Stylexpo

Mengenal Jenis Kain Brokat di Indonesia

BahanKain.com - Jenis-jenis kain brokat di Indonesia saat ini sangatlah beragam. Hal ini makin membuat para pecinta fashion klasik makin bingung. Dari harga yang ekonomis sampai yang membutuhkan kocek berlebih, dari yang model klasik sampai modern sekarang bisa ditemui dibanyak brokat yang beredar di Indonesia. 

Brokat merupakan bahan utama dalam pembuatan kebaya, dan hal inilah yang membuat para pencipta motif brokat semakin berkembang sehingga anak-anak muda jadi lebih nyaman dalam mengenakan kain brokat nan cantik dan anggun. 

6 Jenis Kain Brokat di Indonesia

Untuk lebih mengenal jenis-jenis brokat yang ada di Indonesia, mari kita intip satu persatu:

1. Brokat Prancis

jenis brokat prancis

Brokat Prancis sering disebut dengan nama French Lace. Brokat ini memiliki kualitas terbaik diantara brokat-brokat yang lain, tidak heran jika harga yang ditawarkan untuk jenis brokat ini terbilang tinggi. Brokat eksklusif ini mempunyai karakteristik yang mumpuni di segala hal yaitu bahan yang lembut, tidak panas, tidak gatal ketika menyentuh kulit yang menjadi kelebihan utama adalah bahan brokat prancis ini mampun membentuk tubuh pemakainya dengan sempurna. 

2. Brokat Semi Prancis

brokat semi prancis

Setelah kita mengetahhui seperti apa itu brokat prancis, tentunya banyak dari pecinta kain brokat ingin mendapatak kain tersebut, namun berpikir ulang mengenai harga yang ditawarkan. Nah, untuk jenis brokat kedua adalah KW nya brokat prancis. Dengan kualitas yang mirip brokat prancis namun sedikit kaku pada bahannya. Namun banyak para desaigner yang malah menggunakan bahan brokat semi prancis di bandingkan brokat prancis. Pemilihan brokat semi prancis bukan semata karena harganya, namun karena tekstur bahannya yang lebih kuat sehingga mudah untuk di jahit. 

3. Brokat Jepang

jenis brokat jepang

Brokat yang akan kita intip selanjutnya adalah brokat jepang. Brokat ini mempunyai tekstur yang lebih lembut dibandingkan brokat semi prancis. Namun untuk ketenarannya, brokat jenis ini masih kalah dibandingkan brokat semi prancis. Banyak orang lebih memilih menggunakan brokat semi prancis karena brokat jepang dianggap terasa sintetisnya. Ada harga ada rupa, tentunya brokat jepang memiliki harga yang lebih murah di banding brokat semi prancis.

4. Brokat Prada

jenis brokat prada

Brokat prada adalah brokat pilihan para desainer. Brokat ini mempunyai karakteristik motif timbul yang halus dan elegan, sehingga tetap terlihat cantik meskipun dibentuk dalam model apapun dan dipotong-potong sebagai aplikasi kebaya. Dari segi harganya, brokat prada menawarkan harga yang bervariasi tergantung dari kehalusan bahan dan jenis motifnya. 

5. Brokat Italy

jenis brokat italy

Brokat italy mempunyai karakteristik yang mudah diingat, yaitu brokat yang sudah dibordir atau dipayet. Jika menyukai aplikasi payet dan bordir, pilihan yang tepat jatuh ke brokat ini. Karena kita tidak perlu repot lagi untuk menambahkan payet atau bordir didalmnya. Untuk harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung dari kerumitan payet atau bordir yang disajikan. 

6. Brokat Biasa

brokat biasa

Dari semua jenis brokat yang kita sebutan sebelumnya, brokat yang satu ini adalah jenis brokat yang paling banyak dijumpai, selain mudah didaptkan hampir semua toko kain menjual jenis brokat ini, harga yang ditawarkan juga sangat menarik, murah dan tentunya tidak banyak merogoh kocek kita. Kekurangan dari brokat ini adalah  motif yang terlihat biasa dan kadang tidak menarik. Bahkan warna yang ditawarkan juga tidak terlalu bervariasi. Namun, bahan brokat biasa ini akhirnya banyak menjadi pilihan dibanyak acara, salah satunya menjadi seragam keluarga dalam suatu pernikahan. 

Nah udah ada gambaran kan mau membuat kebaya dengan menggunakan jenis brokat yang mana? Kebaya memang pakaian yang penuh keindahan dan mampu memunculkan kesan elegan bagi pemakainya. Pemilihan bahan kain dan model kebaya juga menjadi satu yang penting dalam pembuatan kebaya. 

Ciptakanlah sebuah karya seni dalam bentuk kebaya yang mampu menampilkan wajah Indonesia di dunia. 


WhatsApp Kami