Macam Kain Mori untuk Batik

Macam Kain Mori untuk Batik

Bahankain.com –  Kain mori adalah kain yang sudah mengalami proses pemutihan yang diperuntukan untuk pembuatan batik, baik batik tulis, cap maupun batik printing. Macam dan jenis kain mori sangat beragam mulai dari bahan baku pembuatan kainnya, kontruksi dan kualitas sampai jenis finising kain.

Dilihat dari bahan bakunya, kain mori bisa dibedakan menjadi 3 yaitu dari katun, rayon dan sutera. Sedangkan untuk jenis kontruksi sangat beragam, untuk jenis benang mulai dari 20s sampai 60s.

Jenis -jenis kain mori dipasaran biasa dibedakan dengan istilah mori batu, mori biru, mori prima, dan mori primis.

Jenis Kain Mori Batik

  1. Kain Mori Batu

Kain mori batu merupakan kain yang terbuat dari benang katun 20s dengan lebar kain 115 cm. Jenis kain ini memiliki kerapatan yang tidak terlalu padat dan kain cenderung memiliki tekstur agak kasar. Dilihat dari sisi harga jenis mori batu merupakan jenis mori paling murah dibanding jenis yang lain.

  1. Kain Mori Biru

Istilah kain  mori biru ini bukan berarti mori ini berwarna biru. Dari kualitas jenis kain mori biru ini satu level diatas mori batu.  jenis mori ini menggunakan benang katun 30s.

Jenis kain mori biru

  • C30 7460 lebar 115cm
  • C30 7458 lebar  115cm
  • C30 6854 lebar 105cm
  • C30 7458 lebar 105cm
  • C30 6448 lebar 105cm (walet)

Jenis kain mori biru ini biasa digunakan untuk kebutuhan batik cap maupun batik printing. Produk yang dihasilkan antara lain jarit, taplak meja, sprei batik dll.

  1. Kain Mori Prima

Kain mori prima merupakan mori kelas menengah yang biasa digunakan untuk batik tulis dan batik cap. Jenis kain ini dibuat menggunakan benang katun 40s dan memiliki lebar kain106 cm dan 115 cm.

Jenis kain mori prima

  • C40 9470 lebar 115cm
  • C40 8868 lebar 115cm
  • C40 8868 lebar 106cm
  • C40 8868 lebar 106cm

Rata-rata produk batik yang dihasilkan dari kain ini untuk seragam batik.

 Kain Mori Primis

Mori Primis atau Primissima merupakan mori katun kualitas terbaik dengan kelebihan halus anyaman padat. Dengan kualitas mori terbaik ini kain ini digunakan untuk batik tulis premium.  Jenis kain mori primis yang umum dan populer antara lain kain mori Berkolissima, mori kereta kencana dan mori gamelan.

  • Kain Mori Berkolissima

Untuk kain berkolissima ini ada dua jenis, yaitu menggunakan benang combed 50s dan benang carded 40s. Kedua jenis kain ini sama-sama memiliki lebar 115cm.

  • Kain Mori Cap Gamelan

kain mori cap gamelan

Kain mori cap gamelan merupakan salah satu brand mori batik dari PT. Primissima. Kain Mori Batik Gamelan Srimpi ini diproduksi dengan benang combed 50s dengan komposisi CM50 x CM50 dan kontruksi 107 x 93. Untuk jenis finishing ada 2 pilihan, mercerized sanforis dan bleached calendered. Terakhir untuk lebar kain tersedia di lebar 105 dan 115 cm.

  • Kain Mori Cap Kereta Kencana

Kain mori cap kereta kencana merupakan kain mori produksi dari PT Primissima. Produk mori cap kereta kencana dikenal dikalangan pembatik sebagai mori berkualitas paling bagus dibanding jenis lainnya. Mori kereta kencana ini biasa digunakan untuk batik tulis maupun batik cap dan biasanya digunakan untuk produk fashion seperti baju batik dll.

Kain Mori cap kereta kencana dijual dalam kemasan 37 yard dan dibuat dari benang katun 60s, sedangkan lebar kain 115cm.

Selain keempat jenis mori diatas, bahan kain batik bisa juga menggunkanan kain selain katun seperti rayon (shantung) dan sutera. Pemilihan jenis kain untuk digunakan membatik ini ditentukan oleh teknik membatiknya seperti tulis, cap atau printing dan market penjualannya.

Mau beli kain mori batik? Temukan berbagai bahan kain batik hanya di Bahankain.com


Baca Juga

Mengenal Anyaman Dasar Kain Tenun
 
Kain Katun
 
Macam-macam Jahitan pada Kaos