Apa Itu Duck Canvas?

Berbicara dunia tekstil, makin didalami makin luas akan pemahaman jenis serat dan juga kain. Diantaranya adalah kain duck. Pertanyaannya adalah apakah kain duck dapat memenuhi segala kebutuhan kita? Dan tahukah Anda bahwa duck merupakan kain sejenis kanvas?

Kain duck sudah ada sejak lama, namun pada kenyataannya tidak banyak orang mengenalinya. Terlepas dari namanya, kain ini tidak ada hubungannya dengan unggas air atau bulu mereka. Istilah "duck" berasal dari kata Belanda “doek”, yang mengacu pada kanvas linen yang pernah digunakan untuk celana putih dan pakaian para pelaut.

Kain duck adalah kain tenunan polos, berat dan fleksibel yang biasanya dikenal dengan nama kanvas duck/duck kanvas. Kain duck dijalin dengan dua benang bersama-sama di lungsin dan benang tunggal di pakan.  Perbedaan antara duck dan kanvas adalah pada jumlah ulirnya. Kanvas dikenal karena tenunannya yang lebih kasar sementara duck menawarkan tenunan yang lebih halus dan lebih rapat hal ini dikarenakan jumlah utasnya yang tinggi. Membedakan duck dan kanvas cukup mudah. Kanvas duck biasanya menawarkan warna-warna yang menjemukan seperti putih, cokelat, dan nuansa cokelat atau hijau.

Terbuat dari apakah Kain Kanvas Duck?

Kain kanvas biasanya terbuat dari material yang beragam. Mulai dari katun, linen, sintetis, rami, hingga serat campuran. Namun produk kanvas duck akan memanfaatkan katun secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan kani kanvas duck akan bekerja secara sempurna ketika dibuat dari bahan katun.

Style Kanvas Duck

Kain kanvas mempunyai nama yang beragam, hal ini berbeda dengan kanvas duck. Dalam [emberian namanya, kanvas duck hanya menggunkan nomor untuk membedakannya.

Nomor Kanvas Duck

Nomor pada kanvas duck menggunakan benang berlapis yang beratnya 12 hingga 32 oz / meter persegi. Misalnya, kanvas duck  #1 adalah 32oz sedangkan kanvas duck #12 adalah 12oz.

 

Penggunaan Kanvas Duck

Berikut beberapa contoh produk yang bisa dibuat dengan menggunakan kain duck:

  1. Baby carrier & stroller merupakan contoh produk yang menggabungakn sisi kekuatan dan juga kelembutan dari bahannya.
  2. Tas makan
  3. Hiasan kanvas
  4. Tirai jendela
  5. Tas
  6. Sepatu
  7. Tenda
  8. dll

Kelebihan Kain Kanvas Duck

Kanvas Duck memiliki permukaan yang relatif halus yang tidak rentan tersangkut dan sobek. Kain yang sering digunakan untuk pakaian kerja ini mempunyai kemampuan untuk menahan angin, hal ini memberikan keuntungan yang baik untuk para pekerja yang bekerja di tempat dengan angina yang kencang atau dimusim dingin.

Kain ini juga diangap mempunyai kemampuan  tahan api, meskipun masih mudah terbakar. Beberapa percikan api kecil atau abu panas tidak akan merusak kain, tidak seperti nilon atau sintetis lainnya yang berakhir dengan lubang kecil di mana-mana dalam situasi yang sama.

Kain duck kanvas akan terasa kaku dan tidak nyaman pada awalnya, tetapi setelah dicuci dan dipakai beberapa kali akan terasa cukup nyaman.


Baca Juga

Trade Expo Indonesia 2019 Resmi Dibuka
 
Mengenal Kain Tenun Indonesia
 
Mengenal Karekteristik Bahan Jaket Fleece