Mengenal Macam Finising Jahit Kerudung / Hijab

Mengenal Macam Finising Jahit Kerudung / Hijab

Bahankain.com - Membuat kerudung atau jilbab cukup mudah dan simple, karena tidak seperti menjahit pakaian yang memerlukan pola-pola dalam pembuatan. Pembuatan kerudung mudah karena tinggal potong sesuai ukuran yang diinginkan dan tinggal di jahit atau di finish pada keempat tepian kain.

Dalam finising jahit kerudung terdapat beberapa Teknik model jahitan seperti jahit kelim, wolsum/neci, double line, rawis, eyelash dan laser cutting. Nah kali ini bahankain.com akan mengulas secara lengkap tentang 6 teknik finishing jahitan pada kerudung.

Jahit Kelim

Jahit kelim merupakan jenis jahitan lipatan untuk merapikan tepi kain (jahit tepi). Untuk jenis jilbab biasanya menggunakan keim bulat dengan menggunakan sepatu jahit rolled hem foot. Dengan jenis sepatu tersebut menghasilkan jahitan kelim yang kecil dan rapi.

Teknik jahit tepi sebenarnya bisa dilakukan tanpa alat bantu, hanya saja untuk menghasilkan jahitan yang rapi perlu skill khusus agar hasil maksimal.

wolsum/neci

jilbab jahit wolsum

Wolsum atau disebut juga neci merupakan Teknik mengunci pinggiran kain agar serat kain tidak lepas dan rapi. Untuk proses wolsum memerlukan mesin dan benang khusus.

Mesin jahit neci memiliki pisau khusus yang bertujuan untuk merapikan pinggiran kain sehingga hasil jahitan akan rapi.

double line

Double line atau double lipit merupakan Teknik menjahit yang bisanya digunakan untuk memperhalus jahitan pada tepi kain. Secara sederhanya Teknik jahitan ini sama dengan jahit tepi namun dia memiliki jahitan sejajar (double atau ganda) sehingga membuat kerudung lebih eksklusif.

Eyelash

Teknik finishing kerudung selanjutnya adalah Eyelash atau disebut juga sebagai jahit Zig Zag. Bentuk zig zag pada jahitan membuat Teknik ini digemari karena membuat sebuah motif tersendiri yang meningkatkan nilai tambah dari jilbab.

Rawis

jilbab rawis

Model rawis tentu saja sudah tidak asing lagi bagi sahabat hijaber. Model rawis merupakan model jilbab dengan tepian dibuat rumbai-rumbai sisir. Model rawis masih populer digunakan karena biaya yang mudah dan proses pengerjaan yang cepat. Tetapi, untuk model rawis hanya bisa digunakan untuk jenis-jenis kain tenun saja seperti katun erro, voal dan katun ima.

Jilbab Laser Cut

JILBAB LASER CUT

Hijab laser cut merupakan jenis jilbab yang dihiasi aplikasi membentuk seperti aksen potongan scallop pada bagian pinggir hijab. Efek potongan pada tepi jilbab menjadi ciri khas yang tidak bisa dituru jenis finishing lainnya.


Baca Juga

Mengenal Kain Baby Kanvas dan Karakternya
 
Mengenal Kain Shantung
 
Mengenal Pewarna Sintetis Untuk Batik