Standar Pengukuran Tubuh Bagi Penjahit

Standar Pengukuran Tubuh Bagi Penjahit

Bahankain.com - Untuk memastikan bahwa pakaian yang diinginkan sesuai dengan ukuran badan, maka perlu adanya pengukuran tubuh. Pada dasarnya pengukuran tubuh adalah kebutuhan untuk menentukan ukuran pola baju yang digunakan sebagai panduan dalam pembuatan pakaian.

Saat melakukan pengukuran, gunakalah meteran kain. Pastikan bahwa ketika pengukuran pita meteran rata dan tidak terlalu kencang atau longgar. Ketika diukur sebaiknya menggunakan busana yang pas di badan seperti baju senam atau kamisol. Karena hal ini sangat berpengaruh pada kenyamanan pakaian yang sudah jadi. Sebelum mengambil ukuran, pastikan orang yang akan diukur berdiri dengan posisi yang benar yaitu berdiri tegah lurus, tidak memiringkan badan dan tidak membungkuk.

Berikut bagian-bagian tubuh yang perlu diukur ketika akan membuat pakaian:

Dada

Lingkarkan meteran pita melalui bagian yang paling membusung dan diukur rata dari bagian muka ke bagian belakang melewati ketiak kanan dan ketiak kiri.

Pinggang

Pinggang terletak diatas pusar dan dibawah tulang punggung. Ketika pengukuran pada bagian ini, jangan menahan nafas. Karena hal ini sangat berpengaruh pada ukuran baju.

Pinggang Belakang

pengukuran ini dilakukan pada bagian tulang belakang sampai pinggang, sejajar dengan bahu.

Lebar Punggung

Meteran diletakkan dari garis tanda kerung lengan kiri sampai garis tanda kerung lengan kanan.

Pinggul

Berdiri dengan kaki terentang kurang lebih 15cm dan ukur pinggul terlebar. Biasanya diukur sekitar 17-25cm dibawah pinggang.

Pinggul Atas

ukur tepat di bawah pinggang dan tepat diatas diatas tulang pinggul untuk menghasilkan ukuran di perut.

Bahu

pita meter diletakkan mulai titik bahu pada leher tertinggi sampai titik bahu yang paling rendah pada ujung bahu bagian lengan.

Leher

ukur leher sesuai dengan model kerah baju yang ingin dibuat. Kerah yang diinginkan juga berpengaruh pada ukuran lingkar leher yang akan dibuat.

Lengan

Tekuk siku dan letakkan telapak tangan di pinggul. Ukurlah dari bagian tengah leher hingga ke pergelangan tangan dengan meletakkan meteran pita di atas bahu, turun kesiku, sampai ke pergelangan tangan.

Kaki Bagian Luar

untuk kaki bagian luar diukur dari pinggang hingga tumit atau sesuai keinginan si pembuat.

Kaki Bagian Dalam

ukur dari selangkangan hingga ke bagian belakang tumit atau sesuai keinginan.

 Lingkar Kerung Lengan

pita meter dilingkarkan pada sekeliling kerung lengan dari bahu melalui ketiak sampai titik bahu semula.

Tinggi Pinggul

Dengan posisi duduk diukur dari pinggang sampai dengan batas tempat duduk.

Itulah mengapa sebelum membuat baju perlu pengukuran tubuh terlebih dahulu. Karena pada dasarnya pengukuran tubuh sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pakaian setelah digunakan. Apalagi untuk desainer-desainer pakaian, modal utama tidak hanya materi saja namun harus mengerti bagaimana dan apa saja yang perlu diukur sebelum membuat pola baju.


Baca Juga

Museum Expo 2018 Pamerkan 130 Kain Nusantara
 
Kain kanvas Polyester (PE)
 
Peringatan Hari Batik Nasional ke -8, “Ragam dan Pesona Batik”