Stylexpo

Mengenal Jenis Jas formal Pria dan Fungsinya

BahanKain.com – Bagi pria dalam menghadiri acara resmi atau formal biasanya ada dua pilihan pakaian, yang pertama hadir menggunakan setelan batik dan pilihan kedua adalah dengan menggunakan setelan jas. Taukah kalian bahwa jas pria memiliki banyak model yang berfungsi berbeda-beda. Perbedaan fungsi jas ini tidak hanya terletak pada bentuknya saja, tetapi juga pada pemakaian jenis celana dan dasinya. Nah supaya tidak salah kostum ketika memilih jenis jas untuk acara resmi yang akan di hadiri, berikut ini 6 jenis jas formal pria yang wajib anda ketahui. 

 6 Jenis Jas Formal Pria

Tailored Jacket

Jaket formal atau jas pria ini biasanya digunakan untuk acara resmi dengan pasangan celana dengan warna yang seragam.  Jas jenis ini memang selalu dipadu padankan dengan celana yang sama dengan bahan dan warna dari jasnya. Jas jenis ini biasnya digunakan untuk acara formal seperti pernikahan, acara kenegaraan dan jenis acara yang berhubungan dengan meeting resmi Bersama klien atau rekan kerja. 

Blazer

Jenis jacket atau jas pria ini metching dipadupadankan dengan celana jenis apapun. Bahkan bisa juga dipadukan dengan celana panjang berbahan jeans. Jas ini dirasa kebanyakan para kaum pria menjadi pilihan yang sangat tepat untuk bisa masuk ke banyak acara. Untuk acara resmi, semi resmi maupun non resmi jas ini mampu menambah kepercayaan diri para kaum pria. 

Tuxedo

Jas pria yang biasa dipadu padankan dengan dasi dan digunakan untuk jamuan makan malam dan merupakan pakaian paling resmi dibanding dengan jenis-jenis jas lainnya. Dikalangan pria barat (eropa) jenis jas ini biasa digunakan untuk acara malam hari (setelah jam 6 sore). Pada umumnya kerah tuxedo berbentuk shawl (melengkung), berbeda dengan kerah yang biasa digunakan pada jas. Bahkan ketika menggunakan tuxedo, merupakan keharusan untuk dasi jenis kupu-kupu atau jenis vest sebagai pasangannya. 

Mess Jacket / Eton Jacket

Mess jaket merupakan jenis jas sepinggang. Jas ini memiliki selendang atau kerah puncak. Digunakan dalam pakaian militer selama tahun 1930-an. Jenis jas ini biasanya digunakan pada musim panas atau gugur untuk menghadiri acara jenis makan malam. Jas jenis mempunyai model dalam bentuk single breasted. 

Single Breasted Jacket

Jenis jas ini yang biasa kita jumpai. Model single breasted bisa diaplikasikan dalam jenis jas, mantel, rompi dan jenis pakaian yang mempunai kancing 1 sampai 3. Jas jenis ini mempunyai kerah model takik atau kerah memuncak, walaupun sejak tahun 1930-an jenis kerah seperti ini telah bervariasi dalam mode yang berbeda. Bahkan di tahun 2000-an, jenis kerah  puncak sempit menkadi popular pada jas jenis ini. 

Double Breasted Jacket

Jenis jas ini mempunyai ciri flap depan lebar dan tumpang tindih yang memiliki dua kancing simetris dibagian depannya atau sebaliknya. Pada sebagian besar mantel double-breasted modern satu kolom kancing bersifat dekoratif, sedangkan  kancing yang lainnya berfungsi sebagai mana mestinya.  Sebagian besar ada yang menempatakan kancing de bagian kerah kiri dan kanan untuk mengencangkan kerah supaya tetap rapi. Double Breasted Jacket awalnya memiiki 6 kencang, hal ini terinspirasi dari seragam para angkatan laut. Jenis jaket ini popular di tahun 1950-an dan ditahun 1980-an hingga awal tahun 2000-an. Dan saat ini,  sedikit sulit untuk menemukan jas jenis ini berjejer di toko-toko pakaian pria. 

Nah sudah ada gambaran kan mengenai jenis jas apa yang akan Sahabat BahanKain gunakan. Jas memang sebuah pakaian pria yang mempunyai arti tersendiri bagi pemakainya. Jadi gunakan pakaian ini sesuai dengan tema, waktu dan satu lagi apapun jenis pakaian kita, kita harus percaya diri dalam membawakanya. 


WhatsApp Kami