Stylexpo

Cara Memilih Batik Berkualitas

Bahankain.com - Siapa yang tidak suka dengan kain batik? Kain yang merupaka salah satu warisan bangsa ini mempunyai tempat yang sangat dekat dihati masyarakat Indonesia maupun Internasional. Kain batik mempunyai kualitas yang beragam, seperti batik tulis, batik cap ataupun sablon. Kualitas kain batik memengaruhi kenyamanan pemakainya. Semakin bagus kualitas kain batiknya maka semakin mahal juga harga yang ditawarkan. Namun yang paling mempengaruhi tinggi atau rendahnya harga kain batik yaitu tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya dan lama kain batik dibuat.

Bagi yang sangat memperhatikan kenyamanan dan kualitas barang yang digunakan sehari-hari, memilih kain batik yang baik dan berkualitas bagus sudah pasti menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan. Berikut tips memilih kain batik yang berkualitas dan  nyaman.

  1. Perhatikan jenis kain batik

Sebelum membeli sebuah kain batik tentukan jenis batik yang akan dibeli, apakah batik cetak atau batik tulis. Setelah menentukan jenis batiknya lalu pilih kain batik, anda harus memperhatikan bahan kain batik yang sesuai dengan kemauan dan kulit anda. Untuk kualitas, batik tulis memang lebih bagus daripada batik cetak atau cap. Dari segi harga batik tulis juga lebih mahal dibandingkan batik cap atau cetak. Karena kerumitan motifnya menjadikan proses pengerjaan batik tulis membutuhkan keterampilan dan ketelitian tingkat tinggi sehingga pembuatannya lebih lama dari batik cap atau cetak. Pencantingan sendiri merupakan cara pertama membatik sehingga dianggap lebih tradisional dan memiliki nilai historis tersendiri dalam penjualan.

  1. Lihat jenis bahan

Selain memperhatikan jenis batik berdasarkan proses pembuatannya, dalam membeli kain batik juga harus memperhatikan bahan kain batik atau kain mori itu sendiri. Jika Anda bermaksud membeli kain batik  untuk dipakai sehari hari, pilihlah kain yang berbahan katun. Katun lebih menyerap keringat dan lebih memberikan kenyamanan lebih pada pemakainya karena anti-gerah. Jika ingin membeli batik untuk acara spesial seperti kondangan, bahan sutra bisa menjadi rekomendasi yang sempurna. Namun segala jenis kain yang digunakan dalam pembuatan kain batik kembali pada selera masing-masing pihak. Tingkat kenyamanan biasanya menjadi acuan utama seseorang dalam membeli sebuah kain untuk diaplikasikan dalam bentuk pakaian.

 

  1. Raba cetakan warnanya

Rabalah warna cat atau pewarna lain yang digunakan untuk mewarnai kain batik. Untuk batik cap, pastikan warna yang disana tidak menempel ditangan anda. Bila warna yang ada menempel ditangan anda, kemungkinan cat yang digunakan belum kering atau menggunakan bahan yang kualitasnya kurang bagus. Hal tersebut bisa menyebabkan luntur, sehingga warna motif batik akan cepat luntur atau pudar. Dan perhatikan juga  bahwa pewarna yang digunakan aman untuk kulit kita dan tidak menyebabkan alergi.

 

  1. Membalik bahan

Cobalah cek dengan membalik bahan kain batik yang akan dibeli, untuk mengantisipasi penipuan. Kain batik cap biasanya hanya ada satu sisi yang warna motifnya cerah dan jelas, dan untuk batik tulis sendiri pasti warnanya akan tebal boalk balik. Kain batik dengan kualitas bagus biasanya memiliki cetakan luar dalam yang sama. Jadi, ketika membeli kain bati pastikan motif luar dan dalam kain batik tersebut sama. Ini menunjukan kain tersebut melewati proses pembuatan yang rumit dan akan lebih awet daripada kain yang bagian luar dengan bagian dalamnya beda.

  1. Tempel pada kulit

Pada saat memilih kain batik cobalah menemppel pada kulit agar kita bisa merasakan apakah bahan kain tersebut merupakan bahan yang cocok dengan kulit kita. Jika pada saat kain coba dipakai dan kulit merasa dingin saat dipakai, artinya bahan tersebut merupakan bahan dengan kualitas bagus dan tidak akan mudah kusam eskipun dicuci berkali-kali. Jangan takut membeli ketika anda menemukan motif bagus dengan bahan kain yang tampak kaku, karena kain tersebut akan melunak sendiri ketika dicuci.

 

Nah…sudah tidak bingung lagi kan dalam memilih kain batik yang berkualitas. Dan untuk kain yang ingin Anda beli semua kembali pada selera, fungsi, dan tentunya budget.


WhatsApp Kami