6 Jenis Bahan Kaos yang Beredar Dipasaran

6 Jenis Bahan Kaos yang Beredar Dipasaran

sudah tahu belum jenis bahan kaos yang sering kita gunakan berasal dari bahan apa? Atau berniat membangun bisnis konveksi spesialis pembauatan kaos?

Nah bahan kain yang biasa digunakan untuk pembuatan kaos mempunyai jenis yang berbeda-beda,dan hal ini mempengaruhi kualitas, kenyamanan dan tentunya harga.

Bisnis konveksi dalam pembuatan kaos oblong atau tipe T-shirt tentunyai mempunyai jenis kain yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, hal ini tentu dipengaruhi permintaan pasar.

Sebagai contoh untuk kaos berkerah atau polo shirt biasanya menggunakan bahan kain rajutan cotton pique atau lacoste. Lalu untuk jenis jaket cardihgan, jumper, dan hoodie biasanya memilih bahan kain fleece.

Semua mempunyai karakteristik tersendiri bahan kain lebih cocok digunakan untuk pembuatan fashion yang seperti apa.

Lalu, untuk bahan kaos sendiri bagaimana?

Jenis Bahan Kaos yang Beredar Dipasaran

1. Bahan Kaos Katun Combed

Bahan katun yang di maksud disini adalah jenis katun combed yang terbuat dari material 100% serat kapas murni. Bahan ini menjadi pilihan dalam pembuatan kaos karena karakteristiknya yang mumpuni yaitu halus, dingin dan tentunya menyerap keringan dengan baik karena terbuat dari bahan katunn. Apalagi Indonesia merupakan negara tropis sehingga cocok menggunakan bahan ini.

Serat yang dimiliki bahan combed begitu halus dan hal ini menimbulkan kesan rata dan rapih.  

Bahan combed mempunyai seri 20s, 24s, 30s dan selanjutnya. Bahan yang mempunyai angka paling kecil adalah bahan yang mempunyai ketebalan paling baik. Makin besar angkanya, maka makin berkurang ketebalan akan kain tersebut.

Jika dulu bahan kaos combed 20s menjadi pilihan utama kaos distro kini sudah mulai bergeser menggunkan jenis 30s, karena kain ini dianggap ketebalan yang pas dan tentunya nyaman.

Mau tau apa saja kelebihan bahan kaos ini? Simak di artikel : bahan kaos cotton combed

2. Bahan Kaos Katun Carded

Bahan carded mempunyai serat benang kurang halus jika dibandingkan bahan katun combed sehingga jenis kaos yang menggunakan bahan ini dianggap kurang halus dan rata. Bahkan ada yang menyebutnya bahwa bahan carded merupakan KW dari bahan combed. Sebenarnya bahan carded juga terbuat dari bahan 100% cotton hanya saja serat yang digunakan adalah serat pendek berbeda dengan combed yang menggunakan serat panjang. Lebih detailnya sudah pernah kita ulas di Perbedaan Cotton Combed dan Cotton Carded.

Namun jangan salah, kain carded banyak juga menjadi pilihan untuk digunakan sebagai bahan pembuatan kaos, hal ini dikarenakan harga yang relative murah.

Bahan carded sering diaplikasikan dalam pembuatan kaos dengan market pasar untuk kalangan menengah bawah.

 3. Bahan Kaos TC (Teteron Cotton)

Bahan TC atau teteron cotton mempunyai material tidak 100% katun, melainkan bahan polyester 65% dan cotton 35%. Namun bahan ini mempunyai kualitas yang dianggap masih bagus untuk sebuah bahan kaos

Karena bahannya sendiri masih terasa lembut saat dipakai. Terlebih lagi, bahan TC tidak mudah melar dan tahan kusut meskipun sudah lama digunakan. Namun kelemahan dari bahan ini adalah jenis bahan yang tidak mudah menyerap keringat.

Bahan TC mempunyai harga lebih murah disbanding bahan kaos yang mempunyai material 100% katun.

4. Bahan Kaos PE

Jenis bahan yang satu ini pernah kita bahas di mengenal karakteristik bahan kaos pe. Bahan kaos PE terbaut dari material polyester yang merupakan serat sintetis yang paling mudah kita jumpai. Bahan polyester sendiri merupakan material ester yang merupakan hasil samping dari minyak bumi yang dioalh untuk dijadikan serat fiberpoly.

Bahan kaos PE ini mempunyai kekurangan yang dirasa lebih pamor dibanding kelebihannya. Seperti tekstur yang dianggap kasar, bahan yang tipis, dan daya serap yang minim. Disisi lain bahan kaos ini mempunyai harga yang murah dan perawatan yang mudah.

Jenisnya sendiri untuk bahan kaos PE dibagi menjadi dua, yaitu PE single knit  dan PE double knit atau orang lebih mengenalnya dengan nama PE super.

5. Bahan Kaos CVC (Chief Value Cotton)

Bahan kaos CVC merupaka bahan kaos yang merupakan campuran bahan polyester 45% dan cotton 55%. Bahan ini mempunyai kemampunan menyerap keringat yang baik sehingga nyaman ketika digunakan.

Bahan ini mempunyai kelebihan yang ga dimiliki oleh bahan kaos lainnya, yaitu tingkat penyusutan polanya (shrinkage) lebih kecil dianding bahan lainnya.

 6. Bahan Kaos Hyget

Hyget, bahan kaos yang terakhir akan kita bahas. Dibanding bahan kaos sebelumnya, bahan kaos hyget mempunyai harga yang sangat murah. Untuk materialnya saja terbuat dari filament yang menyerupai plastic dan mempunyai ketebalan yang sangat tipis.

Bahan kaos seperti ini biasanya banyak diburu orang saat musim kempanye, yaitu untuk membuat kaos partai. Untuk pembuatan kaos komersil, banyak yang menganggap bahan kaos ini tidak layak untuk diaplikasikan dalam sebuah kaos. Untuk lebih detail bisa dibaca diartikel Mengenal Bahan Kaos Hyget.

Pilihan bahan kaos tentunya kembali ke selera masing-masing pihak. Mencari kualitas, kenyaman dan harga akan mendapat kaos dengan bahan yang sesuai kriteria tersebut. Sebagai contohnya jika mencari kenyamanan, pilihan akan banyak tertuju pada bahan katun 100% atau sebaliknya. Produk-produk bahan kaos kini sudah tersedia di etalase katalog bahankain.com


Baca Juga

Peluang Usaha Rumahan Bidang Tekstil yang Menguntungkan
 
Tips Merawat Pakaian Katun Organik
 
Mengenal Lebih Dekat Kain Denim