Stylexpo

Perbedaan Bahan Kaos Reaktif Dan Sulfur

BahanKain.com - Kaos dengan bahan Cotton Combed menjadi pilihan  tepat yang banyak digunakan para pelaku industri kaos. Bahan ini memang mempunyai karakteristik yang mumpuni, mulai dari tekstur kain yang dingin, halus, kuat, dan sangat mudah mengikat warna saat mengalami proses pewarnaan. Dengan kualitas yang baik yaitu 100% serat kapas, bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik.

Dalam segi hal pewarnaan  atau tipe pencelupan, Cotton Combed mempunyai 2 jenis pencelupan yaitu warna Reaktif dan Sulfur. Untuk jenis warna yang dihasilkan dari jenis sulfur hanya terdapat 1 warna, yaitu hitam.

Untuk membandingkan kedua jenis pencelupan ini, mari kita ulas satu persatu.

Perbedaan Bahan Kaos Reaktif Dengan Sulfur

  1. BAHAN KAOS SULFUR

Kita akan membahas terlebih dahulu mengenai Cotton Combed Sulfur. Sesuai dengan namanya, Cotton Combed ini diwarnai dengan menggunakan sulfur dengan kualitas yang kurang bagus. Bahan ini akan mudah menipis dan rapuh setelah beberapa kali mengalami proses pencucian. Bahkan untuk sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, saat mengunakan kaos dengan bahan sulfur, akan mendapatkan efek samping seperti kulit gatal, bitnik merah bahkan kemungkinan iritasi bisa terjadi. 

Sebenarnya tidak begitu sulit membedakan kaos dengan pewarna sulfur, yaitu coba cium aroma yang muncul saat membelinya, akan muncul aroma yang sedikit asam atau cenderung seperti cuka.

Dilihat dari segi warna yang dihasilkan, Cotton Combed Sulfur mempunyai warna hitam yang pekat namun sedikit kemerah-merahan. Karena zat sulfur memang digunakan untuk pewarnaan bahan cotton untuk warna yang gelap atau tua. Namun kaos yang mengalami proses pewarnaan dengan sulfur, sangat sulit untuk dilakukan proses sablon melalui teknik discharge atau cabut warna, bahkan ada yang sama sekali tidak bisa. Sehingga harga yang ditawarkan dipasaran untuk Kaos Cotton Combed Sulfur ini relatif lebih murah. Harga relative murah yang ditawarkan dikarenakan zat warna yang digunakan untuk jenis ini lebih murah dibanding warna reaktif, direct atau acid dyes. Selain hal tersebut, proses pewarnaan yang dilakukan tidak melalui tahap pencucian dari sisa perajutan dan juga proses pemutihan atau bleaching.

  1. BAHAN KAOS REAKTIF

Selanjutnya kita akan membahas tentang jenis pewarnaan yang lain. Yaitu pewarnaan jenis reaktif. Cotton Combed Reaktif memiliki karakter yang berbeda jauh dengan Cotton Combed  Sulfur. Bahan ini memiliki tekstur lembut dan adem. Warna yang dihasilkan juga mempunyai warna pada umunya. Dan bahan ini mampu disablon menggunakan teknik discharge atau cabut warna. Menyablon diatas bahan yang gelap akan menghasilkan tinta sablon yang jauh lebih terang dan terlihat nyata.   Bahkan Cotton Combed Reaktif menjadi bahan yang direkomendasikan ketika akan membuat brand clothing indie.

Ada kualitas ada harga tentunya, harga yang ditawarkan untuk kaos jenis ini mempunyai harga relative mahal dibanding dengan Cotton Combed Sulfur.

Untuk menghindari warna luntur atau pudar, sebaiknya diwashed terlebih dahulu setelah membeli bahan ini.

Menggunakan kaos bahan cotton combed sulfur ataupun reaktif adalah pilihan masing-masing orang. Namun alangkah bijaknya, jika menginginkan produk dengan kualitas yang baik jangan ragu untuk mengeluarkan ongkos yang lebih banyak. Banyak keuntungan yang didapat ketika menggunakan produk dengan kualitas yang baik. Dari segi keawetan bahan, rasa percaya diri yang lebih dan tentunya rasa nyaman yang ditimbulkan. Banyak hal yang mampu membangkitakn mood seseorang, salah satunya melalui cara dia berpakain dengan menggunakan bahan yang nyaman untuk melalui hari-harinya.

Butuh Bahan Kaos? Cek di katalog produk kami :)


WhatsApp Kami