Stylexpo

Kain Sutra : Kelebihan dan Kekurangan

Kain sutra memang raja dari segala jenis kain yang ada diindustri pertekstilan di seluruh dunia. Hampir semua orang bangga mengenakan kain yang mempunyai harga tidak murah ini. Bahkan kain ini menjadi kain yang sangat istimewa dikalangan wanita muslim. kain ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses terciptanya serat sutra itu sendiri.

Pemanfaatan sutra sebagai bahan dasar pembuatan pakaian telah ada sejak zaman dahulu. Namun persoalan harga masih menjadi masalah yang sama dari dahulu hingga sekarang, sehingga tidak semua orang bisa menikmati kain ini. Untuk memecahkan masalah tersebut, banyak ilmuwan yang mencoba melakukan penelitian untuk membuat kain sutra sintetis/buatan.  Dan hasilnya, terciptalah kain yang menyerupai kain sutra dengan harga yang lebih terjangkau.

Ciri-ciri dari kain ini pernah kita bahas dalam artikel sebelumnya," Ciri kain sutra dan karakternya " . Kali ini kita akan bahas mengenai kelebihan dan kekuranga akan kain sutra.

Penasaran?

Simak pembahasan dalam artikel kali ini.

Kelebihan Kain Sutra

Kain sutra merupakan “The Queen of Fabrics”. Berikut kelebihan yang diberikan dari kain sutra:

  1. Awet dan Tahan Lama

Dengan melalui proses pembuatan benang sutra yang membutuhkan waktu yang lama, hal ini meghasilkan kain yang tidak mengecewakan. Kain ini mempunyai kontruksi yang sangat kuat dan tidak mudah rusak. Bahkan ketika masih berbentuk benangpun, benang sutra merupakan benang yang tidak mudah putus. Karenanya, pakaian yang terbuat dari kain sutra akan sangat awet bahkan hingga bertahun-tahun kedepan.

  1. Nyaman di Kulit

Kain sutra memiliki kemampuan menyerap air dan keringat dengan baik. Hal ini membuat kain sutra terasa dingin ketika dikenakan saat cuaca sedang panas. Karena daya serap yang baik inilah, ketika selesai menggunakan sebaiknya langsung mencucinya untuk menghindari bakteri dan bau yang tidak sedap.

  1. Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Kain sutra yang memiliki karakteristik akan tektur yang sangat halus dan lembut tidak akan menimbulkan alergi pada jenis kulit apapun. Bahkan kain ini juga tidak mempunyai kandungan kimia dalam materialnya. Hampir semua orang tidak ada yang mengeluhkan alergi karena penggunakan pakaian dari kain sutr.

  1. Elegan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kain sutra mempunyai tempat yang tinggi di kategori kain didunia ini. Efek berkilau yang muncul dari kain surtra akan menampilkan  sebuah tampilan elegan dan nampak seperti perhiasan. Bahkan bisa dijamin para pengguna kain sutra akan menjadi pusat perhatian. Efek kilau ini timbul dari fibroin yang terkadung dalam serat benang sutra alami. Fibroin merupakan  salah satu jenis protein yang dihasilkan oleh ulat sutra murbei saat sedang menjadi kepompong.

  1. Pelindung Alami bagi Kulit

Bagi yang banyak melakukan aktivitas di outdoor, kain sutra ini mnejadi pilihan terbaik menemani aktivitasnya. Selain elegan kain sutra merupakan pelindung kulit dari paparan sinar ultraviolet. Hal ini dikarenakan ada senyawa yang dihasilkan oleh ulat sutra. Bahkan ketika terbakar, bahan ini tidak mudah habis terbakar dan bau yang dikerluarkan tentu berbeda dari kain lainnya.

Kelemahan Kain Sutra

Ada kelebihan tentu ada kelemahan.  Berikut merupakan kelemahan dari kain sutra:

  1. Harga yang Tidak Bersahabat

Dengan melihat proses pembuatan yang begitu lama serta kelebihan yang diberikan, sampai saat ini tidak semua orang mampu menikmati kain sutra dikarenakan harganya yang mahal. Jadi ketika berniat membelinya, pastikan mengetahui bahwa kain sutra tersebut merupakan kain sutra asli atau no kw kw.

  1. Perawatan Ekstra

Karena terbuat dari bahan alami yaitu kepompong ular sutra, kain sutra memiliki perawatan yang tidak sembarangan. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk merawat kain sutra yang pernah kita bahas di artikel " Tips Merawat kain sutra " .

  1. Banyak Produk Kw

Karena mempunyain harga yang tinggi, kain sutra saat ini banyak dipalsukan oleh orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Strategi yang biasaanya mereka tempuh adalah menjual kain sutra sintetis dengan harga seperti kain sutra. Disinilah kita perlu mengetahu lebih baik lagi akan karakteristik dan kain sutra yang aslli.

Kain sutra memang sebuah kain yang mempunyai banyak kalebihan dan sedikit kekurangan. Inilah yang membuat kain ini banyak diburu  bagi beberapa kalangan menyukai kain ini.

Segera dapatkan kain sutra asli 100% sutra hanya di bahan kain.