Tips Mencuci Tas Kanvas

Tips Mencuci Tas Kanvas

Siapa yang tidak mengenal tas kanvas? Totebag yang satu ini memang mempunyai trend yang tak pernah lekang hingga saat ini. Desainnya yang variatif dan fleksibel alias bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Harganya yang beraneka ragam juga bukan menjadi halangan, karena tas kanvas dinilai lebih awet dibanding bahan lainnya.

Sebagian dari tas kanvas ada yang terbuat dari material katun, dan hal inilah yang menyebabkan tas ini mudah berjamur. Jika tidak dirawat dengan benar, tampilannya malah akan terlihat kusam, using, dan cepat berbau.

Agar tas kanvas kita awet ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencuci tas kanvas, baik itu mencuci secara manual maupun menggunakan mesin cuci.

 

Cara Mencuci Tas Kanvas Secara Manual

  1. Periksa Bagian Permukaan Tas

Pastikan tas yang akan kita cuci kosong terlebih dahulu. Setelah dipastikan kosong, sikat noda yang terlihat dipermukaan tas terlebih dahulu. Membersihkan noda yang menempel bisa dengan menggunakan deterjen cair sedikit demi sedikit dan sikat secara perlahan hingga noda memudar dan kembali bersih.

  1. Rendam Tas Kanvas

Setelah noda memudar, langkah selanjutnya rendam tas kedalam air yang telah diberi deterjen. Biarkan tas kanvas terendam secara sempurna selama 5010 menit agar semua kotoran dan noda yang menempel benar-benar terangkat.

  1. Bilas Tas Kanvas

Jika waktu merendam dirasa sudah cukup, bilas tas kanvas dengan air dingin. Pastikan tas benar-benar nersih dan tidak ada busa yang tertisa. Sebab busa yang masih menempel dan mengering akan menyebabkan tas kanvas menjadi kasar hingga rusak.

  1. Jemur Tas Kanvas Jangan Terlalu Lama

Jemur tas kanvas yang telah bersih dari busa deterjen dengan posisi terbalik, yaitu bagian dalam tas langsung terpapar sinar matahari hingga permukaan luar tas tidak pudar. Satu hal yang penting, jangan terlalu lama menjemur  tas kanvas terlalu lama dibawah sinar matahari, segera angkat tas setelah kering.

Cara Mencuci Tas Kanvas dengan Mesin Cuci

  1. Cuci Secara Terpisah

Prosesnya seperti mencuci tas kanvas secara manual. Masukan tas kanvas kedalam mesin cuci dan pisahkan dengan pakaian lainnya. Hal ini untuk menghindari tas kanvas terluntur dari bahan lainnya.

  1. Rendam dengan Mode Soak

Langkah selanjutnya untuk menangani noda yang membandel yang menempel ditas kanvas bisa memanfaatkan salah satu mode di mesin cucin. Pilih fungsi mode soak pada mesin cuci untuk membantu melunturkan noda. Menu soak berfungsi untuk merendam pakaian dengan noda membandel, dan biasanya dilakukan awal siklus cuci

  1. Mulai Cuci Tas Kanvas

Setelah proses soaking selesai, lanjutkan mencuci tas kanvas dengan mode normal layaknya mencuci pakaian biasa. Jika busa masih tersisa dan menempel di tas kanvas, lanjutkan proses bilas hingga tas kanvas benar-benar bersih.

  1. Jemur Tas Kanvas

Jemur tas kanvas seperti langkah pada cuci tas kanvas secara manual. dan pastikan jangan terlalu lama menjemur tas kanvas dibawah sinar matahari.

Disarankan menggunakan deterjen cair dalam mencuci tas kanvas sehingga tidak terdapat bekas deterjen mengering yang tertinggal ditas. Dan usahakan menggunakan deterjen cair dengan busa yang tidak terlalu banyak. Rawat tas dari kain kanvas Anda dengan baik dan buat tas kanvas Anda tampak seperti baru.


Baca Juga

Mengenal Kain Tenun Indonesia
 
Macam Pengujian Ketahanan Warna Pada Kain