Cara Merawat Pakaian Berbahan Rayon

Cara Merawat Pakaian Berbahan Rayon

Bahankain.com - Banyak kain yang beredar dipasaran sehingga kita menjadi kesulitan dalam membedakan jenis kain tersebut. Bahkan kain yang bermacam ragam tersebut mempunyai cara atau penanganan tersendiri dalam merawatnya. Salah satu jenis kain yang akan kita bahas dalam hal perawatannya  adalah kain rayon.

Apa Itu Kain Rayon

Sebagian orang pasti sudah paham betul seperti apa karakter dari kain rayon. Namun ada beberapa yang masih bingung dengan jenis kain ini.

Pada artikel sebelumnya “Pengertian Rayon dan proses pembuatan”, pernah kita bahas mengenai apa kain Rayon. Sekedar mengingatkan saja, Rayon merupakan sebuah kain yang tidak terbuat daru serat buatan melaikan berasal dari selulosa alami, biasa dianggap sebagai selulosa diregenerasi.

Kain Rayon dianggap sebagai kain yang dianggap sedikit sulit dalam hal perawatannya.  Dilihat secara sekilas, kain rayon yang digunakan sebagai bahan pakaian ataupun kain rumah tangga akan tampak dan terasa seperti katun. Namun rayon tidak sekuat katun, pada saat basah rayon akan mudah rapuh dan cenderung mengerut. Selain itu kain rayon akan mudah luntur dan kusut setelah dicuci. Dan inilah yang membuat kain rayon membutuhkan penanganan khusus dalam perawatannya.

Nah berikut ini 6 tips merawat kain rayon yang cukup mudah untuk Anda praktekan.

Cara Merawatan Bahan Rayon

  1. Perhatikan Label Pakaian

Banyak orang yang mengabaikan label pakaian sebelum membelinya. Padahal aktivitas ini menjadi hal yang penting dan sering diabaikan. Hal ini menjadi sangat penting dalam jika Anda ingin membeli pakaian berbahan rayon. Karena banyak diantara pakaian berbahan rayon yang hanya bisa dicuci dengan air atau dicuci kering. Jadi pastikan bahwa pakaian berbahan rayon yang akan dibeli mampu dicuci dengan menggunakan air, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan dalam perawatannya. Untuk detail tentang label pakain bisa dibaca di artikel Mengenal Arti Simbol Perawatan Pakaian.

  1. Ikuti Petunjuk Pencucian

Rayon bukan jenis kain yang dianggap stabil, sehingga mudah mengecil dan merenggang. Dalam perawatannya memang disarankan dalam mencuci menggunakan air hangat dengan tangan atau dry clean untuk hasil terbaik. Jangan memeras atau memutar kain karena akan membuatnya berubah bentuk.

Dalam hal pengeringanpun, rayon lebih baik dikeringkan dengan cara meletakannya ditempat sejuk yang datar beralas kain handuk bersih. Gunakan bantuan gantungan baju empuk untuk menjaga bentuk dan menjauhkan dari kusut.

Ketika Anda memutuskan untuk mencuci kain rayon dengan menggunkan mesin cuci, sebaiknya pastikan kembali label pakaian apakah menyaranakan atau melarang mencuci dengan mesin cuci. Jika memnag menyarankan, baiknya menggunakan air dengan suhu sedang hingga rendah. Namun perlu dipahami, akan banyak kemungkinan bahwa kain akan mengerut dan rusak dalam mesin cuci.

  1. Hindari Penggunaan Pemutih Pakaian

Serat rayon dapat dilemahkan oleh penggunaan pemutih klorin. Jadi jangan tuangkan langsung pemutih ke atas pakaian yang terkena noda. Encerkan terlebih dahulu sesuai dengan petunjuk pemakaian lalu gunakan untuk membersihkan bagian yang terkena noda. Tetap batasi dalam penggunaan pemutih pakaian, karena hal ini dapat menyebabkan aus dan mudah robek.

  1. Perawatan Dengan Dry Cleaning

Salah satu cara termudah merawat kain rayon adalah dengan membawa ke penatu professional dengan proses mencuci kering. Namun hal ini akan membutuhkan dana tambahan ekstra.

  1. Menghaluskan Kerutannya

Dalam hal perawatan penyetrikaan, gunakan suhu rendah. Setrika pakaian dari luar kedalam karena sisi yang terkena setrika akan mengkilap. Hindari dalam menarik kain ketika proses setrika berlangsung. Dan jangan mneggunakan uap air selama menyetrika pakaian berbahan rayon.

Tips jika Anda ingin pakaian Anda tampak mengkilap setelah disetrika yaitu gunakan lapisan pelindung seperti handuk kecil pada permukaan yang ingin disetrika. Pastikan lapisan tersebut merupakan lapisan pelindung yang bersih dan tahan panas. Dan tetap pastikan suhu tersbut rendah.

Jika ingin menggunakan semprotan penghalus pakaian, tetap perhatikan pada label semprotan, apakan bahan tersebut aman digunakan untuk kain rayon.

  1. Perhatikan Dalam Penyimpanannya.

Simpanlah pakaian berbahan rayon Anda dengan menggantungkan pada hanger kuat yang dapat  mencengkeram dengan erat. Karena bahan rayon tidak akan mudah kusut ketika disimpan dengan cara digantung.

Jika ingin menyimpan dengan cara dilipat, cobalah melipat pakaian berbahan rayon mengikuti alur jahitannya. Jangan letakan banyak pakaian lain disisi atasnyam sehingga tidak menimbulkan lekukan pada pakaian akibat tekanan.

Nah bagaiamana tips tentang merawat pakaian berbahan rayon diatas. Mudah bukan. Rayon memang bahan yang cantik, jadi wajar jika dibutuhkan perawatan sedikit ekstra.


Baca Juga

Kain Poleng, kain kotak-kotak hitam putih khas Bali
 
Mengenal Kain Lining (Interlining, Underlining dan Interfacing)
 
Jenis Kain Seragam