Stylexpo

5 Tips Mencuci Baju Dengan Mudah Menggunakan Tangan

Mencuci baju merupakan kegiatan rutin  yang dilakukan dirumah hampir oleh semua orang. Mencuci baju bisa menjadi kegiatan yang tidak berat dan melelahkan jika kita mengetahui beberapa cara untuk membuat mencuci baju menjadi mudah dan tidak melelahkan.

Banyak yang masih percaya bahwa mencuci baju menggunakan tangan, tidak menggunakan mesin cuci lebih baik lebih bersih dan mapu menjaga pakaian lebih awet.

Walaupun memang saat ini banyak jasa mencuci baik itu professional atau yang bersifar rumahan memberikan penawaran mencuci menggunakan tangan namun tidak ada salahnya kita mengetahui cara mudah mencuci pakaian dengan menggunakan tangan.

Nah, berikut merupakan beberapa tips yang bisa dipraktekan untuk mempermudah kegiatan mencuci Anda.

  1. Merendam Pakaian Kotor

Merendam pakaian kotor sebelum mulai dicuci? Ini merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh semua orang terlebih lagi untuk pakaian ynag meninggalkan noda membandel.

Memasukan pakaian kotor ke ember sebelum diisi air, ini cara yang lumrah dilakukan, namun siapa sangka cara ini bisa menyebabkan pakaian menjadi mudah rusak.

Ternyata, ada perbedaan antara siapa yang lebih dahulu memenuhi ember, air atau pakaian.

Pakaian kotor yang disiram air terlebih lagi menggunakan air dengan arus  yang kencang dapat membuat kain baju tetekan hingga merusak kain. Pakaian yang langsung terkena deterjen juga membuat lebih sulit membilasnya.

Cara yang mudah adalah cuci baju dengan air biasa atau dingin atau hangat (sesuai label baju) setelah mengisi air kedalam ember. Rendam pakaian kedalam air barulah mulai mencuci baju tersebut.

  1. Menggosok Noda Kotor Pada Baju

Mencuci baju dengan menggosok pakaian dengan kuat ternyata menyebabkan kain jadi rusak loh…

Kita memang harus segera membersihkan noda kotor yang menenmpel pada baju, namun bersabarlah dan gosoklah dengan sikat yang lembut, apalagi untuk jenis baju dengan bahan yang rentan dan butuh penanganan khusus.

Yang bisa kita lakukan untuk mengahadapi noda kotor pada baju adalah saat mencuci baju gunakan cairan pembersih noda untuk mengangkat noda kotoran pada baju. Gosok cairan permbersih dengan mengunakan tangan pada noda tersebut, rendam baju dalam air selama beberapa menit lalu remas-remas baju tersebut dengan lembut beberapa kali. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit hampir seluruh noda kotor tersebut mampu terangkat dengan baik.

  1. Mencuci dan Membilas Baju di Bawah Air Mengalir

Sebaiknya hindari mencuci dan membilas baju langsung dibawah air mengalir. Aliran air yang mengenai baju akan menyebabkan baju jadi tertarik dan mengakibatkan melar.

Bilas baju setelah dicuci dengan memasukannnya kedalam ember yang berisi air lalu remas-remas baju didalam air sampai terbilas dengan sempurna.

Mengangkat baju setelah dibilas ada baiknya tidak langsung diangkat dari air, karena air yang masih ada dibaju pasti akan mengalir turun ke bawah dan hal inilah yang bisa membuat baju mulai melar. Angkatlah pakaian dari air dengan menggunakan kedua tangan untuk menopang seluruh bagian dari baju.  Setelah itu, baju yang telah diperas baru bisa diletakan diember lainnya.

  1. Memeras Baju

Untuk mempercepat kegiatan mencuci dalam hal mengeringkan pakaian, biasanya kita suka mengelintir pakaian kuat -kuat untuk mengeluarkan air dari baju. Siapa sangka cara ini membuat usia baju menjadi mudah rusak.

Ketika baju diperas dengan kuat, baju akan tertarik dengan kuat, ha ini yang menyebabkan pakaian mulai melar.

Ada baiknya mengeringkan baju dengan meratakannya diatas handuk. Gulung handuk dan baju secara bersamaan dan  remas dengan lembut. Setelag selesai buka gulungan handuk dan baju siap diangin-anginkan atau dijemur.

  1. Menjemur Baju

Menjemur pakaian hingga kering mampu membuat baju melar dan hilang dari bentuk aslinya, apalagi untuk bahan rajutan.

Cara menjemur baju yang aman untuk baju yang berbahan rentan adalah dengan menletakan baju diatas handuk kering, biarkan udara masuk dan tunggu kering. Balik untuk bagian sisi lain dari baju.

Sekarang kita bia mencuci baju dengan mudah dan tentunya aman.