Tips Perbedaan Kain Sutra Asli Dengan Sintetis

Tips Perbedaan Kain Sutra Asli Dengan Sintetis

Kain sutra / sutera merupakan kain yang memiliki karakteristik  yang unik dan mewah. Kain yang mendapatkan julukan “The Queen of Fabric” ini, mempunyai kualitas yang hampir mendekati sempurna dibanding jenis kain lainnya. Kain ini mempunyai harga yang bisa dikatakan tidak murah, bahkan perlu merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan si Ratu kain ini. Karena hal itulah, banyak produk sutera sintetis yang beredar dipasaran.

Dalam artikel kali ini, Bahankain akan membahas tentang sutera asli dan sutera kw. Seperti apa karakter dari kain tersebut yang akan membantu Anda para pecinta kain untuk lebih paham tentang kain sutera.

  1. Kain sutera asli yang dibuat dengan menggunakan mesin ATBM biasanya memiliki tekstur yang sedikit agak kasar, tebal dan mudah kusut namun ketika dipegang tetaplah kain yang lembut. Sedangkan untuk kain sutera asli yang dibuat dengan menggunakan mesin ATM mempunyai tekstur yang lebih halus, lembut dan rapat daripada yang menggunakan mesin ATBM. Untuk alur benang dan seratnya juga terlihat jelas pada sutera asli. Sedangkan untuk jenis sutera sintetis, biasanya akan tampak lebih mangkilap dan lebih mulus. Bahkan ketika diraba, kain sutera sintetis akan terasa lebih tebal dan kasar.
  2. Kain sutera asli yang terbuat dari serat sutera asli memiliki sambungan benang. Hal ini dikarenakan panjang benang sutera yang dihasilkan kepompong tidak selalu sama dan terbatas, sehingga membutuhkan proses penyambungan lebih sering. Sedangkan untuk jenis kain sutera sintetis, hampir tidak terdapat sambungan benang, karena benang yang akan digunakan untuk pembuatan kaain sutera sintetis telah dibuat sedemikan rupa.
  3. Dalam hal harga, sutera asli sudah pasti dibanderol dengan harga yang mahal, bahkan semakin banyak motif dan warna semakin membuat harga kain ini bertambah mahal. Kain sutera mempunyai harga yang dianggap sebanding dengan prosesnya yang begitu rumit dan keitimewaannya yang segudang. Jadi dijamin tidak ada rasa kecewa ketika mengeluarkan uang lebih untuk membeli kain sutera asli. Sedangkan untuk kain sutera sintetis tentu dijual dengan harga yang lebuh murah bahan jauh dibawah jenis sutera asli.
  4. Anggapan mengenai semakin tipis tesktur kain sutera, maka kain sutera tersebut bisa dipastikan mempunyai kualitas yang semakin bagus. Sedangkan kain sutera sintetis mempunyai ketebalan kain diatas ketebalan kain sutera yang berada kategori sutera asli dengan ketebalan paling tebal.
  5. Kain sutera asli akan terasa lebih kesat dan terasa sejuk ketika diraba, sedangkan sutera sintetis yang merupakan campuran dari bahan lain akan lebih licin dan terasa lebih panas ketika disentuh.
  6. Dalam hal penyerapan kadar air, kain sutera dapat dijamin untuk kemampuannya yang sangat baik. Bahkan kain sutera akan terasa tetap dingin meskipun digunakan pada daerah yang bersuhu panas. Berbeda dengan kain sutera sintetis, yang kurang dalam hal penyerapan kadar airnya.

Tips terakhir untuk membedakan antara kain sutra asli dengan kain sutra imitasi adalah dengan cara membakar kain tersebut. Untuk kain sutra asli akan menimbulkan aroma seperti rambut terbakar sedangkan untuk sutra sintetis alias sutra KW tidak menimbulkan aroma rambut terbakar.

Jika takut salah beli atau tertipu keaslian kain sutra bisa menghubungi bahankain.com, kami menyediakan berbagai macam kain sutra asli. Selain kain sutra kami juga menjual benang sutra asli untuk kebutuhan tenun ATBM.


Baca Juga

Mengenal Kaos Polo Shirt /Kaos Wangki
 
Pilihan Jenis Kain Untuk Seragam Sekolah
 
Serba-Serbi Teknik Pewarnaan Kain Tekstil