Tips Memilih Hijab Segi Empat

Tips Memilih Hijab Segi Empat

Hijab segi empat memamng mendapatkan posisi sebagai model hijab favorit dikalangan para hijabers dari usia muda hingga dewasa. Dengan bentuk yang simple hijab ini sangat mudah untuk digunakan dan dapat dikreasikan sekreatif mungkin dengan padu padan aksesoris lainnya. Namun, perlu diperhatikan  juga dalam memilih hijab model segi empat ini supaya terlihat menawan dan sholehah.

Pengertian Hijab Segi Empat

Hijab Segi empat merupakan model hijab paling simple yang mempunyai ukuran panjang sama di keempat sisinya. Hijab segi empat kerap dijadikan pilihan karena bahan dan model yang sangat mudah dimodifikasikan namun terlihat modis dan kekinian. Selain itu, model segi empat sangat mudah ditemukan hampir disemua toko fashion ataupun hijab dan harga yang ditawarkan masih tergolong ekonomis. Alasan itulah yang menyebabkan hijab segi empat masih menjadi incaran dan favorite bagi wanita muslimah.

Pilihan Kain Hijab Segi Empat

Keistimewaan lain dari hijab segi empat adalah banyakanya variasi bahan dan motif yang dijual dipasaran. Berikut beberapa bahan yang bisa menjadi pilihan para wanita muslimah untuk memilih hijab segi empat.

  1. Bahan Paris

Bahan kain paris mempunyai karakter tipis dan cocok digunakan sebagai bahan pembuatan hijab segi empat. Hijab segi empat berbahan kain paris terdapat dua macam yaitu paris rayon dan juga paris katun.

  1. Bahan Sutra

Bahan kain sutra dikenal sebagai bahan terbaik kain yang mempunyai banyak kelebihan. Bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik dan adem ketika digunakan, jadi menambah kenyamanan para wanita muslimah dalam mengenakan hijab. Jenis hijab dengan bahan sutra juga memberikan kesan eklusif bagi pemakainya.

  1. Bahan Chiffon

Chiffon merupakan kain yang memiliki karakteristik ringan, lembut, transparan serta tidak mudah kusut. Pemilihan bahan ini untuk digunakan sebagai hijab harus dibarengi dengan penggunaan inner hijab karena bahannya yang tipis.

  1. Bahan Satin

Salah satu bahan hijab yang memiliki karakteristik lembut, halus, mengkilap dan tidak mudah kusut adalah kain satin. Bahan satin juga merupakan bahan yang menjadi pilihan dalam bisnis digital printing. Salah satunya produknya adalah satin velvet yang mempunyai harga ekonomis.

  1. Bahan Voal

Bahan voal merupakan bahan kain yang tipis, yang terbuat dari material 100% katun yang mempunyai kenyamanan yang baik karena mempunyai daya serap yang tinggi. Hijab dengan material kain voal mempunyai tingkatan lebih baik daripada hijab dengan material kain paris. Kini kain voal sudah tersedia dalam material 100% polyester dan biasa digunakan untuk jilbab digital printing.

  1. Bahan Hycon

Hijab dengan material hycon sangat cocok digunakan pada saat msim panas. Dengan karakteristik bahan jatuh, dingin, dan tidak mudah kusut, hijab ini banyak dipilih untuk dipakai sehari-hari.

Ukuran Hijab Segi Empat

Ukuran hijab segi empat mempunyai banyak macam, mulai dari 100 x 100 cm hingga 150 x 150 cm. Tips bagai wanita yang mempunyai tubuh mungil, baiknya memilih menggunakan hijab segi empat yang ukurannya cenderung kecil. Hal ini untuk menghindari kesan tubuh tenggelam ketika menggunakan hijab yang terlalu besar.

Sedangkan untuk para wanita yang memiliki ukuran tubuh cenderung tinggi baiknya memilih ukuran hijab yang besar.

Warna dan Motif Hijab Segi Empat

Dalam pemilihan warna dan motif, para wanita muslimah harus pandai dalam memadu-madankan baik dengan aksesoris liannya atau pakaian yang dikenakan. Tidak hanya itu, warna hijab ada baiknya disesuaikan dengan warna kulit supaya lebih sempurna.

  1. Untuk pemilik kulit warna sawo matang, akan lebih cocok mengunakan hijab dengan warna-warna gelap, seperti haitam, marun, hijau tua, dll.
  2. Untuk pemilik kulit gelap, supaya dapat tampil dengan kesan cerah dan tidak kusam, cocok menggunakan hijab dengan warna-warna terang seperti merah, pink, kuning atau biru muda.
  3. Untuk pemilik warna putih, hindari penggunaan hijab warna terang untuk menghilangkan kesan pucat.
  4. Untuk pemilik kulit kuning langsat, lebih cocok menggunakan hijab dengan warna terang dan hindari menggunakan hijab dengan warna coklat muda atau gold, karena akan memberikan kesan kusam.

Untuk motif hijab segi empat sendiri hadir dengan variasi yang lengkap, dari kotak, bunga, abstrak, polkadot dan masih banyak motif yang ditawarkan oleh para produsen hijab.

Motif hijab yang terkesan ramai atau penuh, ada baiknya lebih minim atas padu padan atau menggunakan pakaian yang cocok.

Pemakaian Hijab Segi Empat

Berikut beberapa tips  pemakaian hijab segi empat disesuaikan dengan jenis muka pemakainya.

  1. Hijab Segi Empat untuk Wajah Bulat

Foto: Instagram @nabilahcil

Foto: Instagram @nabilahcil

Untuk wajah bulat, baiknya menggunakan hijab segi empatyang dibuat agak longgar. Penggunaannya bisa dipadu-padankan dengan inner jenis ciput ninja. Hal ini akan memberi kesan orang lain untuk tidak focus pada bentuk muka yang bulat. Bahan yang cocok untuk hijab ini adalah bahan yang tipis seperti chiffon atau crepe, sehingga tidak menambah muka menjadi lebih lebar.

  1. Hijab Segi Empat untuk Wajah Oval

Gambar: malangtoday.net

Bagi pemilik wajah oval memang dianggap wajah paling aman dalam menggunakan segala jenis model hijab. Wajah ini memang merupakan wajah dengan bentuk yang dianggap paling ideal. Untuk berkreasi dengan hijab segi empat hanya perlu memperhatikan perpaduan antara warna, motif, aksesoris dan pakaian yang dikenakan.

  1. Hijab Segi Empat untuk Wajah Kotak

Bagi pemilik wajah kotak, lebih cocok menggunakan hijab yang domodel dengan bentuk rounded shape atau membulat. Bentuk seperti ini akan menyamarkan garis-garis tajam dibawah area muka dan membuat dahi telihat oval. Bahan yang cocok digunakan adalah bahan-bahan yang kaku atau dari bahan katun. Kesan muka lebih tirus akan tercipta.

Untuk inner, baiknya menggunakan warna gelap yang memanjang dari dagu ke bawah.

  1. Hijab Segi Empat untuk Pipi Chubby

Pipi chubby merupakan wajah yang imut yang banyak membuat orang tertarik untuk melihatnya. Untuk pemilik pipi chubby coba gunakan bahan hijab dari chiffon atau bahan yang tipis namun kaku.

Pemilik pipi chubby akan semakin terlihat cantic dengan memadukan inner yang menutup bagian bawah telinga.

Untuk hijab yang lebih style, gunakan hijab dengan kreasi yang simple dan tonjolkan pipi chubbynya. Karena pipi chubby mempunyai daya tarik yang sempurna.

  1. Hijab Segi Empat untuk Muka Lonjong

Untuk pemilik muka lonjong, mempunyai banyak variasi dalam membentuk hijab yang akan dikenakan. Salah satunya melalui style hijab tumpuk atau  lilitan dengan menggunakan bahan hijab yang sedikit tebal. Bagi pemilik rambut panjang bisa digelung dibelakang untuk lebih menyempurnakan tampilan hijabnya.  Style seperti ini akan memberikan kesan wajah menjadi sedikit oval.

Pemakaian hijab tidak hanya melulu harus mengikuti trend yang ada, tapi lebih pada niat untuk ibadah. Kenyaman yang paling utamalah yang haris dipegang sebagai prinsip dasar. Berhijab dengan lebih nyaman, simple namun modis untuk menemani hari-hari kamu. Untuk jenis-jenis jilbab bisa di baca di artikel : Jenis Jilbab yang Wajib diKetahui Hijabers 

 


Baca Juga

Kain Pelapis Funiture Ramah Lingkungan
 
“Katun Sari” Bahan Kain Scarf Terbaik untuk Ecoprint maupun Batik
 
1000 Sarong di Event Jogja Heboh