Stylexpo

Mengenal Kain Paris dan Jenis-Jenisnya

BahanKain.com – Istilah dalam dunia kain memang sangat bermacam-macam bahkan yang kadang membuat kita bingung sendiri. Nah kali ini BahanKain akan mengulas tentang apa itu kain paris dan jenis-jenisnya. Kain paris bukan berarti kain ini berasal dari paris, Prancis. Kain paris merupakan jenis kain tipis yang digunakan untuk pembuatan kerudung atau jilbab.

Dalam hal tekstur Teknik anyaman dan juga sentuhan sebenarnya tidak ada yang menjadi pembeda khusus kain paris dengan jenis-jenis kain kerudung lainnya, yang membedakan hanyalah ketebalan saja. Bahkan kini sudah muncul istilah baru kain yang memiliki tingkat ketipisan lebih tipis dari kain paris, jenis kain itu adalah kain paros.

Jenis Kain Paris

Secara sederhana dan paling mudah, jenis kain paris bisa dibedakan dari bahan baku atau material benangnya. Yaitu kain paris dari material rayon dan kain paris dari material katun.

Kain Katun Paris

Kain katun paris merupakan jenis kain paris yang terbuat dari material 100% katun. Kain ini memiliki ketebalan kain yang tipis karena dalam pembuatannya menggunakan benang yang kecil yaitu benang katun 60s. Kecilnya jenis benang tersebut membuat kain ini sangat ringan dan tentu saja kain ini sangat tipis dan cocok untuk berbagai produk jilbab. Kain katun paris kini sudah banyak yang menjual baik polosan maupun kain motif.

Kain Rayon Paris

Sesuai dengan Namanya jenis kain paris ini dibuat dari benang rayon. Jika jenis katun paris menggunakan benang katun 60s, kain rayon paris berbeda. Kain rayon paris ditenun menggunakan benang rayon 40 High Twist memberikan efek “jatuh” dravery karena kain mempunyai masa jenis yang tinggi. Keunikan dari kain ini dibanding jenis katun adalah jika kain rayon paris digesek-gesekan aka nada suara efek kresek-kresek sedangkan jenis katun tidak ada suara sama sekali.

Bagaimana sudah jelas kan tentang apa itu kain paris beserta jenis-jenisnya. Secara visual memang agak sulit membedakan kain ini karena tidak ada karakter khusus bahkan bahkan mungkin juga memiliki istilah lain yang digunakan untuk jenis kain ini.


WhatsApp Kami