10 Bahan Jilbab Terbaik

10 Bahan Jilbab Terbaik

Rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri dapat muncul  dalam diri kita saat mengenakan jilbab yang kurang pas. Hal ini tidak hanya dikarenakan model jilbabnya, namun juga pada jenis kain yang digunakan sebagai materialnya. 

Beragam jilbab ditawarkan baik melalui belanja offline maupun online, tentunya dengan bahan yang sangat beragam. Kenyamanan serta tekstur dari bahan hijab menentukan penampilan kita sehingga kita perlu tahu beberapa karakterisitk dari bahan jilbab sebelum membelinya.

  1. Kain Sifon Fine

Sifon atau chiffon merupakan bahan yang paling sering dipilih dalam pembuatan jilbab. Kain sifon mempunyai karakter cenderung tipis dengan kilau samar dan penenunan yang sederhana dan mempunyai material yang beragam, mulai dari sutra, katun, nilon, polyester hingga rayon.

Kain Sifon Fine merupakan kain yang memiliki teksture  yang halus, licin dan menerawang. Bahannya yang terkesan “jatuh” membuat tampilan dari kain sifon fine menjadi elegan dan cocok digunakan baik dalam acara semi – formal dan juga formal.

  1. Kain Wollycrepe

Kain wollycrepe merupakan bahan yang memiliki tekstur kulit jeruk  yang halus. Kain ini  mempunyai karakter ketebalan yang pas, tidak kaku, lembut, dan juga ringan. Dengan bahan yang tidak mudah kusut dan jatuh membuat kain wollycrepe menjadi primadona dikelas bahan kain untuk gamis maupun jilbab.

Dengan material sintetis, tentu kain ini mempunyai kemampuan yang kurang dalam menyerap keringat. Namun, hal ini tetap tidak mengurangi minat kaum muslimin dalam memilih kain wollycrepe untuk memenuhi koleksi jilbabnya.

  1. Kain Katun

bahan jilbab dari kain katun merupakan bahan ternyaman karena terbuat dari serat alami sehingga mempunyai kemampuan menyerap keringat yang baik. Selain itu memberi efek adem dan nyaman saat dikenakan.

Katun sendiri mempunyai karakter yang halus, lembut, tidak tembus padang  dan tentu saja ramah dikantong. Karena terbuat dari serta alami, kain ini akan mudah kusut. Kain katun bahan jilbab yang tersedia di bahankain seperti kain katun arrow, supernova, katun ero, dll.

  1. Kain Sutra

Kain sutra akan memberikan efek elegan dan mewah pada pemakainya. Dengan tekstur yang halus dan mengkilap serta kain yang sangat lembut saat menyentuh kulit, kita akan merasakan bahwa kain sutra merupakan bahan kain yang sangat nyaman. Dengan harga yang tidak murah, kita akan mendapatakan kualitas yang sangat baik dan dijamin rasa puas dan percaya diri akan muncul.

  1. Kain Satin Velvet

Kain velvet merupakan jenis kain yang ditenun dengan teknik satin sehingga kain ini  dikenal  dengan nama kain satin velvet. Kain velvet ini merupakan jenis kain yang terbuat dari 100% polyester dengan permukaan kain yang lembut, licin, mengkilat dan tekstur jatuh. Dengan serat kain yang rapat dan tebal, membuat kain ini tidak menerawang. Selain itu kain ini adem dan tidak panas ketika digunakan, walaupun terbuat dari serat sintetis.

Jenis kain satin velvet sangat cocok digunakan untuk pembuatan jilbab dan juga gamis  terutama untuk menampilkan kesan feminin, anggun, mewah dan elegant.

  1. Kain Voal

Kain voal atau voile memiliki karakter semi transparan dan juga tipis. Material yang digunakan dalam pembuatan kain voal beragam, ada yang menggunakan 100% katun namun ada pula yang terbuat dari campuran serat polyester, rayon, linen, dan silk.

Kelebihan yang dimiliki kain voal antara lain adalah mempunyai serat lembut, mudah dibentuk, tidak mudah kusut, dan juga mampu menyerap keringat.

  1. Kain Hycon

Kain hycon mempunyai karakteristik  lebih lembut dan licin, namun tidak selicin kain sifon. Bahkan kain hycon lebih tebal dari pada kain sifon sehingga banyak yang tidak menambahkan puring ketika menggunakan kain ini untuk pembuatan busana.

Dengan harga yang ramah dikantung, kain ini banyak diburu oleh para pelaku industri konveksi.

  1. Kain Katun Paris

Kain paris merupakan salah satu kain tipis yang digunakan untuk pembuatan jilbab. Salah satu yang banyak diburu untuk pembuatan jilbab di bahankain adalah katun paris. Kain katun paris terbuat dari material 100% katun. Kain ini memiliki ketebalan kain yang tipis karena dalam pembuatannya menggunakan benang yang kecil yaitu benang katun 60s. Kecilnya jenis benang tersebut membuat kain ini sangat ringan dan tentu saja kain ini sangat tipis dan cocok untuk berbagai produk jilbab. Kain katun paris kini sudah banyak yang menjual baik polosan maupun kain motif.

  1. Kain Rayon Paris

Sesuai dengan namanya jenis kain paris ini dibuat dari benang rayon. Jika jenis katun paris menggunakan benang katun 60s, kain rayon paris berbeda. Kain rayon paris ditenun menggunakan benang rayon 40 High Twist memberikan efek “jatuh” dravery karena kain mempunyai masa jenis yang tinggi. Keunikan dari kain ini dibanding jenis katun adalah jika kain rayon paris digesek-gesekan aka nada suara efek kresek-kresek sedangkan jenis katun tidak ada suara sama sekali.

  1. Kain Ceruti Babydoll

Bahan ceruti babydoll merupakan salah jenis kain untuk bahan busana muslim seperti jilbab, gamis, khimar dan sebagainya. Meskipun terbuat dari material polyester, kain ini tetap menawarkan kenyamanan ketika digunakan. Bahan ceruti babydoll karakteristik lembut, lentur (sedikit stretch) dengan permukaan kain yang sedikit berpasir.

Untuk ketebalan kain ini masuk kategori tipis dan menerawang. Karena kain ini tipis dalam pembuatan khimar syar’i biasanya kain ini di 2 rangkap / 2 layer agar tidak menerawang. Sedangkan untuk digunakan bahan gamis agar tidak menerawang biasanya menggunakan lapisan furing didalamnya

Karakteristik kain ceruti babydoll diantaranya tidak mudah kusut, lentur atau Stretching, tidak mengkilap serta tipis atau transparan

 

Sudah bisa menentukan bukan ingin menggunakan kain jenis yang bagaimana untuk bahan jilbab? Untuk informasi lebih jelas bisa langsung chat di Button WhatsApp aja dengan Sales/Product kami.


Baca Juga

Mengenal Bahan Tencel
 
Pengertian Serat / Fiber
 
Yuk Berkreasi Dengan Bahan Kain Flanel / Felt