Stylexpo

Mengenal Bahan Kain Drill / Kain Twill

BahanKain.com – Taukah anda apa itu bahan kain drill atau disebut juga dengan kain twill? Kata twill atau drill tentu sudah tidak asing lagi untuk sahabat BahanKain yang biasa berkutat  dalam dunia fashion dan konveksi. Hal ini dikarenakan banyak nama dagang kain yang menggunakan istilah kain twill, seperti bahan kain untuk seragam, bahan jaket dan bahan celana. Salah satu contoh sederhana dari kain twill adalah bahan celana chinos. Celana yang kini tengah popular dikalangan anak muda itu sebenarnya salah satu jenis dari kain jenis twill.

Apa itu Kain Drill / Twill?

Twill sendiri sebenarnya merupakan salah satu Teknik dalam penenunan kain (ayaman kain).  Anyaman twill sendiri merupakan salah satu jenis anyaman dasar. Didunia tekstil, twill disebut juga dengan istilah anyaman keper dan disebut juga dengan drill. Secara sederhana anyaman twill adalah Teknik anyaman kain dengan benang lusi dan pakan yang saling bersilangan sehingga membentuk efek lusi bergaris miring.

Oleh karena itu untuk membedakan antara kain twill dengan non twill sebenarnya sangat mudah. Amati saja anyaman pada kain apakah alur penenunan miring atau tidak. Jika miring berarti kain tersebut dibuat dengan anyaman twill dan bisa dikatakan kain twill.

Secara umum jenis anyaman twill yang sering kita jumpai adalah anyaman twill 2/1 dan 3/1.

Perbedaan Twill 2/1 dan 3/1

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, jenis anyaman twill paling umum adalah twill 2/1 dan 3/1, lalu apa perbedaan kedua anyaman tersebut? Perbedaan yang sangat terlihat adalah tekstur anyaman miring twill 3/1 akan lebih terlihat di­bandingkan dengan anyaman twill 2/1. Perbedaan kedua adalah sudut kemiringan untuk anyaman 3/1 akan lebih miring dibandingkan 2/1.

Apa itu Kain Twill Katun?

Setelah kita sudah mengulas definisi apa itu bahan twill, tentu saja sahabat BahanKain sudah bisa menjawab sendiri pengertian apa itu kain twill katun. Secara umum Kain twill katun merupakan jenis bahan twill/ drill yang terbuat dari bahan katun/cotton. Jadi semua jenis twill yang dibuat dari bahan katun bisa disebut katun twill. Definisi tersebut mengacu pada jenis anyaman dan material kain.

Penggunaan Kain Drill/Twill

Kain drill atau twill biasa digunakan untuk semua produk, mulai dari fashion, home décor sampai home textile bisa menggunkaan kain ini. Dan jenis kain paling popular digunakan untuk kebutuhan fashion seperti untuk seragam dan bahan celana.

Bahan Twill untuk Celana

Seperti yang sudah kita singgung diatas, salah satu contoh kain twill untuk celana adalah bahan chinos / chino. Bahan kain yang popular untuk celana pria kasual ini biasanya memiliki sedikit campuran spandex sehingga memiliki sedikit sifat elastis. Contoh kedua bahan celana dari bahan twill adalah denim atau jeans.

Bahan Twil/Drill untuk Seragam

Untuk jenis yang satu ini tentu saja Anda sudah tidak asing lagi. Berbagai merek seperti nagara drill, America drill sudah lama terkenal sebagai bahan seragam.

Nah itu dia penjelasan secara umum tentang apa itu bahan kain drill atau yang disebut juga kain twill. Tentunya menjadi tambahan info lagi dong mengenai kain yang beredar di pasar tekstil, walaupun SahabatKain pasti lebih paham mengenai kain yang satu ini.

Semua kain memang mempunyai karakteristk, ciri dan kegunaan masing-masing. Asal kita tau secara umum aja, pasti kita ga akan bingung dalam menentukan pilihan. Selamat berkarya Sahabat BahanKain.


WhatsApp Kami