Stylexpo

Mengenal Bahan Tencel

Bahankain.com - Tencel merupakan salah satu bahan kain kelas premium yang biasa digunnakan untuk bahan pakaian dan juga biasa ditemukan pada produk sprei. Lalu apa itu Tencel dan terbuat dari material apa? BahanKain akan mengulas secara lengkap tentang apa itu bahan Tencel.

Nama Tencel sebenarnya merupakan sebuah merek dagang dari serat lyocell yang diproduksi oleh perusaahan Lenzing AG. Kepopuleran branding Tencel membuat istilah Tencel lebih umum digunakan dari pada lyocell baik untuk produk masih serat atau fiber maupun yang sudah menjadi kain.

Apa itu Tencel?

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas Tencel ini dibuat dari material lyocell. Kain lyocell termasuk jenis kain yang berkelanjutan, diregenerasi dari selulosa kayu. Secara material, Tencel memiliki kemiripan dengan rayon maupun bamboo yang juga merupakan kain regenerasi. Tetapi Tencel memiliki kelebihan dibanding rayon maupun bamboo yang membuat produk dari Tencel memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan kualitas yang bagus, bahkan kain Tencel disebut juga sebagai sutra organik.

Tencel memiliki beberapa keunggulan berbeda dibandingkan serat tradisional dalam hal pemrosesan kimia, yang seringkali bisa menimbulkan racun. Contohnya Misalnya, manufaktur rayon menghasilkan emisi udara dan air yang sangat mencemari, menggunakan agen katalitik yang mengandung kobalt atau mangan, dan menciptakan bau yang kuat dan tidak menyenangkan.

Sedangkan pada pembuatan Tencel proses produksi serat lyocell menggunakan bahan kimia yang tidak beracun. Selain itu, selulosa atau pulp bubuk yang digunakan untuk Tencel diperlakukan dalam apa yang dikenal sebagai proses loop tertutup di mana pelarut ini didaur ulang dengan tingkat pemulihan 99,5%. Sehingga dalam pebuatan Tencel jumlah emisi kecil.

Kelebihan Bahan Tencel

  1. Tencel memiliki karakter lembut, Tencel yang terbuat dari bahan organic memiliki handfeel atau sentuhan yang lembut dikulit, kelebihan ini yang membuat Tencel banyak diaplikasikan untuk produk pakaian dan juga untuk bahan sprei.
  2. Serat Tencel sangat kuat baik dalam keadan basah maupun kerning.
  3. Tencel nyaman digunakna karena memiliki sifat mengatur suhu secara alami
  4. Memiliki daya serat warnya yang baik sehingga jika diproses warna maupun motif tidak akan mudah luntur
  5. Tencel dapat dipadukan dengan serat alami maupun sintetis lainnya seperti, visoce, polyester, kapas, rami dan wol.
  6. Tencel memiliki sifat anti bakteri hal ini karena memiliki sifat menyerap kelembaban secara efisien Akibatnya, TENCEL serat Lyocell memberikan lingkungan yang kurang menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri, menawarkan kualitas higienis yang lebih baik untuk kain.

Di Indonesia sudah banyak sekali produk yang menggunakan bahan ini seperti untuk kebutuhan sprei dan fashion. Brand-brand fashion ternama di Indonesia juga sudah banyak yang mengeluarkan produk dengan Tencel seperti LEVIS, dan H&M. Bahkan produk kain bemberg yang kami jual merupakan kombinasi antara serat cupro dan Tencel. Bagaimana sudah jelas kan tentang apa itu Tencel. Semoga bermanfaat