Stylexpo

Mengenal Model dan Jenis Kaos (T-Shirt)

BahanKain.com - Bagi sebagian besar pria yang mempunyai gaya simple dan casual, kaos merupakan pilihan yang tepat bagi mereka untuk gaya pakaian sehari-hari. Kaos mempunyai gaya yang mudah dipadu padankan dengan jenis bawahan apapun dan sangat nyaman untuk digunakan.  Jenis model kaos  sangat banyak kita jumpai di pasaran, mulai dari harganya, jenisnya, warnanya,  dan kain yang digunakan. Hal ini yang makin mempermudah para kaum adam untuk mengaplikasikannya dalam gaya busana mereka.

Kaos juga dikenal dengan sebutan T-shirt (tee shirt atau tee). Sebutan ini merupakan sebutan pada sebuah pakaian yang dikenakan oleh pria dan wanita yang diambil dari bentuk badan dan lengan yang menyerupai huruf T. T-shirt umumnya terbuat dari bahan yang ringan, terjangkau dan mudah dibersihkan. Salah satu jenis bahan kaos yang paling populer adalah jenis bahan kaos katun combed.

Macam Model Kaos

Saat pertama kaos muncul didunia fashion, pakaian ini hanya mempunyai satu jenis model, yaitu pakaian tanpa kerah dengan model  leher bulat, berlengan pendek, dan berwarna putih yang biasa digunakan sebagai pakaian dalaman oleh Angkatan Laut AS pada saat perang antara Spanyol dan Amerika pada tahun 1898 – 1913. Namun pada awal cuaca tropis dan mulai digunakannya kapal selam, penggunaan kaos mulai umum digunakan sebagai pakaian luar ketika para pria tidak menggunakan seragam mereka.

Karena kepraktisannya, kaos mulai digunakan oleh banyak kalangan  dan tidak lagi digunakan sebagai pakaian dalam. Dan inilah yang menyebabkan banyak muncul model kaos dengan lengan panjang.

Berjalannya waktu, kaos tidak hanya dalam lengan pendek dan lengan panjang saja, namun lebih ke model kerah yang lebih bervariasi.

Berikut merupakan macam model kaos yang sering digunakan.

  1. Kaos Crew Neck

jenis kaos crew neck

Kaos crew neck atau crew neck tee ini merupakan jenis kaos yang dengan model garis leher bulat tanpa kerah dan biasanya berlengan pendek. Biasanya kita menyebut kaos ini dengan nama Kaos Oblong. Kaos ini wajib di miliki oleh semua pria dibelahan bumi manapun, karena menjadi sebuah pakaian yang sangat nyaman digunakan. Kaos jenis ini biasanya terbuat dari bahan katun yang dingin dan mampu menyerap keringat dengan baik.

  1. Kaos V Neck

Kaos V Neck

Kaos V Neck merupakan model kaos dengan kerah berbentuk huruf V dibagian depannya. Kaos ini menjadi pilihan yang semakin popular dikalangan pria dewasa. Sebut saja actor seperti Ryan Gosling dan Robert Pattinson sering menggunakan kaos ini dalam acara-acara yang mereka kunjungi, hanya dengan dipadupadankan dengan jas casual. Bahan yang sering digunakan sama dengan pembuataan kaos crew neck, bedanya hanya pada jenis kerahnya saja.

  1. Kaos Turtle Neck

kaos turtle neck

Kaos Turtle Neck mempunyai perbedaan dengan kaos pada umumnya dari segi kerah yang diusungnya. Kaos ini mempunyai bentuk lobang kerah bulat dengan ribs yang memanjang mendekati kerongkongan, dan biasanya berlengan panjang. Jenis kaos ini cocok digunakan pada saat musim dingin.

Fungsi kaos turtle neck selain untuk menghangatkan leher saja, tapi kaos ini juga sangat serasi dipadu padankan sebagai dalaman untuk jas atau blazer.

  1. Kaos Ringer Neck

kaoss ringer neck

Kaos Ringer Neck mempunyai posisi sebagai kaos yang sangat keren dengan model kerah dan lengan yang matching. Kaos ini mempunyai tambahan layer pada bagian kerah dan lengan dengan warna dan bahan yang berbeda. Tepat digunakan dengan model celana chino atau celana khaki. Saat menggunakan kaos ini, tidak perlu menggunakan luaran (layer) lagi, karena malah akan menutup detail yang ada pada kerah dan lengan.

  1. Kaos Raglan

jenis kaos reglan

Kaos Raglan merupakan kaos yang mempunyai potongan warna yang berbeda antara badan dan lengan. Selain itu, jahitan yang menyatukan antara badan dan lengan berbentuk miring antara ketiak sampai leher disebelah bahu. Kaos jenis ini mempunyai panjang lengan yang bervariasi, dari pendek, 3/4 sampai dengan panjang. Untuk jenis kerahnya biasanya berbentuk bulat.

  1. Kaos Polo

jenis kaos polo

Kaos polo merupakan jenis kaos yang mempunyai kerah dan kancing dibagian depan. Kancing yang digunakan biasanya bervariasi antara 2 atau 3. Kaos Polo dikenal dengan nama Kaos Golf. Kaos Polo hanya bisa didesain dengan rajutan atau bordir, mengingat bahan dasarnya yang berpori. Dan dari segi harga, kaos jenis mempunyai harga relative lebih mahal dari kaos lainnya.

  1. Kaos Henley

jenis kaos henley

Kaos jenis ini merupakan kaos tanpa kerah dengan ciri memiliki placket dibawah kerah dengan panjang diantara 8 – 13 cm dan biasanya mempunyai kancing antara 2 – 5 buah kancing. Kaos ini memiliki bentuk mirip dengan Kaos Polo, hanya saja tidak memiliki kerah.

Bagaimana dengan beberapa jenis kaos yang kita sebut diatas? Sudah ada gambaran dong mau menggunakan kaos jenis apa atau memberi hadiah model kaos yang bagaimana. Dan tentunya, kita jadi lebih paham kaos yang kita punya mempunyai jenis dengan nama yang bagaimana.

So….jangan ragu untuk memainkan gayamu. Bergayalah untuk diri kamu sendiri bukan untuk orang lain, maka kamu akan lebih nyaman dan happy.

Butuh Bahan Kaos? Cek di katalog produk kami :)


WhatsApp Kami