Ini Dia Empat Motif Batik Belitung Paling Populer

Ini Dia Empat Motif Batik Belitung Paling Populer

Bahankain.com - Jika ada pertanyaan tentang daerah penghasil batik, tenun yang terbesit dikepala dikata hanya daerah di pulau jawa saja. Sapa sangka Pulau Belitung yang berada di pantai timur pulau Sumatra ternyata juga memiliki pesona motif batik yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

Dari sisi history memang Belitung tidak memiliki kisah sejarah yang kental tentang batik, namun geliat UMKM mengembangkan Motif batik khas Belitung tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan beberapa motif batik khas Belitung sudah tercatat di HAKI, Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Motif-motif batik Belitung pada umumnya memiliki ciri menggunakan warna-warna cerah dengan motif flora dan fauna yang biasa ditemui di Pulau Belitung. Nah berikut ini empat motif batik paling popular di Bangka.

Motif Batik Daun Simpor Belitung

Deretan motif yang paling mudah ditemukan dan paling popular adalah motif batik daun simpor. Tanaman simpor sendiri merupakan tanaman endemik Pulau Belitung yang biasa dimanfaatkan untuk diolah menjadi sayuran maupun untuk bungkus makanan.

Motif daun simpor ini biasanya digambarkan sebagai daun berbentuk agak lebar dengan tulang-tulang daun terlihat jelas. Juga terdapat gerigi di pinggir daunnya. Makna atau filosofi dari motif batik ini adalah Kebijaksanaan dan Cinta Kasih.

Motif Batik Keremuning

Keremuning merupakan tumbuhan khas Belitung yang juga diusung menjadi motif batik yang menjadi ciri khas Belitung. Motif Batik Keremuning digambarkan berbentuk tumbuhan lengkap mulai dari daun, bunga dan buah kecil dengan ujung agak bulat di satu sisi, namun bergerigi menyerupai mahkota di ujung lainnya.

Motif Batik Ketuyut / Kantung Semar

Sesuai dengan Namanya, motif batik ini menggambarkan tanaman kantung semar.

Motif Batik Sahang

Motif batik ini menggambarkan daun dan buah sahang. Apa itu sahang? Sahang merupakan nama lain dari lada, rempah-rempah yang banyak dihasilkan di Belitung dengan kualitas terbaik di Indonesia. Motif batik sahang ini menggambarkan kemakmuran masyarakat Belitung.

Nah itu dia keempat motif batik khas Pulau Belitung, jika Anda berkunjung kesana jangan lupa membeli buah tangan kain batik khas Belitung.


Baca Juga

Mengenal Kain Waffle
 
Matras Protector, Alasan Menggunakan Pelindung Kasur
 
Mengenal Kain Dobby