Mengenal Kain Serat Cupro

Mengenal Kain Serat Cupro

BahanKain.com – Trend menggunakan kain dari serat cupro atau dikenal juga sebagai kain bemberg tengah naik daun. Beragam kelebihan yang dimiliki serat cupro membuat para penggiat fashion mulai jatuh cinta dengan kain jenis ini. Buat Sahabat BahanKain yang belum tau tentang apa itu kain cupro, di artikel ini kita akan membahas detail tentang apa itu serat cupro dan kelebihannya.

Apa itu Serat Cupro


Cupro adalah serat selulosa hasil regenerasi dari biji kapas dengan dengan struktur kimia karbon dan air, sehingga memiliki sifat biodegradable dan ramah lingkungan. Biji kapas yang dulunya dianggap hanya sebagai limbah kini sudah bisa dimanfaatkan menjadi serat, bahan baku kain yang memiliki berbagai kelebihan melebihi katun sendiri.

Serat Cupro adalah kain antistatik yang hipoalergenik yang menghirup dan mengatur suhu dan kelembaban tubuh seperti kapas sehingga memiliki kenyamanan saat digunakan dan juga kain dari serat cupro memiliki handfell yang halus dan lembut ketika menyentuh kulit.

Awalnya banyak sekali yang menyamakan antara kain  cupro dengan kain viscose karena jenis kain ini sama-sama memiliki kilau layaknya kain sutera. Tetapi kain dari serat cupro jauh lebih halus dan lembut dibandingkan serat viscose. Dari sisi kenyamanan cupro jauh lebih unggul dibandingkan viscose.

Kelebihan Kain Cupro

Kain Cupro Halus Dan Lembut

Tekstur yang lembut dan permukaan yang halus dari Cupro ini karena Cupro memiliki serat dengan penambang bulat yang hamper sempurna sehingga menghasilkan benang yang halus. Dengan demikian akan menghasilkan kain yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit pemakainya.

Kain Cupro Berkilau seperti sutra

Salah satu ciri dan kelebihan yang paling menonjol dari kain cupro adalah kain ini memiliki kilau seperti sutra. Hal ini karena serat cupro berasal dari inti serat-serat pendek yg menempel disekeliling biji kapas yang masih mengandung minyak kapas sehingga waktu ditarik filamentnya menjadi berkilau seperti sutra, lembut, namun punya kelebihan sejuk dipakai dan nyaman sehingga cocok untuk busana di negara Tropis.

Kain Cupro Memiliki Kemampuan Penyerapan warna yang unggul

Dalam penyerapan warna kain cupro lebih unggul dibandingkan kain katun maupun viscose. Hal ini karena serat cupro pada kain bemberg memiliki banyak saluran air yang sangat kecil dan terdapat daerah non-kristal, sehingga membuatnya cepat menyerap bahan pewarna. Bahkan kain ini sekarang digemari untuk bahan kain ecoprintshibori, bahkan pembuatan motif batik dengan warna-warna alami.

Ketiga kelebihan diatas yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan kain dari serat cupro ini, dengan kain yang menyerupai sutra dan memiliki kelebihan-kelebihan katun, kain cupro kini tidak lagi dipandang sebelah mata. Yah, dengan harga di bawah kain sutra, kita bisa mendapatkan spesifikasi yang hamper mirip dengan kain sutra itu sendiri. Bahkan ada beberapa komunitas yang lebih menyukain jenis kain ini di banding kain jenis lainnya. Kain ini memang cocok diaplikasikan dalam segala macam kebutuhan fashion dari linning, tradisional wear, pakaian dalam, pakaian olahraga bahkan untuk kebutuhkan home textile. 

Untuk memenuhi kebutuhan akan kain cupro atau kain bemberg ini, BahanKain.com kini sudah ditunjuk sebagai distributor utama kain cupro dengan lisensi dari Asahi Kasei Jepang, mereka adalah perusaahan yang telah sukses mengembangkan serat cupro menjadi serat bahan kain dengan brand “Bemberg”.

Dapatkan Berbagai produk Kain Bemberg di BahanKain.com




Baca Juga

Penggolongan Motif Batik : Motif Geometris & Non Geometris
 
Mungkinkah Sampah Makanan di Bikin Tekstil?
 
Masker Kain, Solusi Alternatif Cegah Virus Corona