Tips Membersihkan Baju Second

Tips Membersihkan Baju Second

Suka membeli baju second? Tidak ada salahnya membeli baju second, bahkan jika kita pintar memilih, kita akan mendapatkan baju second dengan kualitas yang baik dan tentunya harga yang miring. Banyak store offline maupun online saat ini menawarkan produk fashion second atau bekas dengan brand yang beragam dan harga yang menggiurkan.

Lalu setelah membeli baju second, apakah pencuciannya dicampur dengan baju yang lainnya? Atau disendirikan tapi ala kadarnya?

Opssss……baju second yang kita beli tentu kita tidak tahu menahu riwayat yang menggunakan sebelumnya. Atau jika memang sudah dilakukan perawatan yang baik, pada saat berada di gudang store kita juga tidak tahu bagaimana penanganannya. Untuk menghindari hal-hal yang akan berdampak pada kesehatan kulit kita, baiknya lakukan beberapa hal dibawah ini setelah Anda membeli baju second.

  • Rebus Baju Second di Air Mendidih

Disebuah baju pasti terdapat kuman, baik itu baju maupun baju second. Untuk baju baru biasanya cukup dicuci saja menggunakan air biasa setelah membelinya. Hal ini berbeda dengan menangani baju second. Perlu tindakan ekstra, yaitu rebus baju second didlam air yang mendidih.

Panaskan air didalam panic secukupnya sehingga bisa merendam baju secondmu, jika sudah mendidih masukan baju tersebut. Diamkan sebentar hingga semua kotoran dan cairan kimia keluar. Biasanya hal ini ditandai dengan berubahnya warna air menjadi keruh.

Ulangi beberapa kali hingga warna air benar-benar tidak terlalu keruh, baru lanjutakan proses pencucian seperti biasanya.

  • Gunakan Cairan Antiseptik

Sabun antiseptic dianggap cairan yang paling cocok digunakan untuk melakukan proses pencucian yang dibeli di pasar second atau loak. Sabun antiseptic ini dianggap maksimal dalam membunuh kuman, virus, hingga bakteri karena kandungan antiseptic yang dimiliknya.

Ada baiknya saat persbusan, tambahan beberaoa tetes sabun antiseptic, jika dirasa boros bisa dilakukan pada saat proses pencuciannya.

  • Rendam Semalam Menggunakan Deterjen

Jika kamu tidak menemukan cairan antiseptic, kamu bisa menggunakan deterjen yang kamu percaya ambuh menghilangkan kuman atau noda dan rendam selama semalaman. Setelah noda, kotoran, dan kuman terangkat lanjutkan ke proses pencucian.

  • Cuci Menggunakan Tangan

Kenapa menggunakan tangan? Yap….. karena ketika mencuci baju menggunakan tangan kita akan benar-benar memastikan noda dan kotoran tidak menempel pada baju. Jadi mencuci baju secondmu yang baru kamu beli ini mneggunakan mesin cuci.

Selain itu, ketika kamu mencuci baju second menggunakna mesin cuci dan menggabungkan dengan pakaian jenis lain, hal ini memberikan kesempatan kuman untuk menyebar kebaju yang lainnya.

Gunaan pewangi dan pelembut pakaian untuk menghilangkan bau-bau apek atau sedap yang menempel di baju.

  •  Pastikan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Hal ini menjadi penting dalam proses penjemuran. Baju sudah bersih dari kuman dan bakteri tetapi kita malah menjemurnay di tempat yang lembab. Pastikan bajumu dijemur dibawah sinar matahari  karena sinar matahari akan membantu proses sterilisasi alami untuk baju second kamu.

Dan tentu saja,  kuman dan bakteri akan hilang. Pastikan benar-benar kering ya.

  • Setrika Menggunakan Suhu Tinggi

Paparan sinar matahaari ternyata belu menjamin kuman dan bakteri akan hilang. Yang bisa kita lakukan adalah, menyetrika baju second yang telah kering dengan suhu yang tinggi. Namun juga harus dipastikan bahwa baju tersebut mampu menahan suhu yang tinggi. Jika memang jenis bajunya ridak bisa menahan panas terlalu tinggi, bisa disetrika menggunaan suhu sedang. Intinya harus melalui proses setrika.

  • Siap di Gunakan

Baju second siap digunakan. Semoga bermanfaat.


Baca Juga

Mengenal Kain Mori Berkolissima
 
Minimalisir Penyebaran Covid-19 Melalui Social Distancing
 
Jenis-Jenis Pengujian Kain