Apa itu Kain Modal?

Apa itu Kain Modal?

Kain Modal adalah jenis kain rayon yang biasa digunakan untuk pakaian dalam dan barang-barang rumah tangga sehari-hari. Kain modal adalah kain semi-sintesis yang terbuat dari pemintalan serat selulosa. Serat selulosa dihasilkan dari pohon beech. Untuk menambah kekuatannya kain ini sering ditambahkan dengan bahan lain seperti kapas dan spandex. Produk-produk yang populer menggunakan kain modal adalah pakaian dalam, piyama, handuk, jubah mandi, dan sprei.

Modal pertama kali dikembangkan pada tahun 1951 di Jepang. Jenis rayon modal ini identik dengan rayon viscose, yang membedakannya adalah proses pembuatan rayon modal lebih sederhana dan limbah yang dihasilkan jauh lebih sedikit. Saat ini kain modal sangat populer dan sebagian besar kain modal yang beredar dipasaran adalah produksi perusahaan Austria Lenzing AG. Mereka memiliki merek dagang terhadap jenis kain ini yaitu China Modal, Lenzing Modal, dan Formatex.

Bagaimana Proses Pembuatan Kain Modal?

Modal adalah kain berbasis bio dari serat kayu yang diambil dari pohon beech. Pertama-tama memanen pohon beech untuk dijadikan selulosa yang diekstrasi dari pulp. Kemudian selulosa yang diekstrasi dijadikan lembaran-lembaran dan direndam dalam natrium hidroksida. Kemudian pecah lembaran menjadi remah-remah dan rendam dengan karbon disulfat. Selanjutnya serat yang sudah dihasilkan direndam dengan asam sulfat untuk menghasilkan benang. Benang kemudian siap untuk dijalin menjadi kain.

 Apa Kelebihan dari Kain Modal?

Kain modal menjadi sangat popular dan banyak digunakan karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan yang dimiliki kain modal antara lain yaitu lembut, elastis, kain yang bernafas, menyerap air dan keringat, menyerap warna dalam air hangat, tahan lama, tidak mudah kusut, sepenuhnya biodegradable, dan yang paling penting adalah kain ini ramah lingkungan.

Bagaimana Cara Mencuci dan Mengeringkan Pakaian Berbahan Modal?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah periksa apakah pakaian terbuat dari 100% modal atau dicampur dengan kapas atau spandex. Hal ini dikarenakan perawatan dari pakaian tersebut akan berbeda. Berikut ini cara perawatan kain berbahan modal:

  1. Cuci dengan air dingin.

Meskipun kain modal umumnya bias dicuci pada suhu air apapun, tetapi dicuci menggunakan air dingin akan lebih baik.

  1. Pilih pemutih berbasis oksigen.

Penggunaan pemutih klorin harus dihindari karena tidak hanya memutihkan warnanya tetapi akan melemahkan serat modalnya juga. Sehingga sebagai gantinya gunakanlah pemutih berbasis oksigen, seperti All Natural Oxygen Brightener Nellie, OxiClean, dan OXO Brite.

  1. Keringkan pada suhu antara rendah dan sedang-tinggi.

Kain modal harus dikeringkan pada suhu antara rendah dan sedang-tinggi. Selain itu kain modal harus segera dikeluarkan dari pengering saat masih sedikit lembab untuk mencegah kerutan.

  1. Setrika kain modal menggunakan kain penekan dan suhu panas sedang.

Dalam menyetrika kain modal harus dikakukan dengan hati-hati. Untuk perlindungan ekstra gunakan kain penekan antara setrika dan kain modal. Gunakanlah suhu setrika yang panas sedang, hal ini dikarenakan suhu yang tinggi saat menyetrika dapat membakar serat selulosa.


Baca Juga

Mengenal Bahan Kain Sprei Katun Dobby
 
Pemerintah Dongkrak Daya Saing Batik Dan Tenun Nusantara
 
5 Desain Tas Kanvas & Blacu Kreatif 2019