Ciri Kain Sutera / Sutra dan Karakternya

Ciri Kain Sutera / Sutra dan Karakternya

BahanKain.com - Kain sutera merupakan jenis kain premium yang mempunyai ciri khas dan karakter yang unik. Namun sebelum membahas karakter dan ciri kain sutra tersebut, kita akan ulas sedikit mengenai apa sih kain sutra itu?

Apa itu Kain Sutra?

Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan oleh larva ulat sutra murbei (Bombyx Mori) yang diternak para peternak ulat. Disisi lain, terdapat jenis sutra liar yang dihasilkan oleh ulat selain ulat sutra murbei dan dapat pula pula diolah, namun jenis sutra ini hanya memproduksi dengan skala yang kecil. Sutra liar berbeda dengan sutra ternakan dari segi warna dan tekstur, serta kepompong yang dikumpulkan biasanya sudah rusak  oleh engat yang keluar sebelum kepompong tersebut diambil, sehingga menyebabkan benang sutra yang membenuk kepompong tersebut terputus dan menjadi pendek. Sutra bisa juga dihasilkan oleh jenis serangga lain, namun hanya jenis sutra dari ulta sutra saja yang digunakan dalam pembuatan kain.

Serat sutra selain digunakan untuk bahan pakain yang berkualitas tinggi, biasa digunakan juga dalam pembuatan alat-alat rumah tangga seperti gorden, sprei, untuk benang jahit, benang sulam, isolasi listrik, kain parasut, senar alat-alat musik, dan bahkan dalam . Kain sutra sudah menjadi ikon kain dengan keindahan dan kehalusannya.

Dilihat dari proses pembuatan kain sutra, terbagi menjadi 2 kelompok. Kain sutra yang dibuat dengan alat tenun mesin (ATM) serta kain sutra yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin (atbm). Keduanya mempunya kelemahan dan kelebihannya sendiri-sendiri.

Kain sutra yang dihasilkan dari ATBM mempunyai tekstur lebih agak kasar, tidak tipis, cepat kusut, meskipun teknik pewarnaannya alami. Dari sisi harga pun, kain sutra ATBM ini relatif lebih mahal karena hanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Dan ukuran untuk kain sutra ATBM  relatif lebih kecil.

Untuk kain sutra ATM, teksturnya terasa lebih halus, lembut seerta rapat. Karena diproduksi dengan masal, coraknya juga relatif banyak yang sama sehingga harga yang dipasarkan lebih murah daripada kain sutra ATBM. 

Berbeda dengan bahan kain biasanya, kain sutra keseluruhannya mempunyai kepadatan lebih rendah dari katun, nilon dan wol. Namun, kain sutra mempunyai kekuatan untuk menyerap kelembapan sekitaran sepertiga dari beratnya sendiri tanpa ada meninggalkan dampak berat serta basah.

Untuk mempermudah para Sahabat BahanKain dalam memilih kain sutra yang berkualitas dan dijamin keasliannnya, mari kita bahas secara detail mengenai karakter dan ciri kain sutra tersebut.

Karakter kain Sutra


Kain sutra mempunyai karakter tersendiri dari bahan kain pada umumnya, berikut karakteristik kain sutra yang perlu Sahabat BahanKain ketahui:

  1. Komposisi

Serat sutra terdiri dari 80% dari  fibroin (protein yang dihasilkan dari ulat sutra) dan 20% sericin (karet sutra atau silk gum)

  1. Kekuatan

Serat sutra mempunyai kekuatan daya tarik yang baik, sehingga mempunyai tekanan tarik yang kuat. Sutra merupakan serat alami terkuat dan memiliki ketahanan abrasi moderat.

  1. Elastisitas

Serat sutra adalah serta elastis yang mampu membentang 1/7 ke 1/5 dari panjang aslinya sebelum terputus. Sutra memiliki kecendurungan untuk kembali ke ukuran aslinya namun secara bertahap sedikit  kehilangan elastisitasnya. Hal ini mempunyai pengertian bahwa kain akan sedikit kendur dan kurang mengikat dalam sisi kenyamanan penggunanya.

  1. Ketahanan

Kain sutera mempunyai kemampuan untuk mempertahankan bentuknya dan memiliki ketahan sedang terhadap kerutan.

  1. Drapability

Kain sutra mempunyai drapability yang sangat baik.

  1. Konduksi Panas

Serat sutra merupakan serat protein dan non konduktor panas mirip wol. Sehingga mampu menyimpan panas tubuh dan tidak menghantarkannya keluar. Namun serat sutra yang dijadikan kain dengan kontruksi yang sangat tipis, akan mampu dijadikan gaun yang nyaman saat digunakan saat musim panas.

  1. Daya Serap

Daya serap yang dimiliki kain sutra sangatlah bagus meskipun terbuat dari protein yang mempunyai sifat dasar mampu menahan panas tubuh. Daya serap yang dihasilkan 11% dari berat kain.

  1. Washability

Kain sutra merupakan jenis kain yang cukup higienis karena permukaan yang halus tidak menyerap kotoran atau debu. Jangan mencuc kain sutra yang terkena noda cukup serius menggunakan mesin cuci ataupun dalam keadaan basah, karena hal ini akan membuat kain sutra mudah rusak.

  1. Jamur dan Serangga

Kain sutra cukup tahan terhadap jamur, kecuali jika menyimpan sutra dalam keadaan lembab didaerah yang lembab. Dan karena sutra terbuat dari protein, kain ini mempunyai sifat yang kuat dalam menarik serangga, sehingga kerusakan yang terjadi pada kain sutra akan lebih parah dibanding bahan kain lainnya.

Ciri Kain Sutera

Saat ini banyak beredar kain sutra kw atau palsu di pasaran. Untuk mendapatkan kain sutra asli dan berkualitas baik, berikut merupakan ciri-ciri dari kain sutera:

1. Benang penyusun yang terdapat pada kain sutra sangatlah kuat sehingga tidak mudah

2. Kain sutra mempunyai kekuatan menyerap yang baik, sehingga akan terasa dingin ketika digunakan meskipun dalam suhu panas sekaligus.

3. Kandungan asam amini yang terdapat dalam serat sutra menjadikan kain terasa begitu lembut ketika menyentuh kulit.

4. Bahan sutra mempunyai keunikan yang bercahaya seperti mutiara. Hal ini dikarenakan susunan fibroin (protein yang dihasilkan dari ulat sutra) yang terdapat pada serat sutra.

5. Serat benang sutra yang asli ketika dibakar tidak akan cepat habis dan akan mengeluarkan bau khas seperti rambut atau bulu manusia ketika dibakar.

6. Kain sutra mampu dijadikan sebagai tabir surya yang mampu melindungi sisi kulit manusia dari paparan cahaya ultraviolet matahari.

Berbagai kelebihan kain tersebut membuat kain sutera menyandang gelar the queen of fabrics yang artinya berkilau, lebut, halus, cantik dan mewah. Untuk mendapatkan bahan kain sutra yang terbuat dari 100% serat sutra, BahanKain.com menyediakan berbagai macam kain sutra baik produk lokal (ATBM) maupun produk import.


Baca Juga

Mengenal Kain Paris dan Jenis-Jenisnya
 
Mengenal Teknik Menjahit Sashiko
 
Jenis dan Karakteristik Thai Silk