Stylexpo

Tips Menyetrika Kain Sesuai Jenisnya

BahanKain.com - Setrika baju sering disepelekan oleh kebanyakan orang. Padahal menyetrika baju haruslah disesuaikan dengan jenis kain dari baju tersebut. Tentunya dengan tekhnik menyetrika yang berbeda-beda mampu membuat pakaian kita menjadi lebih tahan lama, ce­­­pat halus dan tentunya menambah menghemat waktu dan juga tenaga kita.

Berikut merupakan tips untuk menyetrika baju sesuai jenis kainnya:

  1. Kain Katun dan Linen

Bahan pakaian yang terbuat dari katun mempunyai tingkat kekusutan yang tinggi. Hal ini kadang membuat kita jengkel saat menyetrikanya, karena akan susah untuk halus dan terlihat cepat kusut lagi.

Tipsnya yaitu:

Percikan air ke permukaan pakaian berbahan katun, lalu gulung dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu baru disetrika dengan arah sesuai serat kain.

Untuk jenis pakaian yang dihiasi dengan payet, usahakan menyetrika dengan alas handuk dan jangan di beri tekanan yang berlebih.

Lalu untuk jenis pakaian yang mempunyai lipatan , taruh jepit ditiap lipatan dan gosok diatas lipatan tersebut.

  1. Kain Damask

Kain damask merupakan kain dengan pola/pattern reversible yang terbuat dari sutra, wol, linen, katun atauun serat dintetis, dimana pola/pattern yang terbentuk berasal dari proses tenun. Kain Damask yang akan kita bahas adalah jenis kain yang digunakan untuk taplak meja atau perlengkapan rumah tangga.

Cara menyetrika jenis kain ini adalah hanya disetrika bagian depannya saja, karena hal ini akan membuat kain tapalak meja atau perlengkapan lainnya menjadi tampak berkilat.

  1. Kain Beludru

Kain beludru merupakan kain yang memiliki permukaan berbulu bulu halus sama rata.

Untuk merawat kain ini supaya bulu-bulu pada permukaannya tetap terjaga, menyetrikalah hanya dibagian dalam kain saja.

Ketika dalam keadaan basah, keringan dengan alat pengering atau cukup diangin-anginkan saja. Dan usahakan biarkan bulunya mengering dengan sendirinya.

  1. Kain Sutra

Kain Sutra merupakan kain alam yang mewah, halus, mudah robek dan terkena noda. Bahkan untuk mejga kain mahal ini banyak yang mengatakan sebaiknya di bawa ke jasa cuci professional. Namun sekarang Anda bisa menyetrika pakaian sutra dirumah dengan aman.

Sebelum menyetrika kain sutra, pastikan keadaan tapak setrika Anda bersih dari noda dan saat menyetrika beri alas kain katun putih bersih, karena kain katun dapat menghalangi warna kain lain untuk melunturi sutra Anda. Atur suhu setrika pada suu paling rendah dan jangan lupa ketika menyetrika balik bagian dalam sutra keluar. Sisi ini merupakan sisi yang tidak berkilau. Saat menyetrika, jangan pernah membiarkan setrika diam di satu tempat terlalu lama. Dan yang terpenting, ketika sudah seleasi, cukup digantungkan dan jangan dilipat, karena akan meninggalkan bekas lipatan pada pakaian Anda.

  1. Bahan Ployester

Beda kain kain menentukan cara merawat dan menyetriknya. Hal ini juga berlaku pada bahan polyester. Bahan polyester merupakan bahan yang terbuat dari biji plastik olahan bumi, sehingga bahan ini tidak tahan terhadap panas.

Saat menyetrika pakaian dengan bahan ini, sebaiknya menggunakan suhu rendah dan jangan lupa untuk selalu menggunakan alas setrika yang cukup empuk.

  1. Bahan Denim

Bahan denim merupakan bahan yang biasa dugunakan untuk membuat celana jeans yang terbuat dari kain katun yang bertekstur kasar. Tentunya ada tips tersendiri untuk menyetrika bahan denim.

Ketika mulai menyetrika bahan ini, usahakan jangan terlalu panas atau cukup di suhu 60 derajat celcius, karena panas suhu setrika akan merusak serat yang ada pada bahan tersebut dan setrika pada bagian dalam kain.

Hindari setrika saat bahan denim basah atau lembab, karena hal ini akan memancing munculnya jamus dan membuat bahan denim cepat lapuk.

Nah…diatas merupakan beberapa tips menyetrika yang bisa kita lakukan dirumah. Selain mengehmat tenaga dan waktu, tentu kita bisa juga menghemat biaya untuk membayar jasa professional setrika ataupun beli baju baru setiap saat.

Jadilah pribadi yang cerdas untuk memberi inspirasi pada orang lain meskipun itu sesederhana mungkin.

Selamat mencoba .


WhatsApp Kami