Mengenal Kain Satin Velvet

Mengenal Kain Satin Velvet

Kain Satin Velvet - Butuh bahan kain yang memiliki tampilan seperti kain sutera namun dengan harga yang jauh lebih murah? Kain satin velvet bisa menjadi alternatif karena jenis kain ini memilki permukaan yang halus, licin dan berkilau pada salah satu permukaan kainnya. Sedangkan dari segi harga kain ini jauh lebih murah dibandingkan kain dari material serat sutera.

Nah kali ini bahankain.com akan mengulas secara lengkap tentang apa itu kain satin velvet, karakteristiknya dan apa saja kelebihannya.

Apa itu Bahan Kain Satin Velvet?

Pernakah Anda temui gamis atau jilbab yang permukaannya mengkilat sehingga terlihat elegan dan mewah? Bahan kain yang digunakan untuk pembuatan gamis/jilbab tersebut kebanyakan menggunakan jenis kain satin velvet.

Bahan Satin Velvet merupakan jenis kain yang biasa digunakan untuk bahan pakaian wanita seperti gamis, jilbab dan rok yang terbuat dari material 100% Polyester. Kain ini dianyam dengan Teknik sateen sehingga pada salah satu permukaan kain terlihat mengkilap membuat kain ini terkesan mewah dan elegant.

Meskipun terbuat dari material polyester, satin velvet memiliki tekstur atau hendfeel yang lembut, halus dan jatuh. Sehingga jika digunakan untuk bahan pakaian akan mengikuti gerak pemakainya.

Penggunaan kain ini untuk busana muslim sangat cocok karena kain ini memiliki ketebalan yang pas sehiingga tidak menerawang atau tembus pandang namun tetap ringan.

jual kain satin velvet polos

Ciri Bahan Kain Satin Velvet

  • Satin velvet mengkilap pada salah satu sisi kainnya, sedangkan sisi sebaliknya lebih doff tidak mengkilap
  • Permukaan kain satin velvet halus dan lembut
  • Memiliki look atau tampilan yang mewah dan elegan
  • Bahan satin velvet "jatuh" ketika digunakan
  • Tidak menerawang atau tembus pandang
  • Nyaman digunakan dan tidak panas ketika dipakai
  • Bahan satin velvet tidak mudah kusut
  • Tersedia pilihan warna yang lengkap dipasaran

Kekurangan Kain Satin Velvet

Setelah berbagai kelebihan dari kain ini sudah kita bahas diatas, kini kita akan mengulas kekurangan dari kain satin velvet.

  • Membutuhkan ketelitian dan keahlian yang lebih dalam menjahit kain satin velvet karena kain ini memiliki permukaan yang licin.
  • Daya serap tidak sebaik kain katun (serat alami).
  • Perawatan tidak semudah dari bahan gamis lainnya, karena kain ini tidak bisa disetrika dengan suhu yang terlalu panas dan dalam pencucian baiknya menggunakan air dingin atau dry clean.

Bagaimana tertarik menciptakan produk dari kain ini? Kini Kain satin velvet polos sudah tersedia di bahankain.com dengan pilihan warna yang lengkap dan sangat cocok digunakan untuk bahan busana muslim, jilbab, drees, rok dan berbagai produk fashion wanita lainnya.


Baca Juga

Mengenal Kain Tenun Khas Provinsi Aceh
 
Tips Memilih  Bahan Gorden
 
Makna Dibalik Motif Batik Bali