Stylexpo

Mengenal Bahan Dasar Jeans

Siapa yang tidak kenal dengan jeans? Pikiran kita pasti lansgung mengarah ke kata denim. Namun sebenarnya, jeans dan denim sesuatu yang berbeda. Banyak orang menganggap jeans itu adalah denim atau sebaliknya. Padahal Denim merupakan salah satu jenis bahan kain yang digunakan untuk membuat jeans. Sedangkan jeans merupakan pakaian yang tela diproses sedemikian rupa dari bahan denim. Saling berhubungan memang, tapi mempunyaipengertian yang berbeda.

Berikut kita akan mencari tau apa sih jeans itu lebih dalam lagi dan bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan jeans.

Sejarah Jeans

Sebelum kita membahas jeans, kita akan mengulik terlebih dahulu mengenai denim. Denim muncul di Kota Nimes, Perancis dengan nama “Serge de Nimes”. Bahan ini terbuat dari material kain yang kuat seperti dari kain katun twill, kain dasar sutra yang dicampur wool.

Pada awal abad ke-17, Inggris telah memiliki pabrik denim, dan setelah itu kain denim mulai terkenal di Eropa dan daratan Amerika, sampai akhirnya kain ini menjadi bahan dasar pembuatan celana cowboy.

Jeans sendiri merupakan merk dari celana yang berbahan dasar denim. Jeans berasal dari kata Genoese, yakni istilah yang merajuk pada pelaut dari Genoa, Italia. Seorang penjahit bernama Jacob Davis bereksperimen membuat berbagai model pakaian dari bahan denim. Dan pada suatu ketika, seorang pelanggan mengeluh akan celana buatanya yang tidak tahan lama. Inilah yang membuta Jacob Davis membuat karya celana yang mamu bertahan lama, dan hal ini disambut dengan sangat positif. 

Pada akhirnya Jacob Davis bekerja sama dengan Levi Strauss seorang pedagang sukses dari California  untuk membuat hak cipta atas celana berbahan denim dan berhasil dipatenkan dengan nama “Levi’s 501 jeans”.

Jenis Bahan Dasar Jeans 

  1. Dry Denim / Raw Denim

Bahan pertama adalah Dry jeans atau bisa disebut Raw Denim. Disebut dry karena bahan ini tidak melalui proses pencucian. Penggunaan bahan ini ketika diaplikasikan untuak jeans cenderung lebih keras dan kaku, karena langsung dijahit. Texture bahan ini akan memudar atau semakin luntur ketika sering dipakai dan dicuci.

  1. Wash Denim

Bahan jeans selanjutanya merupakan kebalikan dari bahan dry denim. Bahan Wash Denim mempunyai warna lebih cerah dan tekstur yang lentur dibanding dry  denim.

  1. Pre-washed Denim

Jenis bahan ini sebenarnya hampir mirip dengan wash denim. Bedanya hanya pada warna yang cenderung lebih cerah pada bagian tertentu dan menonjolkan garis lipatan pada denimnya.

  1. Stretch Denim

Stretch Denim merupakan bahan denim yang telah dicampur dengan bahan elastis seperti pandex. Ciri dari bahan ini adalah memiliki tekstur yang elastis dan lentur. Jenis denim ini bisa dikatakan jenis baru dan paling popular untuk digunakan dalam pembuatan jeans wanita.

  1. Poly Denim

Poly denim merupakan jenis bahan jeans yang mempunyai material deni dicampur dengan bahan polyester. Bahan ini membuat denim menjadi lebih ringan dan cocok didigunakan saat acara formal maupun santai. Kain ini juga mepunyai ketebalan yang tipis, jadi akan cepat kering ketika dijemur.

  1. Black Coated Denim atau Waxed Denim

Untuk jenis ini merupakan bahan denim yang dilapisi oleh cat akrilik berwarna hitam. Cat akrilik ini berfungsi untuk mengawetkan warna denim dan membuat kain tahan lama. Ciri yang terlihat dari Black Coated Denim atau Waxed Denim adalah warna kain yang mengkilap seolah mengenakan celana kulit.

  1. Selvedge Denim

Untuk yang satu ini leih condong pada hasil tenun yang terdapat pada samping kain. Fungsi nya untuk menghindai kain yang sudah ditenun terlepas.

  1. Ramie Denim

Ramie denim merupakan bahan hasul campuran dari denim dengan serat tanaman ramie. Campuran ini akan menghasilkan sebuah kain yang halus dan mengurangi tekstur kerutan pada kainnya. Denim ini mempunyai karakter tidak mudah kotor dan mampu menyerap air dengan baik, sehingga menjadi semakin kuat ketika dalam keadaan basah. Selain itu, kain ini akan terjaga dengan baik bentuknya meskipun berkali-kali digunakan.

Bagaimana Sahabat bahankain? Udah pada tau kan jenis jeans apa yang sering kita gunakan selama ini?

Membutuhkan kain denim untuk berkreasi dengan fashionmu?

Bahankaincom menyediakan berbagai kain denim dengan jaminan kualitas dan harga pabrikan. Untuk info lebih lanjut hubungi langsung customers service kami di 0853 3853 0099.

Bahankain.com…Textile Whoesale from Indonesia