9 Kegunaan Kain Kanvas

9 Kegunaan Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan jenis kain yang mempunyai serat tebal dengan sifat yang sangat kuat. Diawal kemunculan kain kanvas, hanya digunakan sebagai mesida melukis, namun perkembangan zaman menuntun kain kanvas untuk bahan kain yang multifungsi.

Kain kanvas adalah kain serbaguna dan baik untuk diaplikasikan sebagai produk indoor ataupun outdoor. Hal ini yang membuat pasar kanvas semakin ramai dari tahun ke tahun, dan ide kreatif dari kain kanvas bermunculan.

Berikut merupakan 9 Kegunaan Kain Kanvas yang sering digunakan para pelaku dunia kreatif dengan menggunakan bahan si kain multifungsi ini.

  1. Layar

Layar pada perahu awalnya terbuat dari kanvas meskipun hari ini, sebagian besar layar dibuat dari kain layar sintetis. Pembuatan layar untuk perahu memerlukan kain yang kuat dan juga tebal, dan hal inilah yang membuat pilihan jatuh di kain kanvas.

­

  1. Tenda

Kanvas merupakan kain yang mampu mempunyai fungsi yang sangat bagus sebagi tempat berlindung seperti tenda. Karena kekuatanya yang baik membuat kain menjadi  Kanvas bahan yang populer untuk pembuatan tenda dan perlengkapan berkemah lainnya.

  1. Tas

Dalam hal fahion, kanvas menjadi pilihan untuk bahan yang populer untuk digunakan dalam pembuatan segala jenis tas,dari tas jinjing (totebag) hingga ransel. Tas dari bahan kanvas  baik digunakan untuk penggunaan sehari-hari, hal ini didukung dari karakteristik kanvas yang tahan air dan tahan lama.

  1. Sepatu

Sepatu Kanvas dari kain kanvas biasanya mempunyai sifat fleksibel dan tahan lama, sehingga nyaman digunakan untuk alas kaki sehari-hari. Bahkan merk sepatu terkenal seperti Converse dan TOMS konsisten mneggunakan bahan kanvas dalam produksi produk sepatunya.  

  1. Kanvas Lukis

Kain Kanvas yang membentang di atas bingkai kayu merupakan perpaduan yang indah antara media lukis dengan lukisan itu sendiri. Pemilihan kain kanvas sebagai media lukis zaman dahulu karena dianggap murah dan dapat dibawa kemana-mana. Bahkan pada abad ke-15 – ke-16 merupakan puncak kepopuleran kanvas dijadikan sebagai media lukis para seniman.

  1. Backdrop

Didunia kreatif fotografi, para fotografer pun memanfaatkan kain kanvas sebagai backdrop. Kain kanvas yang dipilih untuk dijadikan backdrop biasanya mempunyai ketebalan lebih tipis dibanding kain kanvas lainnya. Hal ini mempunyai alasana, supaya mudah dibawa kemana-mana dan tentunya ringan. 

  1. Terpal

Pembuatan terpal berbahan kain kanvas saat ini juga marak dipasaran. Kain kanvas terpal dipilih karena mempunyai karakter kuat, tahan lama, dan mayoritas untuk jenis kanavas ini memliki kemampuan waterproof.

  1. Fashion

Tidak hanya sepatu dan tas, bahkan pakaian, jaket dan pakaian luar sering dibuat dari bahan kanvas. Kualitas yang tahan lama dan tahan air membuatnya bagus untuk bahanjaket. Bahkan jenis kain kanvas seperti baby canvas, merupakan kain kanvas yang lembut, sehingga akan nyaman ketika menempel ditubuh kita.  

  1. Furniture

Kanvas digunakan untuk melapisi furnitur karena kekuatan dan daya tahannya yang bisa digunakan berulang kali. Bahkan tak banyak juga yang menggunakan kain kanvas karena mempunyai kesan unik (untuik jenis kanvas tertentu).


Baca Juga

Digital Printing Vs Sablon
 
Jual Bahan Kain
 
Tips Membeli Kain Kiloan