan kain blacu sebagai bahan gorden jika ingin memunculkan kesan kasual maka cukup padukan dengan  kain tenun bewarna. Sedangakan jika ingin menampilkan kesan etnik,cukup diberi sentuhan kain batik.

  1. Kain Batik

Kain batik yang biasanya diaplikasikan dalam pembuatan gorden adalah kain batik dengan material kain mori dengan alasan harga yang masih bisa dijangkau oleh semua kalangan dibandingkan menggunakan material dari kain sutra.

Kain gorden jenis ini mampu memberikan kesan tradisional dan banyak digunakan di spa-spa yang memberikan kesan tradisional dan natural pada pelayanannya.

7. Kain Dimout

Kain dimout merupakan jenis bahan tekstil yang memiliki kemampuan menahan sinar matahari hingga 90% dan menyebabkan obyek yang berada di balik tirai ini terlihat hanya bayangan saja.

Penggunaan kain ini untuk bahan gorden memberikan kesan elegan yang lebih banyak digunakan untuk membuat gorden jenis roller blinds yang bisa di gulung ke atas atau dibiarkan melebar ke bawah.

Sudah menentukan ingin menghias rumah Anda menggunakan bahan gorden yang seperti apa?

Semoga bermanfaat