Mengenal Digital Printing Sublim

Mengenal Digital Printing Sublim

Bahankain.com - Diantara kalian sudah pernah mendengar istilah teknik printing sublim? Namun mungkin dari kalian hanya sedikit yang mengerti dan memahami apa itu teknik digital printing sublim. Padahal teknik printing sublim ini sudah banyak digunakan pada jasa pembuatan kaos, pembuatan jilbab, custom sarung bantal dll. Belakangan ini, digital printing sublim banyak diminati dalam dunia bisnis, karena pada dasarnya teknik yang satu ini sangat praktis, mudah dan yang tertentu harganya terjangkau oleh semua kalangan.

Teknik printing sublim merupakan proses mencetak desain ke kain dimana sebelum melakukan proses pencetakan pada media, maka harus mengaplikasikan di atas kertas yang biasa disebut transfer paper atau kertas khusus yang digunakan untuk sublimasi dengan menggunakan tinta sublim.

Proses Digital Printing Sublim

Teknik digital printing sublim adalah teknik pencetakan desain pada kain yang mana memerlukan printer tinta sublim, kertas sublime, dan mesin press. Ketiga alat itu merupakan alat yang dibutuhkan dalam melakukan jenis teknik printing yang satu ini. Setelah mengetahui alat yang dibutuhkan, berikut langkah-langkah dalam melakukan digital printing sublim pada kain:

  1. Desain

Membuat desain merupakan langkah paling awal dalam proses digital printing sublim. Membuat desain sebaik mungkin dan sesuai keinginan merupakan hal yang paling penting.

  1. Printing on printable paper

Desain yang sudah jadi selanjutnya di print pada kertas sublim dengan printer yang menggunakan tinta sublim. Pastikan kertas terpasang dengan posisi yang pas agar hasilnya tidak miring.

  1. Heat press

Siapkan kain yang akan di printing dan letakkan kain di atas mesin press. Pastikan posisi kain pas dan sesuai dengan desain yang akan di press. Kertas desain yang diprint harus menghadap ke permukaan kain yang akan dicetak. Dan pastikan lagi kertas desain harus pas dan tepat pada area yang akan beri desain. Kain yang digunakan pada teknik digital printing sublim ini hanya kain polyester saja. Pada proses ini gunakan suhu sekitar 120-200 derajat sesuai dengan warna kain yang akan dicetak.

  1. Final products

Kain polyester yang di cetak menggunakan digital printing sublim menghasilkan berbagai produk. Mulai produk fashion seperti baju, kaos, jilbab sampai dengan berbagai produk dekorasi rumah.

Kelebihan & Kekurangan Teknik Digital Printing Sublim

Teknik printing yang satu ini memiliki beberapa kelebihan yang merupakan nilai tambah pada penjualan produk, namun dibalik kelebihan tersebut terdapat nilai minus tersendiri. Berikut beberapa kelebihan dari digital printing sublim:

  1. lebih sedikit dampak pada lingkungan karena limbah pewarna lebih sedikit dan kain dicetak sesuai dengan permintaan, jadi tidak ada minimum pembuatan
  2. dapat mencetak kain dalam jumlah banyak atau sedikit
  3. proses pengerjaanya lebih cepat karena sudah menggunakan teknologi yang modern.
  4. dapat menggunakan warna yang banyak dan tanpa batas
  5. dapat mencetak dengan desain yang sangat detail

Selain kelebihan terdapat juga beberapa kekurangan, antara lain yaitu:

  1. biaya lebih mahal meskipun dapat mencetak dengan quantity yang banyak
  2. pencetakan digital printing sublim hanya dapat di terapkan pada kain polyester
  3. pemborosan pada kertas sublim

Demikian sekilas penjelasan tentang digital printing sublim beserta alur proses produksi sampai dengan kelebihan dan kekurangan digital printing. Untuk mendukung industri tekstil khususnya digital printing fabric, bahankan.com memiliki beragam produk kain 100% polyester yang dikhususkan untuk digital print sublum baik untuk produk fashion, jilbab sampai home decor seperti sarung bantal.


Baca Juga

JIBB 2018 Sebagai Eksistensi Jogja Kota Batik Dunia
 
Batik Geblek Renteng Khas Kulon Progo
 
Jogja Fashion Week 2018 Mengangkat Kain Nusantara