Membatik Di Atas Kain Dobby

Membatik Di Atas Kain Dobby

Bahankain.com - Kain dobby, siapa yang tak kenal dengan kain yang mempunyai tekstur atau motif yang berasal dari proses tenunnya ini? Hampir semua orang mengenal bahkan menyukai jenis kain ini. Kain dobby pun terkenal dikalangan pembatik untuk menjadi bahan kain atau kain mori sebagai wadah menuangkan ide kreatifnya.

Kain ini dikenal dikalangan para pembatik bukan karena alasan, namun kain yang mempunyai tekstur berbeda dengan kain katun ini mampu memberikan efek mahal dan eksklusif sehingga hampir kebanyakan batik kain dobby berada disegmen menengah ke atas.

Kain dobby mempunyai permukaan yang tidak rata karena terdapat motif timbul diatasnya dan hal ini kerap mengundang persepsi bahwa hasil ini didapat dari proses penyulaman atau bordir, padahal hal ini didapat saat proses penenunan. Yaitu dengan mengatur benang warp (memanjang) dan weft (menumpuk). Bentuk yang dihasilkan beragam, namun garis besarnya berbentuk simetris dan berukuran kecil. Dilihat dari proses pembuatannya, tidak heran jika harga kain ini menjadi lebih mahal dibanding kain polosan biasa.

Untuk materialnya, kain dobby bisa berasal dari katun, polyester, rayon, nilon, dan lainnya. Namun kain dobby yang digunakan untuk membatik menggunakan material dari katun. Sedangkan untuk motifnya, sangat beragam seperti dobby baron, dobby cristal, dobby salur, herringbone, kotak dan berbagai motif lainnya.

Untuk katun dobby yang digunakan sebagai bahan batik, bahankaincom menyediakan 3 jenis kain dobby berdasarkan materialnya.

  1. Kain Dobby Katun 100%
  2. Kain Dobby Katun – Rayon
  3. Kain Dobby Katun – Viscose

Bagaimana tertarik menggunakan kain dobby ini untuk membatik? Bahankain.com memiliki beragam motif dan jenis kain dobby yang cocok digunakan untuk bahan batik, ecoprint maupun shibori. Cek katalog di “Jual kain dobby “.


Baca Juga

Jenis Bahan Sprei untuk Hotel
 
Jenis Bahan Kain Digital Printing Di Bahankain.com
 
12 Pilihan Bahan Kain Untuk Gamis (Update)