Linen F&B: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Linen F&B: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Berbicara mengenai linen hotel, tentu sebgaian besar dari kita sudah paham betul kenyamanan dan kemewahan yang diusung oleh produk-produk hotel yang berbahan dasar kain ini. Linen Hotel memang merupakan sebutan bagi produk-produk hotel yang berbahan dasar kain. Produk-produk yang digunakan untuk operasional hotel yang berinteraksi langsung dengan karyawan dan tamu hotel secara intens.

Secara umum, terdapat 2 jenis linen hotel, yaitu linen F&B (Food and Beverages) dan Linen Housekeeping. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail mengenai linen F&B yang digunakan hotel.

Pengertian Linen F&B

Linen F&B adalah produk hotel yang berbahan dasar kain yang digunakan untuk operasional penyediaan makanan dan minuman. Produk kain yang digunakan pada operasiona F&B umumnya harus dipilih dengan baik sesuai dengan fungsinya masing-masing. Penggunaan material yang tepat dan sesuai fungsinya akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi karyawan maupun tamu saat proses operasional. Fungsi lainya yang didapat diperoleh dari penggunaan material kain ini adalah soal estetika. Linen F&B digunakan juga sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan makan dan minum.

Jenis Linen F&B

Berikut adalah jenis-jenis linen F&B  yang umum digunakan di hotel

  1. Table Cloth

table cloth

Merupakan peralatan hotel yang berbahan terbuat dari bahan kain yang mudah menyerap air yang difungsikan untuk penutup meja dan juga mempercantik tampilan meja makan.

Pada umumnya table cloth berbentuk bulat, kotak dan persegi panjang dengan ukuran yang beragam tergantung permintaan dari hotel itu sendiri.

  1. Moelton / Silence Cloth

Untuk yang satu ini merupakan kain yang terbuat dari bahan yang mempunyai daya serap yang baik, dengan ukuran lebih kecil dari table cloth dan biasa digunakan untuk menutup meja sebelum dipasang table cloth.

Funsi dari moelton adalah:

  • Menahan bunyi dari peralatan yang diletakan diatas meja sehingga tidak menimbulkan suara yang gaduh
  • Menahan panad dari barang-barang sehingga permukaan meja tidak cepat rusak
  • Menahan table cloth tidak mudah bergeser atau tergelincir
  • Untuk menyerap cairan yang tumpuh sehingga tidak mengenai tamu.
  1. Napkin

napkin hotel

Napkin atau serbet makan digunakan tamu untuk membersihkan sisa-sisa makanan ditangan ataupun dimulut.

Napkin terbuat dari bahan yang mudah menyerap air namun ada juga yang terbuat dari bahan kertas (Napkin Paper).

Fungsi Napkin:

  • Untuk menghias meja dengan berbagai lipatan yang kreatif.
  • Untuk membersihkan tangan dan mulut waktu dan sehabis makan.
  • Untuk menutup pangkuan sewaktu makan agar tidak terkena makanan/sauce yang jatuh dan mengenai baju.
  • Sebagai isyarat ketika Napkin dilipat dan lipatan tertentu.
  1. Table Mat / Doily Mat

Table mat merupakan alas untuk piring yang digunakan perorangan  yang berfungsi sebagai pengganti bila meja tidak menggunakan table cloth serta ingin menampikan keindahan meja tersebut. Bahan yang biasa digunakan bisa menggunakan kain, kertas, ataupun rotan plastic.

  1. Buffet Cloth

Taplak meja ini dikhususkan untuk prasmanan. Ukuran buffet cloth lebih besar dibanding table cloth dan disesuaikan dengan meja yang akan digunakan.

  1. Skirting / Table Skirting

Table skirting digunakan untuk menutup keliling bagian samping meja prasmanan (buffet cloth) sehingga meja terlihat rapi dan indah dengan berbagai lipatan yang dibuat kreatif. Bahan yag biasa digunakan adalah kain satin.

  1. Glass Towel

Glass towel digunakan untuk mengelap semua peralatan restoran yang akan digunakan untuk menata meja makan maupun untuk melengkapi persediaan peralatan di side board.

Produk linen F&B diatas hanya beberapa saja, karena masih banyak jenis lainnya yang digunakan dan pada umumnya penempatannya berada pada restoran, bar, lounge dan pada tempat-tempat yang terkait pada makanan dan minuman. Untuk menghadirkan kenyamanan dalam operasioanl F&B, pihak hotel haruslah tepat dalam memilij material yang akan digunakan.


Baca Juga

Tips Memilih Kain Berkualitas
 
Cara Membuat Desain Motif Batik
 
Mengenal Kain Tulle atau Tille