Mengenal Bahan Ceruti

Mengenal Bahan Ceruti

Kain ceruti merupakan kain yang mempunyai tekstur mirip dengan sifon. Bahkan kain ini bisa dikatakan sebagai kain turunan dari kain sifon. Walaupun kain ini mmepunyai permukaan yang mirip dengan kulit jeruk, namun kain ini tetap halus ketika diraba. Bahkan kain ini lebih halus disbanding kain sifon sendiri. 

Selain dalam hal tekstur yang halus, kain ini jika dirasa lebih elastis dan lembut dibanding kain sifon. Dan kain ini mampu menimbulkan kesan jatuh ketika digunakan. Namun kehebatan kain ini ketika terkena angina tidak akan mudah melayang.

Karakteristik Kain Ceruti

  1. Memiliki permukaaan mirip kulit jeruk sehingga kain ini tidak begitu merata dan halus. Namun jika dibandingkan dengan kain yang mempunyai permukaan bitnik, kain ceruti masuk ke dalam kelas yang halus ketika diraba.
  2. Terdapat serat membetuk suatu gelombang seperti kabut dan awan. Hal ini dapat dilihat dengan cara diterawang.
  3. Lembut dan elastis sehingga banyak orang yang memilih bahan ini antara lain untuk pembuatan gamis, jilbab, scraft ataupun pashmina. Apalagi kain ini mudah untuk dibentuk.
  4. Ringan sehingga ketika diaplikasikan dalam sebuah busana atau gamis akan terlihat efek jatuh namun tidak melayang.

Jenis Kain Ceruti

Kain ceruti mempunyai jenis yang bisa dikatakan beragam. Berikut merupakan jenis kain ceruti yang ada dipasaran:

  1. Kain Ceruti Georgette

Kain ini biasanya digunakan untuk bahan jilbab. Pemilihan ini dikarenakan kain ini mirpi dengan kain ceruti premium yang mmepunyai tekstur halus dan nyaman digunakan sehari-hari. Selain lembut, kain ini juga lentur sehingga mudah dibentuk.

Kain ceruti georgette merupakan kain yang flowly dan jatuh, sehingga mengikuti lekuk tubuh pemakainya.

  1. Kain Ceruti Premium

Kain yang satu ini biasanya digunakan dalam pembuatan gamis ataupun jilbab. Kain ceruti premium terbilang kain yang sedikit menerawang, namun tekstur kain yang dimiliki tidak mudah pecah ketika dijahit dan tetap kuat. Kain ini  lembut dan halus, dan tentunya flowly.

  1. Kain Ceruti BabyDoll

Kain ceruty babydoll memiliki karakteristik  yang tidak midah kusut. Kain ini cenderung lentur dan sangat nyaman digunakan. Bahkan banyak yang menganggap kain ceruti baby doll sebagai kain yang sangat lembut, transparan dan tidak mengkilap. Namun dari sisi kekurangannya, kain ini tidak mudah menyerap keringat dengan baik.

  1. Kain Ceruti Diamond

Kain ceruti diamond bisa disebut juga dengan kain diamond italiano. Ciri dari kain ini adalah ringan, mudah dibentuk. Melar, sejuk dan tidak lici. Namun sperti kain ceruti pada umunya, kain ini mempunyai permukaan yang tidak begitu rata namun tetap lembut ketika disentuh.

  1. Kain Ceruti Ultimate

Kain ceruti ultimate mempunyai ciri yang hampir sama dengan kain ceruti jenis lainnya. Kain ini mempunyai harga yang terjangkau, dan tentunya kain ini cocok diaplikasikan dalam pembuatan jilbab, gamis, rok dan pashmina.

  1. Kain Ceruti Amunzen

Untuk jenis ceruti ini, biasa diaplikasikan sebagai bahan pembuatan cadar. Dan dari kain ceruti jenis kainnya, kain ini dianggap yang paling udah menyerap keringat, jadi kain ini akan tetap sejuk digunakan meskipun suhu sedang panas. Kesan jatuh dan menerawang juga menjadi ciri dari kain ceruti amunzen.

Kelebihan Kain Ceruti

Dengan permintaan pasar yang besar akan kain ceruti membuktikan kain ini memang dimintai banyak orang dengan berbagai kelebihannya. Berikut kelebihan dari kain ceruti:

  1. Elegan

Elegan memang menjadi pilihan orang dalam menggunakan bahan yang satu ini. Kesan jatuhlah yang membuat kain ini tampak mewah ketika digunakan sebagai bahan busana ataupun gamis.

  1. Semi Premium Namun Terjangkau

Kain dengan jenis geogette hingga diamond merupakan bahan kain semi premium dengan tampilan yang cantik dan terkesan klasik. Namun harga yang ditawarkan dipasaran untuk produk ini mampu dijangkau oleh hampir semua kalangan.

  1. Tidak Mudah Melar

Kain ceruti mempunyai kelebihan tidak mudah melar. Hal ini dikarenakan bahan kain yang tergolong kuat namun lembut.

  1. Mudah Perawatan

Kain ceruti merupakan kain yang sangat mudah dicui tanpa syarat tertentu, bahkan kain ini tidak mudah luntur ataupun berubah warna. Namun lebih baik mencuci kain inn dengan menggunakan tangan dan hindari penggunaan mesin cuci.

  1. Tipis Tapi Kuat

Kain ceruti mempunyai tampilan tipis namun mempunyai kakuatan yang baik. Bahkan kain ceruti dikenal tidak mudah robek dan tidak mudah rusak meskipun sering digunakan.

  1. Bahan Tidak Panas

Kelebihan terakhir yang akan kita bahas adalah bahwa bahan ceruti merupakan bahan yang tidak terasa panas ketika dipakai, walaupun ada jenis dari kain ceruti yang bisa dikatakan panas, namun tidak semuanya.

Kekurangan Kain Ceruti

Selain memiliki kelebihan, tentunya kain ceruti memiliki kekurangan. Berikut kekurangan dari kain ceruti:

  1. Tipis

Kain ceruti mempunyai tampilan yang tipis, sehingga membutuhkan kain tambahan jika digunakan sebagai busana terlebih untuk bahan pembuatan gamis.

  1. Mengkerut

Kain ini mudah mengkerut ketika disetrika, hal ini dikarenakan kondisi kain ceruti yang tipis sehingga kemampuan menahan panas sedikit berkurang dan mudah terbakar.

Untuk bahan ceruti memang menjadi pilihan dalam pembuatan jilbab, rok, gamis, dan busana. Namun tetap harus diingat jenis ceruti mana yang lebih cocok diaplikasikan dalam bentuk fashion yang mana.


Baca Juga

Jenis-Jenis Pengujian Kain
 
Bahan Kanvas Terpal, Kain Kuat dan Tahan Air
 
Kain Ceruti Babydoll, Bahan Kain Khimar & Gamis