Karakteristik Kain Rayon

Karakteristik Kain Rayon

Bahan kain rayon, yaitu bahan kain yang berasal dari polimer organik. Proses pembuatannya pembuatannya mirip dengan kain katun, namun kain ini merupakan hasil dari selulosa yang diregenerasi. Hal ini yang mengakibatkan bahwa kain rayon disebut sebagai kain emisintetis. karena sifat bahan rayon juga bukan merupakan serat alami. Nama lain dari bahan rayon adalah sutra buatan dan dalam industri tekstil sering disebut viskosa.

Pembuatan kain rayon dimulai dengan selulosa, sering diekstrak dari pulp kayu, meskipun material tanaman denga rantai molekul yang panjang sangat cocok.  Selulosa direndam dalam soda kaustik, yang berkonsentrasi pada beberapa selulosa menjadi selulosa soda, yang kemudian digulung atau ditekan   untuk menghilangkan larutan soda berlebih. Setelah menekan, selulosa tersebut diparut menjadi zat yang disebtu crumb putih. Untuk proses lebih lengkapnya bisa dibaca pada artikel kami sebelumnya di Pengertian Rayon dan proses pembuatan.

Karakteristik Kain Rayon

Untuk mengatahui lebih mengenai kain rayon dan supaya tidak salah membeli, ada baiknya kita mengetahui karakteristik atau ciri dari kain rayon itu sendiri.

  1. Serat rayon mengandung unsur kimi karbon, hydrogen dan oksigen.
  2. Kain rayon memiliki kilau tinggi.
  3. Tekstur dan permukannya halus dan lembut
  4. Masuk dalam kategori kain yang licin, sehingga mirip dengan kain sutra.
  5. Memiliki daya serap yag tinggi, hampir mirip degan katun.
  6. Kain yang terkenal dengan bahannya yang mudah terbakar disbanding dengan bahan yang lain.
  7. Retensi bahan rayon cenderung sangat rendah, sehingga tidak mudah kembali ke bentuk semula.
  8. Kain rayon merupakan kain yang mudah menerima proses pewarnaan.

Kelebihan Kain Rayon

  1. Daya serap tinggi

Daya serap yang dimiliki kain rayon terbilang baik, karena hal itulah kain rayon banyak dicintai orang. Karena sifatnya yang adem dan mampu menyerap keringat yang baik, membuat kain ini menjadi pilihan bagi banyak orang yang mengingkan kenyamanan dalam berbusana.

  1. Tekstur kain yang lembut

Tekstur kain yang diciptakan dari kain rayon adalah lembut ketika menyentuh kulit. Hal ini membuat kain rayon tidak berpotensi menimbulan luka pada kulit pemakainya. Dan hal ini pulahlah yang membuat orang menjatuhkan pilihannya dalam pembutan produk fashion, mukena atau lainnya memilih kain rayon.

  1. Banyak Warna dan Motif

Kain rayon mampu dihadirkan dalam berbagai macam baik warna maupun motif, hal ini dikarenaka kain rayon sangat mudah untuk diwarnai maupun diberi motif yang bergam dan cantic.

  1. Banyak Varian

Banyaknya varian jenis material yang ditawarkan dalam pembuatan kain rayon memberikan ruang gerak yang luas bagi penggunanya, macam dari kain rayon seperti rayon polyester, rayon spandek dan rayon jersey.

  1. Harga yang Bersahabat

Dipasaran, produk ini ditawarkan dalam harga yang terbilang terjangkau atau bersahabat.

Kekurangan Kain Rayon

Ada kelebihan tentu pastiada kekurangan. Berikut merupakan beberapa kekurangan dari kain rayon.

  1. Bahan mudah kusut dan luntur

Kain rayon membutuhkan perawatan yang lebih pada saat proses penyetrikaan untuk mengembalikan tekstur kain yang kusut setelah dicuci. Hal ini dikarenakan kain rayon merupakan kain yang mudah kusut.

Selain dirasa kain yang mudah kusut, kain ini dianggap mudah luntur saat dicuci. Sehingga perlu perhatian khusus pada saat proses pencucian.

  1. Bahan Kain Rayon Tidak Begitu Kuat

Bahan kain rayon merupakan salah satu kain yang tidak begitu kuat atau rentan sobek, jadi sebaiknya hindari pencucian dengan mesin cuci untuk menjaga keawetan pakaian kain rayon.

  1. Bahan Kain Rayon Licin

Bahan licin mempunyai kelebihan bahwa kain ini lembut dan jatuh ketika digunakan, tapi dibalik kelebihan terdapat satu kelemahan yaitu bahwa kain rayon sedikit sudah untuk dibentuk.

  1. Bahan Kain Rayon Tipis

Ada sebagian orang yang menyukai kain yang tipis, karen apstikain ini akan adem ketika digunakan. Namun ada beberpa model fashion yang tidak bisa dibuat dengan menggunakan kain tipis, karena akan berpotensi pada menerawang dan tembus.

  1. Bahan Kain Rayon Mudah Terbakar

Kelemahan lain dari kain ini adalah kain yang mudah terbakar. Sehingga perlu berhati-hati ketika banyak beraktivtitas diarea yang denkat dengan api.

  1. Bahan Kain Rayon Tidak mudah Dibuat

Dibandingkan dengan bahan kain lainnya, bahan kain rayon merupakan bahan kain yang cenderung sulit dibuat. Bahkan dalam proses pembuatannya diperlukan kehati-hatian yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan terdapat bahan natrium hiroksida  yang memiliki sifat korosif jika terkena kulit manusia, bahkan mengakibatkan luka terbakar.

Sudah lebih mengenal tentang kain rayon kan. Harga bersahabat, kain adem, warna bervarian dan mudah didapat dihampir toko kain, apakah masih bisa dipungkiri lagi untuk kenyamanan yang diberikan oleh kain ini?

Nantikan artikel Bahankain selanjutnya mengenai jenis kain rayon yang sangat beragam

 


Baca Juga

Koleksi Kain Sutra BahanKain.com
 
Mengenal Jenis Benang
 
Seputar Kancing dalam Dunia Konveksi