Stylexpo

Mengenal Kain Mori Berkolissima

Berbicara soal jenis-jenis kain mori tentu saja akan banyak sekali pilihanya mulai dari pilihan material yang beragam seperti katun, rayon, sutra dan juga pilihan kontruksi atau kerapatan anyaman yang juga banyak macamnya. Nah kali ini bahan kain akan mengulas tentang salah satu jenis kain mori prima, yaitu Kain Berkolissima.

Kain mori Berkolissima merupakan jenis bahan kain untuk membatik yang terbuat dari material 100% katun. Sesuai dengan Namanya kain ini masuk dalam kategori kain mori prima, kain mori Berkolissima memiliki kualitas yang sangat baik untuk digunakan bahan batik halus baik cap maupun printing.

Jenis kain mori Berkolissima sering digunakan untuk pembuatan seragam batik identitas seperti batik kerja, seragam batik organisasi  dengan Teknik bati tulis, batik cap maupun batik printing.

Jenis Kain Mori Berkolissima

Bahan mori berkolissima memiliki 3 jenis pilihan yaitu berkolissima PS 420, PS 217 dan PS 219. Yang membedakaan ketiga jenis kain mori ini adalah jenis benang yang digunakan, kontruksi kerapatan kain dan lebar kain. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan tiga tipe kain berkolissima akan kita jabarkan satu persatu.

Mori Berkolissima PS 420

Mori Batik Berkolissima dengan kode PS 420 merupakan jenis kain mori berkolissima terbaik dibanding dua jenis lainnya. Berkolissima PS 420 dibuat dari benang katun combed 50s untuk pakan dan benang combed 50s untuk lusi (CM50 x CM50). Untuk kerapatan kontruksi jenis mori ini memiliki kontruksi kain 133 x 72 dan terakhir dari sisi finishing menggunakn proses finishing Mercerized – Sanforized sehingga kain memiliki sifat kain yang mengkilap, empuk dan memiliki prosentasi susut yang rendah. Penyusustan kurang dari 1% karena effek dari Sanforized. Untuk lebih jelas mengenai jenis finishing kain mori bias dibaca di artikel “Mengenal Jenis Finising Kain Mori Batik

Mori Berkolissima PS 217

Kain Mori Batik Berkolissima kode PS 217 merupakan kain mori berkolissima kualitas nomor dua. Jika PS 420 menggunakan jenis benang CM50 x CM50, Berkolissima PS 217 dibuat dari benang katun carded dengan komposisi CD40 x CD40. Sedangkan untuk kontruksi tidak berbeda jauh yaitu 130 x70 dengan lebar kain 115 cm. Untuk finishing kain menggunakan proses finishing Mercerized - Sanforized.

Mori Berkolissima PS 219

Kain berkolissima kode PS 219 merupakan tingkatan berkolissima paling bawah. Kain ini dibuat dari benang katun carded dengan komposisi CD40 x CD40 dengan kontruksi kain hanya 120x60 dan lebar kain 112 cm. Untuk proses finish Mercerized – Sanforized. Jenis kain ini sangat sering ddigunakan untuk seragam batik identias seperti seragam batik sekolah baik batik cap maupun printing.

Nah itu dia sedikit ulasan tentang kain mori berkolissima beserta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat. Jika ada kebutuhan kain mori jangan lupa hubungi bahankain.com.