Apa itu standar Oeko-Tex 100 pada Produk Tekstil?

Apa itu standar Oeko-Tex 100 pada Produk Tekstil?

Bahankain.com - Dalam dunia tekstil terdapat beberapa macam standar pengujian, salah satunya adalah Oeko-Tex. Pengujian Oeko-Tex lebih ke arah lingkungan hidup atau ekologi dari produk tekstil, produk kulit sampai semua tahap produksi meliputi bahan baku, serat, benang, kain sampai obat tekstil di sepanjang rantai produksi tekstil dan kulit.

Banyak produk tekstil yang kini sudah memiliki lisensi Oeko-Tex, salah satunya adalah produk bahan masker kami yaitu Kain Anti Air (Water Repellent) dimana obat kimia yang digunakan sudah mengantongi setifikat STANDARD 100 by OEKO-TEX®️ - Class I.

Sertifikat Oeko-Tex menjadi sebuah bukti bahwa produk yang dihasilkan telah teruji keamanan sebuah produk bagi Kesehatan dan lingkungan pemakai.

Produk yang sudah mendapatkan sertifikasi standar Oeko-Tex sudah mendapatkan jaminan mutu kalau produk tersebut AMAN digunakan dan AMAN terhadap lingkungan.

Seberapa berpengaruhnya sertifikasi itu terhadap kualitas suatu produk?

Sebelum ada standar pengujian keamanan tekstil, hampir semua orang menganggap kalau bahan yang digunakan untuk pembuatan tekstil mengandung “racun” dan berbahaya bagi kesehatan. Sehingga dibuatlah standar pengujian Oeko-Tex.

Kesadaran akan jaminan produk yang berkualitas semakin tinggi di tengah masyarakat, sehingga ini dijadikan salah satu pertimbangan bagi para produsen untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Pengujian ini dilakukan agar dapat memastikan konsumen yang menggunakan produk tekstil aman dari zat kimia yang berbahaya. Pengujian ini tidak semata-mata mengirimkan barang untuk diuji di lab, tetapi juga ada audit proses produksi dan perlakuan terhadap produk tekstil.

Apa saja yang di uji?

beberapa hal yang sangat diperhatikan dalam pengujian keamanan suatu produk, yaitu :

  1. produksi
  2. manusia / pengguna
  3. kinerja produk
  4. pembuangan

Sementara itu, Oeko-Tex juga melakukan pengujian suatu produk terhadap beberapa kriteria sebagai berikut :

  1. Zat-zat yang dilarang digunakan
  2. Bahan kimia
  3. Zat-zat yang diketahui berbahaya bagi kesehatan
  4. Indikator lainnya seperti ketidak lunturan dan nilai pH untuk menjamin tidak ada iritasi pada kulit pemakai.

bisa disimpulkan bahwa standar pengujian Oeko-tex 100 sangat ketat untuk menjamin kualitas suatu produk.


Baca Juga

Cara Membuat Desain Motif Batik
 
Teknik Pewarnaan Kain Dengan Material Alami Di Sekitar Kita
 
Mengenal Karakteristik Serat Linen