Stylexpo

Jenis Bahan Kain Digital Printing Di Bahankain.com

Digital Printing merupakan sebuah gebrakan yang ditempuh para pelaku industri tekstil untuk tetap bertahan di era globalisasi. Pemberian motif pada kain tidak melulu berpegang secara manual dengan alat cetak atau sablon, namun perlu sebuah inovasi untuk menciptakan sebuah motif dengan warna beragam dan tingkat kesulitan yang terlihat indah dengan menggunakan alat komputer. Biaya produksi yang mencakup kualitas maupun kuantitas juga masuk dalam perhitungan digital printing.

Proses dalam digital printing tekstil akan menghasilkan sebuah motif kain yang berbeda, dan hal ini selain dipengaruhi oleh mesin yang digunakan juga akan kain yang dijadikan sarana. 

Berikut merupakan beberapa kain yang dimiliki bahankaincom yang cocok digunakan dalam teknik digital printing:

  1. Kain Chiffon Polyester

Chiffon merupakan bahan kain yang mempunyai kepopuleran dalam hal dunia digital printing. Kain yang mempunyai material 100% polyester ini mempunyai karakter tipis dan hampir tembus pandang. Jenis kain ini banyak diapplikasikan dalam pembuatan scraft, hijab, phasmina atau bahkan atasan.

  1. Kanvas Polyester

Kanvas adalah jenis kain yang menjadi pilihan banyak pelaku tekstil dalam dunia art. Kain kanvas polyester terbuat dari material 100% polyester dengan ketebalan beragam. Mulai dari kanvas tipis, sedang dan tebal. Kain kanvas ini mempunyai karakter yang berbeda-beda. Namun untuk dunia digital printing teknik sublimasi, bahan polyester lah yang paling cocok untuk di pilih.

  1. Kain Velvet Polyester

Kain velvet yang kami maksud disini adalah kain velvet yang bermaterial 100% polyester. Kain velvet merupakan jenis kain tenun tafting dimana kain ini memiliki permukaan kain yang berbuluhalus dan juga rata. Karakter lain dari kain ini adalah bahwa kain ini berkilau dan lembut. Kain velvet ini banyak diaplikasikan dalam pembuatan  fashion.

  1. Kain Praha Polyester

Kain Praha ini merupakan bahan digital printing yang biasanya digunakan dalam pembuatan bendera dan umbul-umbul. Kain ini terbuat dari bahan 100% polyester. Ciri khusus dari kain adalah tidak tebal, ringan dan kaku.

  1. Kain Satin Bendera

Kain satin bendera merupakan kain yang ditenun dengan tekhnik serat filamen. Kain satn jenis ini digunakan untuk pembuatan bendera, sesuai dengan nama yang digunakan. Karakteristik dari kain ini selain terbuat dari bahan 100% polyester, jua halus, mengkilap, licin dan kuat.

  1. Kain Startex

Kain startex juga masuk dalam jenis kain digital printing dengan bahan utama 100% polyester. Bahan kain ini biasaya digunakan untuk bahan kaos.

  1. Kain Sigma Polyester

Kain Sigma terbuat dari 100% polyester. Kain ini mepunyai karakter kaku bahkan lebih kaku dari satin bendera. Kain ini biasa digunakan untuk pembuatan bendera ataupun umbul-umbul.

  1. Kain Mocha Polyester

Jenis kain ini memiliki kesamaan dengan kain kain vanilla, namun kain ini cenderung lebih tipis. Kain yang terbuat dari bahan 100% polyester ini cocok digunakan dalam pembuatan jilbab digital printing.

  1. Kain Vanilla

Kain Vanilla ini memiliki karakter yang unik. Kain vanilla memiliki handfeel lembut dengan permukaan sedikit berbulu. Dalam segi ketebalan, kain ini cenderung tipis dan tembus pandang. Kain yang terbuat dari 100% polyester ini cocok untuk pembuatan jilbab digital printing.

  1. Kain Satin BSY

Kain BSY atau dengan nama lain Bi Shrinkage Yarn (dibaca be es wai) terbuat dari bahan 100% polyester. Finishing dari kain ini menggunakan 2 jenis polyester filamen yang berbeda sehingga menjadikan kain ini halus, lembut, dan tidak panas, bahkan ada yang mengatakan kain ini mirip seperti katun. Kain ini sering digunakan dalam pembuatan sarung bantal, mukena, seragam batik, lapisan selimut dan bahkan sprei.

  1. Kain Sophie

Kain shopie merupakan kain yang terbuat dari bahan 100% polyester. Kain ini mempunyai karakter mengkilap disis luar (salah satu sisi), permukaan licin dan tidak terawang karena anyamannya padat. Kain ini bisa digunakan untuk pembuatan jilbab digital printing.

Beberapa kain diatas merupakan kain koleksi dari bahankaincom yang cocok digunakan untuk proses digital printing. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kain-kain tersebut, bila langsung menghubungi CS kami di no WhatsApp 0853 3853 0099.