Stylexpo

Desain Dalam Pembuatan Pakaian

Desain yang dimaksud disini  adalah penataan bagian, bentuk, warna, kain, dan garis. Misalnya, untuk membuat pakaian dengan gaya yang berbeda.

Secara umum, desain adalah meletakkan ide-ide kreatif di atas kertas atau bentuk tiga dimensi apa pun. Ada berbagai jenis desain seperti desain industri, desain grafis, desain tekstil, desain mode, dll.

DESAIN TEKSTIL

Desain tekstil adalah desain dengan media kain untuk berbagai keperluan mulai dari pakaian hingga karpet atau kabeutuhan lainnya dengan material kain. Dalam hal ini menyangkut pada pengaturan  warna, bentuk, tekstur, dan pola yang menjadi kunci dalam menciptakan sebuah desain di atas kain.

DESAIN MODE / BUSANA

Desain ini berkaitan dengan bagaimana kebutuhan diidentifikasi, dihubungkan dan dalam beberapa kasus distimulasi. Desain ini berpengaruh pada material, energi, keterampilan, dan sumber daya  yang digunakan untuk menciptakan hasil karya. Desain mode menuntut antusiasme perusahaan, daya cipta dan kecerdikan, penemuan ilmiah dan pengetahuan teknis, kekuatan visualisasi bersama dengan pengetahuan kemampuan manusia dan estetika kepekaan. Merancang membutuhkan kesabaran dan perencanaan.

Crating atau menata penampilan seseorang dalam hal berpakaian, penggunaan aksesori yang cantik  yang sesuai dengan kepribadian setiap individu adalah  bagian dari perancangan sebuah  busana.

Perancangan busana melibatkan pengetahuan elemen dasar perancangan, memahami siklus warna, studi singkat tentang sejarah pakaian, pengetahuan tentang serat dan kain yang berbeda.

Mode dapat didefinisikan sebagai desain yang diterima oleh kelompok oramg tertentu. Fashion terus berubah dan ketika desain baru menjadi populer maka banyak akan diminati untuk menambah kepuasana, kecantikan dan kepopuleran orang tersebut.

Seringkali mode baru dimulai ketika standar pakaian diubah, misalnya, siluet diubah lebar atau rok diperpanjang. Biasanya, ketika mode yang benar-benar inovatif dimulai, dibutuhkan waktu yang lama bagi masyarakat umum untuk mempertahankan pandangannya dan mengembangkan apresiasi untuk tampilan baru. Semakin banyak orang yang memakai item menafsirkannya dalam banyak cara yang berbeda, banyak orang merasa lebih mudah untuk menerima mode, sebagai indah.

Mendesain berarti menciptakan desain atau kesan atau untuk mengkomunikasikan ide penting / inovatif. Pada desain tingkat tertinggi terdapat elemen-elemen seni yang cermat dan pnegetahuan  untuk menghasilkan ide original yang ekspresif.

Ada dua divisi dasar Perancangan  di bidang teknologi garmen.

  1. Perancangan struktural
  2. Perancangan dekoratif

Desain struktural

Desain struktural lebih bermain pada  fabrikasi, warna, atau tekstur. Desain struktural yang dibuat melalui fabrikasi tergantung pada penggunaan warna dan tekstur pada benang yang akan membentuk loop atau pola interlacing pada kain. Mesin rajut atau alat tenun juga harus memiliki teknologi untuk berbagai struktur kain.

Desain struktural mencakup seluruh desain pakaian. Bentuk dan semua detail yang dibutuhkan dalam membuat pakaian seperti bentuk, potongan,dan lipatan. Detail seperti ini dapat menambah kualitas dekoratif jika ditekankan oleh kontras warna atau deretan topstitching. Dalam pakaian, desain struktural lebih penting karena merupakan komponen dasar dari desain.

Untuk menggambar desain struktural suatu bentuk atau manusia nyata tidak diperlukan. Desain ini akan terlihat sederhana dan ditentukan dengan baik oleh konstruksi, warna, benang, dan hiasan yang akan digunakan. Desain ini akan menjadi master pola untuk dibuat sampel yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan seperti pengukurannya, garis sapuannya (Hemline) garis lehernya dan segala jenis potongan yang digunakan.

Desain Dekoratif

Di sini mengacu pada desain, yang digambar oleh pemula serta desainer butik. Desain jenis ini tidak diproduksi secara massal sehingga akan memiliki lebih banyak hiasan, cetakan, bordir, kancing (yang tidak mengikat) dan ditempelkan pada busur.

Jenis kain dan kombinasi warna dijelaskan kepada pelanggan yang akan membuat pakaian sehingga orang dapat memilih desain dengan benar dan tidak kecewa atau bahkan sangat puas.  

Dalam kategori desain ini grafik spesifikasi tidak diperlukan, bukan dijahit untuk pengukuran standar. Desain dekoratif  adalah jenis desain untuk pakaian yang dibuat untuk pelanggan individu. Desain dekoratif dibuat dengan mencetak, menyulam, merajut, applique, atau bentuk lain dari hiasan kain.

Beberapa desain dekoratif diproduksi secara massal dan sangat ekonomis. Lainnya adalah kreasi individ.

Roller dan sablon mungkin merupakan bentuk desain dekoratif yang paling umum digunakan. Masalah yang kadang-kadang dikaitkan dengan desain cetak adalah pola fuzzy.

Secara umum, desain struktural mempunyai kualitas yang lebih baik; dan lebih tahan lama dibandingkan desain dekoratif. Desain struktural lebih mahal untuk diproduksi daripada desain dekoratif karena produksi lebih lama.