Cara Membedakan Bahan Katun Dan Polyester

Cara Membedakan Bahan Katun Dan Polyester

Semua orang pasti sudah tahu kalua kain itu dapat dibuat dari serat alami seperti katun, sutra dan serat sintetis seperti polyester. Tetapi sudahkan anda tau cara membedakan antara bahan katun dengan bahan polyester?

Jenis kain yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam model pakaian tentu memiliki karakteristik bahan yang berbeda-beda. Selain memberi kenyamanan ketika digunakan, kualitas dan fungsi juga sangat mendukung untuk pemilihan jenis kain yang dikehendaki. Jenis kain menjadi faktor penentu dari pakaian yang akan dibuat.

Banyaknya jenis bahan kain yang dijual dipasaran membuat kita bingung dalam memilih jenis kain yang cocok untuk dijadikan pakaian maupun produk lainnya. Kenyamanan dalam hal berpakaian tentu hal utama dalam pemilihan jenis bahan kain. Pada dasanya, jenis bahan kain dibedakan menjadi dua yaitu bahan non sintetis dan sintetis. Bahan non sintetis contohnya seperti katun, dan bahan sintetis seperti polyester.

Bahan katun sudah sangat familiar ditelinga masyarakat umum, karena bahan yang satu ini terbuat dari serat alami yang berupa kapas. Oleh karena itu, bahan katun ini terasa adem dan lembut jika bersentuhan dengan kulit, selain itu bahan yang satu ini mampu menyerap keringat dengan baik. Jenis bahan kain ini memiliki serat yang kuat, sehingga mampu tahan lama.

Sedangkan bahan polyester ini merupakan jenis bahan kain yang melalui proses kimia. Bahan polyester ini bahan bakunya tidak diperoleh secara alami atau tidak tersedia di alam seperti halnya bahan kain katun. Kain polyester merupakan hasil campuran dari zat pada plasti dan serat fiberpoly dari minyak bumi.. Sehingga karakteristik bahan dengan serat polyester ini panas jika digunakan untuk pembuatan pakaian. Bahan kainnya pun kurang meresap dalam menyerap keringat.

Tutorial Membedakan Bahan Katun dengan Polyester

Secara kasat mata, kedua bahan tersebut sulit untuk mengetahui perbedaannya. Nah, cara paling mudah dan paling terlihat hasilnya, untuk membedakan bahan cotton dan polyester ini dengan cara dibakar. Bahan kain katun yang dibakar akan lenyap atau habis, atau hanya meninggalkan serbuk abu saja. Sama halnya ketika membakar tissue atau kapas maka hasilnya akan habis. Hal ini disebabkan karena bahan katun terbuat dari 100% serat katun atau kapas.

Berbeda dengan bahan polyester. Bahan polyester ketika dibakar, hasilnya akan sama persis ketika membakar plastik. Dia akan menghasilkan lelehan atau gumpalan dan akan mengeras seperti layaknya lelehan pada plastik. Karena pada dasarnya bahan polyester dibuat dari serat sintetis atau biji plastik.

Dengan cara meraba pun sebenarnya cara paling mudah untuk membedakan bahan catton dan polyester. Bahan cotton jauh lebih lembut dibanding dengan bahan polyester. Bahan polyester ini sebenarnya bukan lembut, namun licin.

Akan lebih terasa lagi ketika bahan tersebut dikenakan, perbedaannya akan terasa di kulit. Ketika bahan cotton digunakan, akan memberi kenyamakan dan terasa lebih dingin dan adem ketika digunakan untuk aktifitas disiang hari dan mampu menyerap keringat dengan baik. Berbeda ketika bahan polyester yang digunakan pada siang hari, akan cenderung terasa panas dan gerah.

Namun cara yang paling terlihat hasilnya dalam membedakan bahan kain cotton dan polyester tersebut adalah dengan cara dibakar. Nah, jangan bingung lagi untuk membedakan kedua bahan kain tersebut.


Baca Juga

Kain Katun
 
Tekstur Cantik Dan Unik Kain Dobby
 
10 Jenis Bahan Mukena Paling Laris