Mengenal Apa itu Bedskirt & Fungsinya

Mengenal Apa itu Bedskirt & Fungsinya

Bahankain.com - Kenyamanan saat istirahat merupakan hal yang paling di inginkan oleh semua orang, salah satunya menggunakan kasur. Kasur yang nyaman tentu melibatkan beberapa komponen pendukung. Beberapa komponen tersebut diantaranya berupa sprei, selimut, matras protektor, bantal dan yang tidak kalah penting adalah bedskirt yang memberikan kenyamanan dalam hal mata kita.

Dalam perlengkapan kamar tidur hotel atau akrab disebut linen hotel, bedskirt menjadi salah satu jenis produk yang kini kembali diminati untuk menunjang dekorasi kamar hotel.

Apa itu Bedskirt?

Bedskirt adalah rok kasur atau kain yang mengeliling kasur bagian bawah. Tempat tidur yang memiliki kolong biasanya banyak yang menggunakan bedskirt ini. Namun beberapa tempat ada juga yang tidak menggunakan bedskirt.

Fungsi Bedskirt

Bedskirt diciptakan untuk menutupi kolong tempat tidur. Kain penutup kolong pada tempat tidur ini juga bisa digunakan sebagai penutup ruang penyimpanan atau barang-barang yang diletakkan di bagian bawah tempat tidur agar tidak terlihat tetapi tetap mudah untuk diambil ketika diperlukan. Bahkan, rok tempat tidur ini sering dikaitkan dengan dekorasi, berfungsi untuk melengkapi seperangkat seprei, selimut, bantal, dan sarung bantal. Rok tempat tidur juga menambah kehangatan visual sebuah ruangan.

Di masa lalu, rok tempat tidur ini juga disebut sebagai ruffle  debu karena fungsinya untuk mencegah perkembangbiakan tungai debu dibawah kolong tempat tidur. Rok tempat tidur ini terlihat mirip dengan sprei kebesaran, bedskirt diletakkan diantara kasur dan pegas kotak dengan kain memanjang sampai ke lantai. Bedskirt ini dipasang mengelilingi bingkai tempat tidur.

Dalam memilih bedskirt juga harus memperhatikan ukuran matras atau kasur dan juga tinggi tempat tidur yang akan di pasangi rok tempat tidur tersebut. Ukuran kasur pada umumnya yaiu 90x200cm, 120x200cm, 160x200cm, 180x200cm dan 200x200cm. Supaya rok tempat tidur dapat menggantung dengan sempurna pada ranjang, sebaiknya sesuaikan bedskirt dengan tinggi ranjang. Lebar bedskirt yang ideal diukur dari bawah kasur sampai lantai. Dalam pemilihan warna bedskirt juga bisa menggunakan warna dan motif sesuai dengan sprei atau juga bisa menggunakan warna lain sesuai selera.

Macam Model Bedskirt

Saat ini, rok tempat tidur tidak hanya berfungsi untuk menutupi bagian yang kurang menarik saja, tetapi juga membantu menciptakan tampilan yang bersih, modern dan menambah kamar tidur menjadi terlihat lebih stylish. Berikut ada beberapa macam atau bentuk dari bedskirt, diantaranya adalah:

1. Pleated bedskirt

Rok tempat tidur jenis ini dirancang untuk memiliki lipatan dibagian tengah pada setiap sisi rok. Dengan model kotak, halus dibagian depan dan samping, membuat benar-benar terlihat seperti bagian dari bingkai tempat tidur itu sendiri.

2. Ruffle bedskirt

Kain yang sengaja dibuat kerutan ini membuat tampilan yang bagus untuk kamar tidur klasik nan romantis. Kerutan mengalir dan membuat tempat tidur anda terlihat lebih kasul dan aesthetic.

3. Ruffle hem bed skirt

Ruffle hem yang terdapat diagian bawah rok tempat tidur menambah kesan anggun pada rok tempat tidur tersebut. Gaya ini lebih terampil dan menciptakan tambahan yang bagus untuk dekorasi tempat tidur.

4. Ruffle country sweet bed skirt

Pada model bedskirt ini menampilkan ruflle mini di atas hem ruffle biasa. Tampilan klasik ini sangat cocok untuk kamar tidur yang memiliki tampilan lusuh, karena menambah sedikit sesuatu yang berbeda dengan tampilan tempat tidur yang digunakan.

5. Gathered ruffles

Model ini menampilkan rok tempat tidur dengan ruffle yang dibuat seperti model rok putri duyung. Tampilan ini benar-benar melengkapi penampilan yang apik untuk ruangan yang lusuh.

 


Baca Juga

4 Tempat Favorit Belanja Batik di Jogja
 
Mengenal Kaos Polo Shirt /Kaos Wangki
 
Macam Serat Alami Di Dunia