Stylexpo

Apa itu Kain Katun?

Siapa sih yang ga tau kain katun? Kain yang mempunyai tingkat kenyamanan dan daya serap yang baik ini memang sudah dikenal oleh semua orang. Bahkan untuk orang ga begitu mengerti kain aja, pasti langsung tau apa kain katun itu. Tapi pertanyaannya apakah semua orang tau latar belakang si katun ini. Kali ini BahanKain, kita akan membahas sebagian besar dari kain katun.

Asal Mula Kain Katun

Kain katun merupakan bahan kain yang  berasal dari sejenis tanaman yaitu kapas. Kapas memiliki serbuk sari yang akan dipanen setelah berubah menjadi bola-bola kapas. Bola kapas inilah yang akan diolah menjadi benang yang kemudian akan diproses tenun menjadi kain. Serat kapas merupakan serat yang sangat halus yang menyelubungi biji tanaman kapas. Serat ini merupakan bahan yang mempunyai nilai sangat tinggi, karena dalam prosesnya serat ini hanya akan menyisakan 10% berat kotornya. Dalam proses selanjutnya, serat ini harus dibersihkan dari unsur lemak, lilin dan protein sehingga akan mendapatkan kapas murni atau polimer selulosa alami.

Selulosa alami membuat kain kapas mempunyai karakter dapat menyerap keringat, kuat dan tahan lama.

Karakteristik Kain Katun

Kain katun merupakan kain yang disenangi semua orang dan menjadi pilihan dalam pembuatan fashion. Tentu hal ini dipengaruhi atas sifat yang ada pada kain katun.

  1. Tidak menimbulkan alergi

Kain katun berasal dari serat alami dan tidak mengandung bahan kimia yang memiliki sifat hypo allergenic sehingga tidak mengganggu kulit sensitif baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

  1. Lembut, Kuat dan Tahan Lama

Kapas memiliki sifat absurb yang tinggi dan titik jenuh yang tinggi pula, sehingga menyimpan cairan 2 kali dari beratnya sendiri didalam air. Berat kapas akan meningkat berkali-kali pada saat basa. Dan hal inilah yang menyebabkan kain katun mempunyai karakteristik yang lembut, kuat dan juga awet.

  1. Nyaman

Serat kapas merupakan serat yang berongga seperti ventilasi sehingga membuat kulit mampu bernafas dengan baik.Kapas juga merupakan konduktor yang baik, sehingga mampu mendinginkan pada saat kondisi panas dan menghangatkan pada saat kondisi dingin. Kain katun merupakan kain yang sangat nyaman digunakan dalam kondisi apapun.

  1. Daya serap tinggi

Kain Katun mempunyai sifat yang mampu menyerap kelembaban tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kain katun mempunyai daya serap air yang baik. Sehingga tidak panas saat digunakan.

  1. Susut

Elastisitas pada kain katun dianggap kurang baik sehingga kain katun lebih rentan mengalami proses penyusutan setelah dicuci.

  1. Rentan Terkena Jamur

Karena bahan katun terbuat dari serat alami, hal ini membuatnya sangat rentan untuk disinggahi jamur. Sehingga ada baiknya menyimpan pakaian berbahan katun ditempat yang kering dan jangan dalam keadaan basah ataupun lembab.

  1. Mudah Luntur

Kain katun sangat mudah luntur dari zat pewarnanya. Hal ini disarankan, ketika mencuci pakaian katun apalagi untuk pertama kalinya, ada baiknya dipisahkan dengan pakaian lainnya.

Jenis Kain Katun

Banyak jenis kain katun yang ditawarkan dipasaran. Hal ini selain karakteristinya yang telah kita sebut diatas, cara perawatan kain katun juga relative mudah disbanding bahan lain.

  1. Kain Katun Biasa

Kain katun jenis ini mempunyai harga paling murah dibanding jenis kain katun lainnya. Kain ini cenderung menawarkan banyak motif dan warna. Untuk kekuatan daya serapnya, kain katun biasa tergolong pada level sedang. Ciri lainnya dari kain katun biasa adalah agak kaku, sedikit tipis dan tidak stretch.  Tapi untuk tingkat kenyamanan, kain katun masih nyaman untuk digunakan.

  1. Kain Katun Rayon

Kain katun rayon mempunyai sifat mudah kusut saat digunakan. Kain ini menjadi pilihan bagi para produsen busana muslim. Mempunyai tekstur bahan licin dan ringan. Nyaman dan menyerap keringat masih menjadi keunggulan dari produk kain katun ini.

  1. Kain Katun Bangkok

Dinamakan Kain Katun Bangkok karena produk ini awalnya berasal dari Bangkok. Kain ini mempunyai tekstur sedikit kasar dan lebih tipis dari kain katun pada umumnya. Bahkan pada beberapa jenis kain katun bangkok ada yang transparan atau menerawang.

  1. Kain Katun Silk Sutera

Kain Sutera nerupakan kain yang terbuat dari kepompong ulat sutra, sedangkan katun silk sutra merupakan kain yang berasal dari campuran antara kain sutera dengan kain katun. Kain ini mempunyai sifat ringan, teksturnya licin, halus dan kuat. Kain ini juga kuat dan tahan lama.

  1. Kain Katun Jepang

Bahan kain katun jepang merupakan bahan yang memiliki tekstur halus dengan daya serap yang sangat bagus.  Perbedaan kain katun jepang dengan kain katun yang lainnya adalah tampilan motif dan warna yang penuh warna dan cerah. Harga yang ditawarkan untuk kain ini relative mahal.

  1. Kain Katun Paris

Kain katun paris terdapat 2 jenis yaitu motif dan polos. Untuk kain katun polos, mempunyai ciri lebih tipis dari katun biasa, harganyapun lebih murah. Sedangkan untuk jenis katun paris motif mempunyai harga yang hampir sejajar dengan katun jepang, hanya saja kain katun paris motif mempunyai ketipisan yang lebih dibanding katun jepang.

Perlu untuk diketahui, bahwa bahan kain katun mempunyai jenis yang banyak dan kualitas yang berbeda-beda. Hal ini yang menyebabkan harga yang ditawarkan juga beragam. Namun satu hal persamaan dari semua jenis bahan katun adalah bahan katun merupakan bahan yang nyaman dan tahan lama. Sehingga tidak membuat kita menyesal untuk membeli bahan ini.